fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Pro dan Kontra Menjadi Day Trader. Kamu Pihak Mana?

Pro dan Kontra Menjadi Day Trader. Kamu Pihak Mana?

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Menjadi seorang day trader memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sebelum kamu  mengembangkan strategi perdagangan harian dan menjadi seorang day rrader, sebaiknya kamu meninjau pro dan kontra di bawah ini, dan memahami apakah Anda dapat menoleransi hal negatif untuk mendapatkan hal positif dalam trading yang kamu lakukan. Yuk simak!  

Alasan yang Menguntungkan Menjadi Day Trader

1. Pengurangan eksposur Risiko

Mengambil posisi untuk periode singkat selama trading memungkinkan kamu untuk tidak menanggung risiko ekstra. Kamu tidak perlu menahan posisi semalaman. Menahan posisi semalaman memiliki risiko yang lebih tinggi karena berpotensi membuat keuntungan yang didapat justru berbalik menjadi kerugian.

2. Kepuasan cepat

Menjadi seorang day trader dapat dengan cepat mengetahui apakah keputusan trading yang kamu lakukan itu benar atau salah. Ini cocok untuk orang yang tidak sabar dan sering ingin tahu hasil trading mereka. Kamu bisa mengetahui untung dan rugi dengan cepat, sehingga kamu dapat introspeksi dan meningkatkan sistem tradingmu dengan cepat.  

3. Lebih cepat nyaman dengan pasar

Menjadi seorang day trader memungkinkan kamu dapat mengenal pasar secara lebih intens. Hal tersebut dikarenakan kamu selalu berkaitan dengan pasar setiap hari, sehingga dari waktu ke waktu, kamu akan dengan cepat memahami cara kerja pasar dan dapat berteman lebih dekat dengannya.

4. Pengambilan keputusan sederhana

Banyak trader harian menggunakan metode pengambilan keputusan sederhana sebagai kebutuhan, karena mereka perlu membuat keputusan cepat apakah akan masuk atau keluar dari pasar. Hal ini akan mengasah kepekaan dan ketanggapanmu dalam menangkap peluang-peluang yang muncul.

5. Menemukan Gaya dengan Cepat

Menjadi seorang day trader memungkinkan kamu untuk menemukan gaya trading yang sesuai dengan kepribadianmu dengan cepat. Hal ini dikarenakan day trader tentunya akan terus menyesuaikan strategi-strategi di setiap harinya sesuai kondisi pasar pada hari itu, sehingga kamu dapat menemukan salah satu strategi yang menurutmu paling nyaman.

Alasan yang Kurang Menguntungkan Menjadi Day Trader

1. Biaya Perdagangan yang Lebih Tinggi

Day trader cenderung melakukan lebih banyak transaksi daripada pedagang jangka panjang karena mereka masuk dan keluar pasar sepanjang hari perdagangan. Karena setiap transaksi melibatkan pembayaran spread dan komisi broker, biaya ini benar-benar dapat bertambah dan mengurangi profitabilitas keseluruhan bisnis tradingmu.

2. Dampak Slippage Order

Karena day trader biasanya akan lebih aktif, mereka juga cenderung memiliki lebih banyak order stop loss yang dieksekusi. Ini berarti bahwa mereka pada umumnya memiliki risiko lebih besar mengalami slippage pada level order tersebut ketika celah pasar melewati levelnya, sehingga stop loss tidak dapat dieksekusi seperti yang direncanakan.

3. Lebih banyak aktivitas perdagangan yang terlibat

Sistem trading harian biasanya melakukan lebih banyak transaksi, sehingga beberapa orang merasa bahwa menghabiskan waktu untuk melakukan lebih banyak trading berarti memiliki lebih sedikit waktu yang tersedia untuk hal-hal lain yang mungkin mereka sukai dalam hidup.

4. Diperlukan fokus yang lebih besar

Karena trader harian biasanya mencari peluang untuk masuk dan keluar pasar sepanjang hari, ini berarti mereka sering kali perlu memperhatikannya dengan lebih hati-hati dan menghabiskan waktu yang lebih terfokus pada aktivitas pasar.

5. Berpotensi Membuat Stress

Untuk memanfaatkan pergerakan pasar intraday, day trader biasanya perlu membuat keputusan yang lebih sederhana dan lebih cepat daripada trader jangka panjang. Ini membutuhkan pemikiran cepat dan mungkin membuat lebih banyak trader menjadi stress.

Nah, itulah beberapa pro dan kontra menjadi seorang day trader. Pro dan kontra di atas mungkin perlu kamu perhitungkan saat menentukan apakah menjadi day trading akan cocok denganmu. Semua tidaklah salah, karena kesuksesan trading berawal dari kenyamanan diri trader itu sendiri. Jika kamu merasa dapat mengatasi sisi kontranya, mungkin menjadi day trader adalah pilihan terbaik!

Bagi kamu yang ingin berdiskusi mengenal trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, juga terdapat analis profesional yang selalu memberikan rekomendasi sinyal trading di setiap harinya. Untuk gabung, silakan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

twelve − 6 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.