fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Yuk Belajar Dasar-dasar Analisa Teknikal

Yuk Belajar Dasar-dasar Analisa Teknikal

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dalam dunia trading, analisa teknikal menjadi salah satu pendekatan analisis yang dapat menentukan kesuksesan trading. Namun, untuk trader pemula, memahami analisa teknikal dapat menjadi suatu hal yang sulit. Padahal, analisa ini tidak sesulit kelihatannya jika kita ingin belajar memahaminya. Oleh karena itu, yuk ketahui dasar-dasar analisa teknikal di bawah ini!

Apa Itu Analisa Teknikal?

Analisa teknikal adalah teknik analisis berdasarkan pergerakan harga di pasar, di mana trader menggunakan indikator dan pola grafik historis untuk memprediksi tren di masa depan. Hal yang melatarbelakangi analisa teknikal adalah fakta bahwa sejarah dalam grafik selalu berulang.

Analisis teknis melibatkan interpretasi pola dari grafik. Trader menggunakan data historis, terutama berdasarkan harga dan volume, yang kemudian digunakan untuk mengidentifikasi peluang perdagangan berdasarkan pola umum di pasar.

Sementara pendukung analisa fundamental percaya bahwa faktor ekonomi merupakan kontributor utama untuk pergerakan yang pasar, trader analisa teknikal percaya bahwa tren masa lalu dapat membantu dalam memprediksi pergerakan harga di masa depan. Meskipun begitu, penggabungan kedua analisa ini merupakan langkah yang bijak agar potensi keakuratan analisis semakin besar.

Menggunakan Grafik dalam Analisis Teknis

Grafik adalah kunci untuk analisa teknikal. Trader dapat secara jelas melihat representasi perilaku pelaku pasar di masa lalu dalam grafik. Grafik membantu dalam menentukan tren keseluruhan. Jenis grafik analisa teknikal yang paling umum adalah line chart, bar chart, dan candlestick chart.

Selain itu, indikator juga digunakan oleh trader teknikal saat mencari peluang di pasar. Meskipun ada banyak indikator, trader sering menggunakan indikator berbasis volume dan harga. Hal ini membantu dalam menentukan di mana level support dan resistance , seberapa sering mereka dipertahankan atau ditembus, serta memastikan panjang tren.

Seorang trader dapat melihat harga atau indikator lainnya menggunakan beberapa analisis kerangka waktu, mulai dari satu menit hingga satu bulan yang memberikan trader perspektif yang berbeda dari perilaku pelaku pasar dalam grafik.

Indikator yang paling populer untuk analisa teknikal meliputi:

  1. Moving Averages
  2. Relative strength index (RSI)
  3. Moving average convergence divergence (MACD)

Rata-rata bergerak dan MACD sering digunakan untuk mengidentifikasi tren di pasar sementara RSI biasanya digunakan untuk menentukan kemungkinan titik masuk dan keluar. Indikator membantu trader dalam menganalisis pasar, memvalidasi pengaturan perdagangan, dan menentukan titik masuk & keluar.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai dasar-dasar analisa teknikal. Bagi kamu yang ingin belajar analisa teknikal lebih dalam lagi, yuk gabung dengan forum traderhub! Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya untuk saling bertukar pikiran.

Selain itu, kamu juga dapat melihat artikel-artikel edukasi dan sinyal trading harian dari para analis profesional yang tersebar di berbagai negara. Untuk itu, tunggu apalagi? Yuk gabung bersama kami sekarang dengan klik di sini

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

fourteen − five =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.