fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Yuk Belajar Trading Seperti Nelayan Profesional!

Yuk Belajar Trading Seperti Nelayan Profesional!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Seorang nelayan profesional memiliki banyak kesamaan dengan seorang trader profesional. Mereka berdua harus mempelajari keahlian mereka sampai pada titik penguasaan. Dengan demikian, mereka dapat mengembangkan kemampuan untuk ‘merasakan’ laut atau pasar. Yuk belajar trading seperti nelayan profesional! Untuk lebih jelasnya, baca artikel berikut!

Belajar Trading dari Nelayan

Seorang nelayan yang terampil dan sangat sabar dalam memancing adalah metafora yang baik untuk menjadi seorang trader profesional. Hal pertama yang perlu Anda pelajari dari nelayan profesional adalah Anda perlu membaca pasar seperti seorang nelayan membaca kondisi air.

Seorang nelayan profesional akan mempertimbangkan banyak variabel sebelum mereka melemparkan pancing ke dalam air. Hal tersebut dikarenakan jika mereka tidak mempertimbangkan variabel-variabel penting, itu sama saja seperti mereka menembak dalam kegelapan.

Terlalu banyak hari yang panas selama musim panas, dapat mempengaruhi penangkapan ikan di danau dangkal, kolam, dan sungai. Itu karena suhu air yang lebih tinggi, dapat mengurangi oksigen di dalam air dan menyebabkan ikan menjadi lamban.

Nelayan profesional mempertimbangkan berbagai faktor, beberapa di antaranya seperti; memprediksi pasang surut, berapa besar sinar matahari yang diterima di suatu area air, tren musim panas dan musim dingin, kedalaman air, pola badai dan cuaca, angin, dan masih banyak lagi.

Ada banyak variabel yang dipertimbangkan nelayan profesional, jauh lebih banyak daripada yang dipikirkan kebanyakan orang. Sebagai seorang trader, kamu perlu memahami bagaimana membaca pasar seperti seorang nelayan membaca air.

Kamu harus memahami pasang surut pasar sebelum kamu pergi ‘melemparkan umpanmu’ atau uangmu ke pasar. Penting bagimu untuk mempelajari pasar dan membacanya seperti membaca buku; Anda harus tahu apa yang terjadi pada halaman sebelumnya untuk memahami halaman saat ini. Jadi, kenali pasar dan pelajari dengan sungguh-sungguh keunikannya.

Nelayan Profesional Adalah Penembak Jitu

Nelayan pro tidak bergerak terus-menerus, karena mereka akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar, waktu, umpan, dan tenaga. Mereka adalah profesional berpengalaman yang secara strategis merencanakan tempat memancing, membaca laut dan cuaca seperti yang dibahas di atas, untuk memberi mereka keunggulan.

Sama seperti seorang nelayan yang membutuhkan keunggulan atau strategi untuk menangkap ikan, kamu juga membutuhkan keunggulan di pasar. Keunggulanmu adalah apa yang membuat peluang keberhasilan trading menguntungkanmu. Oleh karena itu, inilah alasan mengapa kamu harus  mempersiapkan dan mengasah kemampuan sebelum menjadi seorang profesional.

Sama seperti seorang nelayan yang merencanakan kapan dan di mana mencari ikan untuk mendapatkan tangkapan terbaik, kamu juga perlu merencanakan bagaimana akan trading; apa keunggulan tradingmu, bagaimana kamu akan mengelola risiko, dan lain-lain. Kamu harus melakukan ini sebelum memasuki pasar jika kamu ingin memberi dirimu peluang terbaik untuk sukses.

Kesabaran Adalah Kunci dalam Memancing dan Trading

Jika kamu pernah pergi memancing, kamu tahu itu membutuhkan banyak kesabaran. Begitu pun dengan trading, jika kamu tidak sabar dan masuk posisi tanpa alasan yang jelas, itu sama saja akan menghancurkan akun tradingmu.  

Seorang nelayan yang sukses akan tetap berada di tempat pemancingan yang telah direncanakan sebelumnya selama dia anggap perlu. Dia akan bertahan dan menunggu dengan sabar. Demikian pula dengan trading, kamu mungkin harus menunggu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk menyiapkan posisi trading dengan probabilitas tinggi.

Nelayan bisa saja mengalami hari dengan tangkapan yang sedikit atau bahkan tanpa tangkapan sama sekali.  Begitu pun dengan trader, kamu harus menerima bahwa akan ada banyak hari yang lambat dalam trading, di mana tidak ada posisi yang baik untuk diambil.

Nah, itulah sekilas pembelajaran yang dapat diambil dari nelayan profesional agar dapat menjadi trader yang lebih baik. Pada dasarnya, untuk menjadi trader profesional membutuhkan proses. Jadi nikmatilah proses tersebut!

Bagi kamu yang ingin belajar trading lebih lanjut, kamu dapat berkonsultasi dengan mentor profesional traderhub. Di forum traderhub, terdapat kelas trading dan konsultasi gratis dari mentor profesional yang dapat kamu ikuti. Selain itu, terdapat juga rekomendasi sinyal trading harian di setiap harinya. Yuk gabung dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

12 + thirteen =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.