TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Side Hustle untuk Umur 20-an

Side Hustle untuk Umur 20-an

Posted by: Novi R
Category: Business Insight, Lifestyle

Banyak orang yang mengemukakan untuk diversifikasi investasi namun tidak banyak yang membahas pentingnya diversifikasi income, terutama untuk kaum-kaum muda di umur 20an. 

Salah satu cara untuk menambah pendapatan adalah mencoba untuk melakukan side-hustle, kesibukan sampingan yang dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas seseorang. Terlepas apa pekerjaan utamamu, extra income bisa kamu dapatkan lebih mudah selama kamu terhubung dengan internet. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu dapat menemukan karir baru dari bidang side hustle yang kamu kerjakan. 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah income-mu:

Menjual Desain

Photo by Freepik

Jika kamu suka dengan desain, kamu dapat menjual desain-desain maupun ilustrasi yang kamu buat di beberapa situs desain seperti Fiverr atau Upwork. Jika kamu lebih kompetitif, kamu dapat mengikuti berbagai kompetisi di situs desain seperti 99designs. Kamu bahkan bisa mendapatkan income dalam bentuk USD, jadi kamu bisa mendapatkan harga lebih mahal dari perbedaan mata uang rupiah.

Menyewakan Kamar Kosong

Photo by Freepik

Bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar dan memiliki ruangan kosong di rumah, yuk dimanfaatkan. Kamu bisa mulai dengan berbenah dan menata agar tampak menarik dan bersih. Jika ruangan itu sudah siap, kamu bisa mendaftar sebagai Host di Airbnb. Mungkin kamu berpikir bahwa pengunjung pasti turun karena penerbangan internasional masih belum dibuka tapi jangan khawatir. Banyak orang yang mulai bosan untuk work from home dan memilih untuk staycation. 

Admin Sosial Media

Photo by Freepik

Meningkatnya pertumbuhan UKM di Indonesia, maka persaingan bisnis akan semakin ketat. Untuk social media savvy, kesempatan ini dapat kamu gunakan untuk menjual jasa menjadi admin sosial media produk-produk UMKM. Sosial media yang menjadi banyak kebutuhan seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Kamu bisa memasang harga bulanan atau konten selama 30 hari. 

Menjadi Reseller

photo by Pressfoto

Salah satu pekerjaan yang membutuhkan modal sedikit adalah menjadi reseller sebuah produk. Bisa jadi produk UMKM yang ada disekitarmu. Memilih produsen dari barang yang kamu jual mungkin agak tricky karena kamu harus memastikan kualitas dan kapasitas produksi mereka. Kamu cukup memikirkan bagaimana menjual produk secara maksimal tanpa harus memikirkan proses produksi yang mungkin kamu sendiri tidak paham. Kamu bisa menjual produk-produk itu ke sosial media maupun marketplace.

Menjadi Tutor Les Jarak Jauh

Photo by Freepik

Sejak pandemi dengan banyaknya les maupun webinar jarak jauh membuat banyak orang beradaptasi dengan pembelajaran melalui Zoom. Jika kamu memiliki ilmu yang dapat dibagikan dan memiliki banyak peminat seperti bahasa inggris, kamu bisa mulai menjadi tutor les bahasa inggris dengan membuka kelas hingga nasional.

Program Partnership 

Photo by wavebreakmedia-micro

Tahukah kamu bahwa banyak orang yang sedang berusaha untuk menyelamatkan kekayaannya selama resesi ini dengan cara trading? Yup benar sekali. Jika kamu telah memiliki pekerjaan tetap dan ingin menghasilkan uang tambahan tak terbatas, maka kamu dapat menjadi partner PT Mentari Mulia Berjangka sebagai Intelligence Business (IB) dengan mengajak klien-klien potensial untuk trading. Kamu akan mendapatkan keuntungan dari setiap lot trading klienmu. Untuk mendaftar, kamu bisa hubungi di sini.

Side hustle dapat dilakukan dengan banyak cara. Semua tergantung dari kapasitas dan potensi income yang ingin kamu raih. Jadi, daripada buang-buang waktu, lebih baik menambah skill dengan side hustle kan?

Author: Novi R

Leave a Reply

6 − 3 =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.