fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Trader Harus Tahu, Yuk Kenalan dengan Bank of Japan!

Trader Harus Tahu, Yuk Kenalan dengan Bank of Japan!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas Bank Sentral Eropa, pada artikel kali ini akan dibahas segala hal mengenai Bank of Japan, yang mungkin dapat menambah pengetahuanmu tentang trading. Yuk simak pembahasannya!

Apa Itu Bank of Japan?

Bank of Japan selalu menerima banyak perhatian karena kebijakan moneternya yang tidak biasa. Pengumuman suku bunganya berpotensi menggerakkan pasar seperti Yen, Nikkei 225 dan saham besar Jepang.

Bank of Japan (BoJ) adalah bank sentral Jepang yang bertanggung jawab untuk menerbitkan dan menangani semua masalah keamanan mata uang dan perbendaharaan, menciptakan keamanan ekonomi melalui kebijakan moneter, dan menyediakan layanan penyelesaian.

Gubernur Bank of Japan adalah Haruhiko Kuroda, yang sebelumnya menjabat sebagai Presiden Asian Development Bank. Kuroda pertama kali dinominasikan pada tahun 2013, dan sekali lagi pada tahun 2018 – setiap periode berlangsung selama lima tahun.

Struktur Bank of Japan

Bank of Japan didirikan pada tahun 1882 – menerbitkan uang kertas pertama pada tahun 1885 – dan telah beroperasi sejak saat itu. Bank direorganisasi selama Perang Dunia II untuk mengatur dan memelihara ekonomi nasional di masa perang. Setelah WW2, ada beberapa penyesuaian yang dilakukan pada struktur BoJ.

Ada tiga komponen utama Bank of Japan:

The Policy Board– badan pembuat keputusan tertinggi di BoJ, bertugas mengatur mata uang dan kebijakan moneter, serta mengawasi operasi Bank. Ada sembilan orang di dewan, termasuk Gubernur, dua Wakil Gubernur dan enam anggota lainnya

Executive Directors– ini adalah bagian administrasi BoJ, bertugas membantu Gubernur dan Deputi, dan memastikan bisnis Bank berjalan lancar. Ini terdiri dari enam orang, serta Komite Manajemen dan Komite Kepatuhan

Head Office– terdapat 15 departemen yang membentuk Kantor Pusat Bank, antara lain Kantor Auditor Internal, Departemen Urusan Moneter, Departemen Sistem Keuangan dan Pemeriksaan Bank, serta Departemen Pasar Keuangan

Bank of Japan juga memiliki 32 cabang dan 14 kantor lokal di seluruh negeri, serta tujuh kantor di luar negeri.

Apa Itu Rapat Kebijakan Moneter (MPM) BoJ?

Bank of Japan’s Monetary Policy Meeting (MPM) adalah komite Dewan Kebijakan yang menetapkan suku bunga, dan kebijakan moneter lainnya untuk Jepang. Tujuannya adalah untuk secara kolektif memutuskan kebijakan yang akan mencapai stabilitas ekonomi di seluruh Jepang, dan berkontribusi pada target inflasi BoJ dengan mempengaruhi belanja konsumen.

MPM diadakan delapan kali dalam setahun dan berlangsung selama dua hari. Dewan akan mempertimbangkan analisis ekonomi dan kondisi keuangan yang mendalam ketika membuat keputusan.

Keputusan ini dikeluarkan segera untuk menegakkan kebijakan transparansi penuh BoJ. Gubernur BoJ juga akan mengadakan konferensi pers untuk menjelaskan setiap perubahan dan keputusan kebijakan moneter.

Berapa Suku Bunga Bank of Japan?

BoJ dikenal dengan suku bunga negatifnya, yang berarti bahwa harus membayar untuk meminjam uang dari bank sentral. Kebijakan ini pertama kali diberlakukan pada Januari 2016 dan telah dilaksanakan hingga saat ini.

Bagaimana Pengumuman BoJ Berdampak pada Pasar Keuangan?

Karena keputusan suku bunga BoJ akan berdampak pada pengeluaran konsumen dan suku bunga pinjaman komersial, keputusan tersebut dapat berdampak langsung pada obligasi, saham, mata uang, dan sekuritas lainnya. Pergerakan pasar yang tercipta dari pertemuan ini dapat menciptakan peluang yang signifikan bagi trader spekulatif.

Bila hasil rapat ditujukan untuk menurunkan pengeluaran dan menekan inflasi, hal ini akan menyebabkan nilai saham, obligasi, indeks dan surat berharga lainnya turun, namun dapat meningkatkan nilai Yen.

Sebaliknya, kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan inflasi dan pengeluaran – seperti pelonggaran kuantitatif – akan menyebabkan Yen terdevaluasi dan kelas aset lainnya meningkat.

Sebagian besar trader akan memantau pasangan mata uang Yen seperti USD/JPY, EUR/JPY dan GBP/JPY, indeks saham Nikkei 225, serta perusahaan besar Jepang seperti Toyota, SoftBank, Sony dan Mitsubishi.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai Bank of Japan yang tentunya dapat menambah pengetahuanmu tentang segala hal yang berkaitan dengan bank sentral. Jika kamu memiliki pertanyaan lain tentang trading, yuk gabung bersama traderhub untuk berdiskusi dengan mentor profesional kami! Untuk gabung, silakan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

nineteen − nineteen =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.