fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Aspek Utama dalam Trading yang Harus Kamu Kelola

Aspek Utama dalam Trading yang Harus Kamu Kelola

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Ada banyak metode dan gaya dalam trading. Dari sekian banyaknya metode dan gaya trading yang dapat kamu gunakan, kamu harus memperhatikan aspek utama dalam trading yang dapat menentukan keberhasilan metode trading yang kamu gunakan. Apa saja aspek utama tersebut? Yuk simak!

Waktu

Sering kali, salah satu hal yang membatasi trader ritel adalah faktor waktu. Tidak semua orang memiliki kesamaan untuk berkomitmen atau mencurahkan banyak waktu dalam sehari untuk trading, Terlepas dari berapa banyak waktu yang kamu miliki untuk trading, bukan berarti kamu harus mengorbankan kualitas tradingmu.

Kamu harus menyesuaikan strategi yang akan kamu gunakan dengan waktu yang kamu miliki. Jika kamu memiliki waktu sedikit, kamu bisa fokus dengan trading pada waktu-waktu tertentu. Buatlah rencana trading tentang bagaimana cara mengaplikasikan strategi pada waktu luangmu. Jadi ketika waktu luang itu datang, kamu bisa langsung melakukan eksekusi.

Meskipun terlihat mudah, pada dasarnya strategi jangka pendek juga merupakan strategi yang membutuhkan fokus. Itu adalah sesuatu yang tidak boleh dianggap remeh. Jika itu mulai mempengaruhi kinerja tradingmu, mungkin strategi jangka pendek yang kamu gunakan tidak cocok untukmu.

Manajemen Risiko

Ini bisa dibilang salah satu topik yang sering diremehkan dalam trading, terutama karena ini bukan sesuatu yang diberi label ‘seksi’ dan cenderung dianggap ‘omong kosong’. Tidak ada yang suka berbicara tentang manajemen risiko, tetapi kami akan selalu mengatakan bahwa itu adalah aspek terpenting dalam trading.

Pada akhirnya, manajemen risiko tunduk pada selera risiko masing-masing individu. Tidak ada pendekatan “benar” atau “salah”, tetapi trader harus selalu berhati-hati dan logis ketika memutuskan seberapa besar risiko yang harus diambil.

Pendekatan umum dan standar mencatat bahwa seseorang tidak boleh mengambil risiko lebih dari 10-20% dari modal mereka dalam trading kumulatif. Tetap berpegang pada pendekatan standar ini akan memungkinkan kamu untuk melatih disiplin dan mengelola risikomu sesuai dengan itu.

Di sinilah stop loss berperan untuk membatasi eksposurmu. Sekali lagi, tidak ada pendekatan “benar” atau “salah” dalam hal ini, tetapi yang paling penting adalah jangan biarkan emosi menghalangi manajemen risiko Anda.

Psikologi Trading

Penting untuk selalu memiliki kepala yang tenang saat kamu membuat keputusan apa pun di pasar. Sangat mudah untuk mengatakan “jangan biarkan emosi menguasai Anda”, tetapi dalam praktiknya hal ini bisa sangat sulit , terutama pada tahap awal karir tradingmu.

Semua orang sulit untuk menerima kekalahan, tetapi penting untuk tidak bereaksi gegabah dan meluangkan waktu untuk menenangkan diri. Terkadang pasar memberikan apa yang dilakukannya dan itu tidak selalu beriringan dengan rencana kita.

Itu adalah hukum pasar, tetapi penting untuk mengambil langkah mundur dan mengevaluasi kembali strategi dan metode trading yang kamu gunakan. Terkadang ketika hal-hal tidak berjalan sesuai keinginanmu, mundurlah selangkah dan kembalilah ke dunia nyata dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang membuat moodmu baik kembali.

Kesuksesan trading butuh proses, jangan pernah jatuh ke dalam perangkap untuk terjebak dalam trading balas dendam. “Latihan membuat segalanya sempurna” pepatah ini sangat tepat untuk membangun fondasi yang kuat dalam mengelola psikologi tradingmu.

Nah itulah beberapa pembahasan singkat mengenai aspek utama dalam trading yang sebaiknya harus kamu perhatikan. Jika kamu memiliki masalah atau pertanyaan tentang trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub untuk mencari solusinya.

Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya untuk saling bertukar pikiran. Selain itu, terdapat analis profesional yang selalu memberikan rekomendasi sinyal trading di setiap harinya secara berkelanjutan. Untuk gabung, silakan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

13 − 11 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.