fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Trader Harus Tahu, Yuk Kenalan dengan Bank Sentral Eropa!

Trader Harus Tahu, Yuk Kenalan dengan Bank Sentral Eropa!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Sudah merupakan suatu keharusan bagi setiap trader untuk memantau tiap “gerak-gerik” bank sentral. Hal tersebut dikarenakan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Bank Sentral memiliki pengaruh langsung terhadap pergerakan mata uang negara bersangkutan. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai Bank Sentral Eropa, yuk simak!

Apa itu Bank Sentral Eropa?

European Central Bank (ECB) adalah bank sentral untuk zona euro. Bank sentral Ini bertanggung jawab untuk mengelola kebijakan moneter dalam Zona Euro. Semua bank sentral dari setiap negara anggota UE (Uni Eropa) memiliki saham bank tersebut. ECB secara langsung mengawasi 124 bank penting yang memegang 82% aset perbankan kawasan Euro.

27 negara anggota Uni Eropa membentuk salah satu wilayah ekonomi terbesar secara global, dan 19 negara zona euro juga merupakan kekuatan ekonomi yang kuat.

Perjanjian Amsterdam mendirikan ECB pada tahun 1999, dan sekarang menjadi salah satu bank sentral paling berpengaruh di dunia. ECB adalah salah satu dari tujuh lembaga Uni Eropa yang diabadikan dalam Perjanjian tentang Uni Eropa.

Apa Fungsi Bank Sentral Eropa (ECB)?

Fungsi utama ECB, selain menjaga stabilitas harga, adalah merumuskan kebijakan moneter. ECB membuat keputusan atas tujuan keuangan dan ekonomi, suku bunga, dan pasokan cadangan Eurosystem.

Dewan Pengatur ECB mendefinisikan stabilitas harga (awalnya) sebagai inflasi di bawah (tetapi tetap mendekati) 2%, dan stabilitas harga membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

ECB memiliki monopoli untuk menerbitkan uang kertas di kawasan zona euro. Ini mengontrol jumlah uang di pasar dengan mengendalikan pasokan mata uang yang tersedia untuk bank sentral dan komersial negara-negara anggota UE.

ECB mengeluarkan pengumuman mingguan tentang jumlah pasokan moneter dan tingkat bunga minimum. Bank yang memenuhi syarat mengajukan tawaran untuk dana ECB melalui lelang, yang diajukan sebagai pinjaman untuk bisnis dan individu.

Eurosystem dan Single Supervisory Mechanism

ECB menganut protokol Eurosystem dan Single Supervisory Mechanism, berikut penjelasan singkat fungsinya.

Eurosystem: Eurosystem terdiri dari ECB dan bank sentral negara-negara anggota. Eurosystem menangani implementasi praktis kebijakan ECB, seperti memegang dan mengelola cadangan devisa, menerapkan kebijakan, beroperasi di pasar valuta asing sambil memastikan sistem pembayaran antar bank berjalan lancar.

Single Supervisory Mechanism (SSM) : ECB adalah badan Uni Eropa yang bertanggung jawab untuk pengawasan perbankan. Ini menjalankan Single Supervisory Mechanism (SSM) untuk memastikan keamanan sistem perbankan Eropa dan keamanan finansial. SSM memastikan kepatuhan perbankan dan praktik pengawasan yang konsisten di seluruh sistem perbankan negara anggota UE. SSM mulai berfungsi pada November 2014 sebagian karena krisis perbankan zona euro mulai tahun 2009. Semua negara kawasan zona euro berada di SSM, dan negara-negara non-euro UE dapat memilih untuk bergabung dengan Struktur ECB

Sejarah ECB

ECB dibentuk pada Juni 1998 melalui Perjanjian Amsterdam, yang mengubah Perjanjian tentang Uni Eropa.

ECB menggantikan European Monetary Institute (EMI), yang dibentuk pada tahap kedua dari Economic and Monetary Union (EMU), yang dibentuk untuk mengatasi adopsi euro sebagai mata uang tunggal Uni Eropa di zona euro.

ECB memperoleh kendali penuh pada 1 Januari 1999, setelah euro menjadi mata uang resmi kawasan Euro. Pada saat ini, bank sentral nasional dari sebelas negara anggota Uni Eropa mengalihkan tanggung jawab kebijakan moneter mereka ke ECB.

Win Duisenberg, mantan presiden EMI dan bank sentral Belanda, adalah presiden ECB pertama. Duisenberg setuju untuk mundur sebelum masa jabatannya selesai. Seorang warga negara Prancis, Trichet, kemudian mengambil alih pada saat itu.

Nah, itulah sekilas pembahasan tentang Bank Sentral Eropa. Ingin memanfaatkan keputusan-keputusan dari Bank Sentral Eropa? Yuk diskusi di forum traderhub bersama mentor profesional kami! Kamu bisa gabung dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

2 × 2 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.