fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Tips Mengembangkan Pola Pikir Trading yang Kuat?

Tips Mengembangkan Pola Pikir Trading yang Kuat?

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Lawan terbesar seorang trader ketika trading adalah psikologi trader itu sendiri. Sebagai trader, kita harus memiliki pola pikir trading yang kuat agar dapat memanajemen psikologi dengan baik. Bagaimana tips mengembangkan pola pikir trading yang kuat? Yuk simak artikel berikut!

Mengembangkan Pola Pikir Trading yang Kuat

Semua trader pasti pernah mengalami masa-masa stres, baik pemula maupun profesional. Namun, kamu harus paham bahwa sebenarnya kita semua membutuhkan stres untuk memotivasi kita. Stres dalam trading tidak bisa dihilangkan, itu naluri alami setiap manusia yang “takut kehilangan”.

Namun, seberat apapun stres yang dialami, semuanya dapat diatasi. Ketika kita mengalami kekalahan besar, reaksi pertama yang kita miliki adalah kombinasi antara ketidakpercayaan dan kemarahan. Ini adalah respon emosional. Respon emosional ini mendorong perilaku kita dan menyebabkan kita bereaksi.

Akibatnya, kita mungkin ingin langsung terjun kembali ke pasar untuk “memulihkan kembali kerugian kita’. Dalam keadaan ini, kita sangat rentan untuk membuat keputusan yang buruk. Mungkin, kita bisa kehilangan keuntungan yang diperoleh dengan susah payah selama berbulan-bulan hanya dalam sekejap akibat respons ini.

Jadi, langkah pertama untuk mengatasi hal ini adalah mengenali saat kamu berada dalam kondisi ini. Sebenarnya, Hampir semua trader akan mengenali keadaan ini dan dapat berbagi cerita tentang bagaimana hal ini memengaruhi mereka. Namun, sedikit dari mereka yang bisa melawannya dengan kuat, meskipun sudah tahu bahwa perilaku ini buruk.

Kamu perlu memiliki pola pikir penerimaan. Ikhlaskan dan terimalah kerugian tersebut. Itu adalah hasil dari strategi yang telah kamu gunakan. Masih ada beribu peluang lain yang menanti di depanmu.  Berikut adalah 5 tips untuk membantumu mengembangkan pola pikir trading yang tepat.

Tips 1

Catat pikiran dan perasaanmu di akhir setiap hari. Apa yang kamu pikirkan dan bagaimana perasaanmu? Apakah kamu mengalami kerugian besar atau trading yang menang? Tuliskan bagaimana perasaanmu. Tindakan ini sendiri terkesan sepele, namun ini merupakan latihan mental yang membantu untuk mengatasi beberapa emosi ini. Selain itu, ini juga bisa menjadi sebagai “pengingat” dan batu loncatan untuk menjadi lebih baik.

Tips 2

Yakinlah bahwa kerugian trading yang dialami bersifat sementara. Selanjutnya, sadarilah bahwa kamu dapat mengubahnya. Bahkan jika kamu belum pernah untung sebagai trader, kamu tetap bisa mengubahnya. Trading bisa diajarkan, seperti keterampilan apa pun. Semuanya butuh proses. Ibarat naik sepeda, awalnya jatuh, tapi kemudian kamu dapat dengan lincah mengayuhnya.

Tips 3

Ketika kamu berada dalam kondisi pikiran yang negatif, yang akan cenderung kamu alami saat mengalami kekalahan beruntun, cobalah untuk melihat beberapa hal yang positif bagimu. Apa kekuatanmu? Hal-hal apa yang dapat kamu kendalikan? Kamu tidak sepecundang seperti yang kamu kira. Perubahan sangat mungkin bisa terjadi untuk mereka yang berusaha

Tips 4

Istirahatlah. Jika kamu tidak beristirahat, kamu akan kelelahan. Jika kamu kelelahan, akibatnya emosi kamu menjadi tidak stabil. Istirahat adalah pemulihan untuk sistem saraf, jadi sesi olahraga bukanlah jawabannya di sini. Mungkin kamu dapat tidur atau sekadar bersantai di tepi kolam renang dan taman.

Biarkan dirimu istirahat. Jika kamu terus memaksakan diri, performamu akan menurun dan energimu akan menurun. Istirahat akan membantu kinerjamu. Pastikan kamu mengambil jam istirahat ketika trading.

Tips 5

Temukan teman yang sefrekuensi. Kamu butuh teman untuk berdiskusi tentang trading, sehingga trading yang kamu lakukan dapat dijalankan dengan menyenangkan. Jadi, dapatkan teman sefrekuensi jika kamu tidak memilikinya.

Dengan memiliki teman sefrekuensi, kamu dapat saling berbagi catatan trading untuk saling melengkapi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu juga bisa mendapatkan kenalan dari forum trading online.

Salah satu caranya adalah bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan mentor profesional kami untuk berkonsultasi dan saling bertukar pikiran. Untuk itu, yuk gabung di forum traderhub dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

nine + 9 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.