fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Cara Mudah Memanfaatkan Pola Evening Star

Cara Mudah Memanfaatkan Pola Evening Star

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Di antara banyaknya metode analisis teknikal, salah satu metode yang banyak digunakan oleh trader adalah analis pola candlestick. Pola candlestick dapat diklasifikasikan sebagai pola lanjutan atau pola pembalikan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas formasi candlestick pembalikan yang populer dan sering ditemukan dalam grafik, yaitu pola Evening star.

Mengenal Pola Evening Star

Pola Evening star adalah formasi candlestick yang memiliki tiga candle di dalamnya dan diklasifikasikan sebagai pola reversal. Strukturnya dapat dilihat di akhir tren naik, biasanya setelah pergerakan harga yang berkepanjangan. Pola tersebut memiliki implikasi bearish, dan trader akan mencari posisi sell setelah pola tersebut terkonfirmasi.

Pola Evening star dimulai dengan candle bullish yang kuat, diikuti oleh candle sentral yang ukurannya relatif lebih kecil, dan kemudian candle ketiga akan menjadi candle bearish kuat yang akan ditutup melampaui titik tengah dari candle pertama. Perlu diingat bahwa yang harus diperhatikan adalah badan candlestick dalam formasi ini. Dengan kata lain, bayangan atau sumbu di dalam formasi tidak perlu diperhatikan.

Candle bullish awal menunjukkan momentum kenaikan yang kuat di pasar, yang kemudian diikuti oleh periode netralitas dari candle tengah. Candle tengah ini sering berupa candle doji atau formasi spinning top. Namun, tidak ada persyaratan untuk candle tengah menjadi salah satu jenis.

Terkadang, kita akan melihat bahwa candle ketiga dan terakhir dalam formasi ini terbuka sebagai pergerakan harga gap down. Ketika ini terjadi, ini merupakan indikasi dari peningkatan pasokan di pasar yang semakin menegaskan sikap bearish.

Pola candlestick Evening star dapat dilihat cukup sering pada grafik harga. Namun, formasi terbaik umumnya adalah formasi yang muncul di puncak tren naik. Ini akan dianggap sebagai jenis formasi evening star yang paling dapat diandalkan.

Pola Evening Star dengan Indikator RSI

Dalam memanfaatkan pola ini, kamu dapat memadukannya dengan indikator RSI agar potensi keakuratannya semakin besar. Indikator RSI adalah indikator momentum yang cukup berguna dalam mengukur sejauh mana langkah harga.

Lebih khusus lagi, ini dapat memberi tahu kita apakah pasar telah menjadi oversold pada pergerakan harga bearish, atau pasar telah menjadi overbought pada pergerakan harga bullish. Setting indikator RSI yang digunakan adalah periode 14. Kondisi overbought terjadi ketika indikator berada di atas level 70. Sedangkan, kondisi oversold terjadi ketika indikator berada di bawah level 30.

Mari kita lihat grafik harga Emas dan lihat pola grafik Evening star dengan indikator RSI beraksi.

Mulai dari paling kiri dalam grafik harga ini, kita dapat melihat bahwa harga bergerak lebih tinggi secara bertahap. Dengan kata lain, harga menciptakan serangkaian pergerakan harga impulsif , diikuti oleh pergerakan harga korektif yang lebih rendah. Selain itu, cukup jelas bahwa tren umum pasar naik.

Perhatikan bahwa selama seluruh urutan harga lebih tinggi, indikator RSI naik. Ini merupakan indikasi dari tren harga bullish yang sehat. Namun menjelang puncaknya, kita bisa melihat bahwa pola pembalikan Evening star terbentuk pada grafik harga. Ini bisa dilihat di dalam area yang dilingkari kuning.

Ketika pola tersebut terbentuk, di sisi lain angka RSI telah muncul ke wilayah overbought, melebihi ambang batas atas 70. Ini akan memberikan peluang yang sangat baik untuk short pasar segera setelah selesainya pola Evening Star. Meskipun harga sedikit berkonsolidasi setelah pola selesai, harga akhirnya bergerak lebih rendah seperti yang diharapkan.

Nah, itulah pembahasan mengenai pola Evening Star yang tentunya dapat kamu manfaatkan untuk meraih peluang keuntungan di pasar. Jangan lupa untuk tetap berpegang teguh pada manajemen risiko yang baik ya!

Bagi kamu yang mau belajar trading atau ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat melihat rekomendasi sinyal trading harian dari para analis profesional. Yuk gabung bersama kami dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

10 + 2 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.