TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Rencana Trading Gagal? Periksa Hal-hal ini!

Rencana Trading Gagal? Periksa Hal-hal ini!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dalam trading forex, hal terpenting dan paling utama yang sebaiknya dipersiapkan oleh trader adalah rencana trading. Rencana trading sangat berperan besar dalam kesuksesan trading. Namun, terkadang ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gagalnya rencana trading.

Meskipun seorang trader sudah menyusun rencana, bukan berarti rencana tersebut akan seratus persen terlaksana. Beberapa alasan sepele terkadang dapat membuat rencana tersebut berantakan. Lantas, apa saja hal-hal yang dapat membuat rencana trading dapat berantakan? Yuk simak artikel berikut ini!

Belum Teruji

Rencana trading yang belum teruji menjadi faktor utama penyebab gagalnya rencana trading tersebut, walaupun kamu mempraktikkan rencana trading dari trader profesional. Hal tersebut dikarenakan kamu belum mempraktikkannya sendiri dan cara yang kamu lakukan belum tentu sama dengan trader profesional tersebut.

Oleh karena itu, sebelum kamu menerapkan rencana tradingmu, sebaiknya kamu telah mengujinya terlebih dahulu pada akun demo. Hal ini guna menyesuaikan dengan aspek-aspek di luar rencana tersebut,  seperti faktor fundamental, psikologis, dan lain-lain.

Dengan menguji rencana trading tersebut pada akun demo, kamu akan mengetahui seberapa besar peluang keberhasilan rencana tersebut, sehingga kamu dapat menerapkannya pada akun real. Hal ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri terhadap rencana trading yang sudah dibuat.

Tidak Sesuai Karakter

Faktor berikutnya yang dapat memicu kegagalan rencana trading adalah ketidaksesuaian rencana trading tersebut dengan karakter atau gaya tradingmu. Tanpa disadari, sebagus apapun rencana yang telah dibuat tidak akan berjalan mulus jika tidak sesuai dengan karakter trading yang kamu miliki.

Hal tersebut karena tingkat kesuksesan rencana trading yang sudah dibuat dapat diukur dengan praktik. Jika dalam praktiknya kamu tidak dapat mengendalikan diri, maka rencana trading tersebut hanya menjadi sia-sia.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami diri sendiri terlebih dahulu sebelum membuat rencana trading. Sebaiknya sesuaikanlah poin-poin dalam rencana tersebut menjadi hal-hal yang dapat mungkin kamu lakukan dan tidak perlu memaksakan hal-hal yang tidak mungkin untuk kamu lakukan.

Tidak Tersusun Sempurna

“Tidak ada sesuatu hal pun yang sempurna”, pernyataan tersebut memang benar. Namun, menyusun rencana trading secara asal-asalan juga tidak dibenarkan. Sebaiknya, seorang trader menyusun rencana trading secara praktis, realistis, dan efektif.

Hal tersebut dapat memicu kamu agar dapat menjalaninya secara runut, sehingga rencana dapat berjalan dengan rapi. Selain itu, kamu juga perlu menuliskan rencana-rencana trading secara lengkap, seperti bagaimana cara merealisasikannya, langkah apa yang perlu diambil jika rencana gagal, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, kamu akan lebih siap menghadapi hal-hal yang tidak dapat diprediksi nantinya. Kamu juga perlu menetapkan batas-batas risiko yang dapat kamu terima. Hal ini juga penting untuk meminimalisir potensi kerugian.

Tidak Fleksibel

Meskipun kamu sudah menyusun rencana trading, bukan berarti rencana tersebut harus berjalan mutlak. Kamu harus dapat membedakan antara disiplin dengan fleksibel. Maksudnya, disiplin memang dibutuhkan, namun kamu juga harus melihat peluang secara objektif.

Jika di pasar ditemukan peluang, tentunya jangan lewatkan peluang tersebut meskipun tidak ada di dalam rencana trading yang sudah kamu buat. Hal ini sangat berguna untuk mendapatkan profit yang lebih besar dalam trading.

Tidak Evaluasi

Alasan terakhir yang menjadi faktor gagalnya rencana trading adalah tidak melakukan evaluasi. Sebaiknya, biasakan untuk menulis catatan singkat mengenai kesulitan atau masalah-masalah yang ditemukan ketika menjalankan rencana trading.

Hal tersebut sangat berguna untuk evaluasi, sehingga kamu dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan pada rencana trading sebelumnya. Dengan mencatat kesulitan-kesulitan tersebut, kamu juga dapat mengetahui peluang-peluang yang dapat kamu ambil untuk menjalankan rencana trading berikutnya.

Nah, itulah pembahasan mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan gagalnya rencana trading. Beberapa hal tersebut merupakan masalah-masalah yang umum terjadi. Pembahasan ini mungkin dapat kamu jadikan acuan untuk mencegah gagalnya rencana tradingmu di masa yang akan datang.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader-trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

three × five =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.