fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Kekuatan Finansial dari Hegemoni Dolar

Kekuatan Finansial dari Hegemoni Dolar

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dolar hari ini adalah raja dunia keuangan. Ini berarti bahwa dolar tidak menghadapi banyak persaingan dari mata uang lain saat ini. Namun, bukan berarti dolar tak terkalahkan. Mengapa? Untuk lebih jelasnya, yuk baca artikel berikut ini!

Kekuatan Amerika Serikat

Perekonomian di seluruh dunia saat ini bosan dengan Amerika Serikat yang memaksakan kekuatan militer dan keuangannya pada mereka. Oleh karena itu nampaknya upaya sedang dilakukan untuk menjatuhkan dolar. Ini bukan niat yang disebutkan, tetapi ini adalah motivasi penting di balik pembentukan bank BRICS dan  Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Bahkan badan-badan dunia seperti IMF mencoba untuk pindah dari sistem di mana dolar adalah satu-satunya mata uang cadangan. IMF telah menciptakan sekeranjang mata uang yang disebut Special Drawing Rights (SDR) yang diyakini para kritikus akan menjatuhkan dolar.

Hegemoni Dolar

Amerika Serikat memperoleh apa yang disebut banyak orang sebagai hak istimewa dari fakta bahwa dolar adalah mata uang cadangan dunia. Mata uang cadangan diperlukan oleh semua pemerintah lain untuk berdagang komoditas penting seperti minyak dan emas.

Pemerintah tidak dapat membeli emas dengan Dinar Irak atau Rupee India. Kecil kemungkinan bahwa pemerintah penjual akan setuju untuk bertransaksi dalam mata uang lokal. Hak istimewa yang luar biasa adalah bahwa semua negara lain harus bekerja dan berdagang untuk mendapatkan dolar, sedangkan Amerika Serikat dapat dengan mudah mencetaknya secara gratis!

Jadi, jika Prancis ingin menggandakan impor minyaknya, pertama-tama ia harus mencari cara untuk mendapatkan dolar dua kali lipat. Amerika Serikat, di sisi lain, dapat dengan mudah mencetak dolar dan membeli sebanyak yang mereka inginkan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Amerika Serikat mengendalikan kekuatan militer seluruh dunia. Uang memenangkan perang, dan Amerika Serikat memiliki persediaan tak terbatas yang mereka miliki.

Bisakah Dolar Jatuh?

Dolar sama rentannya dengan penurunan seperti mata uang lain, sebagai contoh poundsterling. Namun, dolar belum melihat lawan signifikan dari kenaikan mata uang apa pun. Orang Cina memang memiliki sejumlah besar utang Amerika. Artinya, mereka bisa begitu saja membuang utang dan menimbulkan krisis ekonomi dunia.

Namun, kepemilikannya adalah persentase yang lebih kecil dibandingkan dengan apa yang dimiliki orang Amerika untuk poundsterling. Juga, pengaruh atas IMF adalah kunci tawar-menawar bagi Amerika Serikat. Hal yang sama dapat terjadi pada kasus larangan BRICS atau AIIB yang dapat menggunakan pengaruhnya untuk memblokir pendanaan ke utang Amerika.

Amerika telah menghabiskan banyak uang di masa lalu. Mereka perlu meminjam $2 miliar per hari hanya untuk membayar bunga atas utang masa lalu mereka. Siapa pun yang memiliki $2 miliar itu memiliki pengaruh besar atas kebijakan Amerika.

Selain menjatuhkan dolar, bank BRICS dan AIIB dapat dengan mudah meningkatkan pengaruh mereka terhadap para pemain regional. Semakin besar bank-bank ini, semakin kecil pengaruh IMF, dan oleh karena itu Amerika Serikat menjadi masalah dunia. Ini akan seperti menggulingkan hegemoni Amerika selangkah demi selangkah.

Apa yang Terjadi Jika Dolar Jatuh?

Jatuhnya dolar pertama-tama akan menyebabkan hiperinflasi di Amerika Serikat. Saat ini, banyak dolar disimpan sebagai cadangan di bank negara lain. Ketika status mata uang cadangan tidak ada lagi, semua dolar ini akan dibanjiri kembali ke Amerika Serikat.

Lonjakan tiba-tiba dalam jumlah uang beredar Amerika Serikat akan melumpuhkan ekonominya. Juga, Amerika akan terputus dari pasokan minyak dan komoditas penting lainnya yang telah tersedia sejak perjanjian Bretton Woods. Ini akan membuat fungsi normal industri menjadi lebih sulit.

Analis di seluruh dunia percaya bahwa dolar terbebani. Mereka tidak memiliki pertanyaan apakah dolar akan jatuh. Sebaliknya, pertanyaannya adalah kapan dolar akan jatuh dan siapa yang akan siap untuk menggulingkan Amerika sebagai negara adidaya global berikutnya.

Nah, itulah sekilas pembahasan tentang hegemoni dolar. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar trading atau memiliki kesulitan seputar trading, jangan ragu untuk bertanya di forum traderhub!

Di forum traderhub, kamu dapat belajar trading melalui kelas trading dan private consultation bersama mentor profesional, yang tentunya GRATIS!. Selain itu, juga terdapat rekomendasi sinyal pasar di setiap harinya oleh analis-analis internasional. Untuk itu, yuk gabung bersama kami sekarang dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

four + six =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.