fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Nasihat Trading: Bangun Basis yang Kuat untuk Trading

Nasihat Trading: Bangun Basis yang Kuat untuk Trading

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Jika kamu merasa terlalu bising dengan nasihat-nasihat trading yang menurutmu “omong kosong”, mungkin kamu dapat mengabaikan artikel ini. Namun, jika kamu ingin berkembang dari berbagai perspektif dengan “mencari tahu”, mungkin artikel ini dapat membantu. Bagaimana cara membangun basis yang kuat untuk Trading? Yuk simak!

Basis yang Kuat untuk Trading

Kita perlu membahas bagaimana caranya membangun basis yang kuat untuk trading. Setelah kamu memiliki basis, kamu dapat memperbaiki, menyesuaikan, dan mengotak-atik basis tersebut untuk mengukur seberapa kuat basismu. Basis yang kuat adalah keharusan mutlak.

Dalam trading kamu sebaiknya selalu belajar tentang penelitian untuk “membangun”. Proses penelitian tidak dapat terburu-buru, itu akan membutuhkan pemikiran dan sikap yang dipertimbangkan seolah-olah kamu sedang belajar untuk ujian.

Trading adalah dunia yang bisa dikatakan membosankan ketika kita sedang mencari basis yang kuat. Kamu perlu menyeleksi kebisingan orang-orang yang menjual kursus, indikator custom, dan terkadang menjual mimpi yang tidak dapat diperoleh melalui iming-iming tak masuk akal.

Melalui Diri Sendiri

Seperti kebanyakan poin dalam trading yang selalu “disepelekan”, kamu harus mulai dengan diri sendiri. Kamu perlu mengenal dirimu sendiri dan cerminan kepribadianmu. Pilih strategi yang sesuai dengan waktu dan gaya hidupmu, sehingga kamu memiliki waktu untuk berkonsentrasi dengan fokus yang tulus.

Melakukan ini dengan dedikasi dan konsentrasi, akan memandu kamu ke strategi dasar atau basis dasar. Dari titik ini kamu dapat mengembangkannya untuk membangun kesuksesan.

Ada banyak strategi, indikator, bahkan robot untuk mendukung pembangunan basis dasar ini. Kebisingan ini dapat membuat jalan kesuksesanmu menjadi berliku, karena pilihanmu dapat dipengaruhi melalui janji kekayaan atau kesuksesan instan.

Di sinilah kamu perlu melihat ke dalam dan menggunakan pengetahuan untuk membangun basis dasar ini. Satu-satunya cara untuk sukses adalah memulai dengan dirimu sendiri dan mengembangkan pengetahuan, setidaknya pengetahuan dasar.

Strategi Tidak Sepenting Pola Pikir? Benarkah?

Beberapa orang mungkin mengatakan strategi trading tidak sepenting pola pikir. Meskipun pernyataan ini benar, strategi trading tetaplah landasan psikologimu. Kamu harus merasa nyaman dengan strategimu.

Kamu harus menyelesaikan trading tanpa khawatir dengan strategimu, jika tidak maka akan merusak tradingmu. Karena kamu harus merasa nyaman dengan strategimu, di situlah kamu harus mengevaluasi kembali jika semuanya tidak berjalan dengan baik.

Ini adalah titik istirahat untuk membentuk dan membuat tradingmu berhasil. Mengikuti gaya trading orang lain secara membabi buta tidak akan pernah berhasil. Buat penilaian dirimu sendiri. Kamu boleh menggunakan ide orang lain,  tetapi kamu harus mengembangkan pandanganmu sendiri terhadap ide orang lain tersebut.

Apa yang Harus Dilakukan?

Beberapa cara kerja terbaik adalah dengan melihat indikator dan pola analisis teknis atau price action (ada ratusan variasi yang sesuai untukmu). Kamu mungkin menemukan bahwa kamu adalah trader fundamental dan memiliki pemahaman yang baik tentang lanskap ekonomi untuk trading.

Dalam pengalaman beberapa trader sukses, keduanya akan selalu membantumu. Baik trader fundamental atau pun teknikal tidaklah salah. Meskipun begitu, sebaiknya kamu mengombinasikan keduanya agar potensi keberhasilan tradingmu semakin besar.

Jangan jatuh ke dalam perangkap yang mengatakan bahwa semakin banyak indikator, semakin akurat. Itu adalah pemahaman yang salah! Buatlah sistem yang sesederhana mungkin agar tradingmu bisa nyaman. Indikator yang banyak hanya akan menyulitkanmu.

Kamu perlu memproses banyak informasi jika menggunakan terlalu banyak indikator. Alhasil, analisismu justru jadi ambigu. Jadi, tetap sederhana, ini adalah salah satu poin terpenting. Jika terlalu rumit, kamu membuat proses pengambilan keputusanmu menjadi lebih sulit.

Nah, itulah beberapa pemahaman mengapa kamu perlu untuk memulai membangun basis dasar tradingmu. Perlu diketahui, setiap trader memiliki tingkat kesuksesan yang sama. Hal yang terpenting adalah bagaimana kamu berusaha untuk menggapai kesuksesan itu! Bagi kamu yang ingin berdiskusi lebih lanjut, yuk gabung forum traderhub dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

four × five =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.