fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Mulai Belajar Trading dengan Cara Ini!

Mulai Belajar Trading dengan Cara Ini!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Bagi kamu yang sedang berniat untuk belajar trading, kamu sebaiknya menyiapkan langkah-langkah yang tepat agar kamu tidak “salah langkah”. Untuk itu, yuk simak artikel di bawah ini mengenai segala hal yang harus kamu tahu tentang belajar trading!

Belajar Trading

Dalam memahami trading, kamu perlu melibatkan diri dalam berbagai proses belajar. Misalnya, kamu harus mendedikasikan waktu untuk membaca tentang teori trading teknis, sehingga kamu memiliki dasar yang kuat tentang bagaimana harga bereaksi terhadap level support dan resistance.

Cara lainnya untuk belajar trading adalah melalui seminar-seminar edukasi yang juga sering diadakan oleh traderhub secara berkelanjutan.  Namun, satu hal yang harus kamu ingat adalah bahwa efek dari setiap proses pendidikan pada kurva belajar berbeda.

Satu orang mungkin menyerap banyak dari membaca buku, tetapi yang lain mungkin lebih baik dalam hal “mendengarkan” atau belajar dari mentor langsung. Artinya, kamu HARUS mencari tahu proses pendidikan mana yang cocok denganmu. Dengan kata lain, fokuslah pada proses pendidikan yang paling efektif untukmu.

Apa yang Harus Difokuskan?

Ini mungkin terdengar mudah, tetapi karena jumlah pengetahuan di luar sana sangat luas, sangat sulit bagi calon trader untuk memilih metode mana yang paling efektif untuk mereka. Untuk mengetahui apa yang perlu kamu fokuskan, tanyakan pada dirimu pertanyaan sederhana ini: “Siapa yang harus saya contoh dan dengarkan?”

Sebelum membaca lebih lanjut, pikirkan jawaban kamu atas pertanyaan itu sejenak…

Apakah kamu punya jawaban sekarang?

Jika kamu menjawab “George Soros”, kamu salah. Jika kamu menjawab “Warren Buffett”, maka kamu masih salah! Meskipun mereka adalah investor superstar, cara mereka trading mungkin saja tidak sesuai dengan kepribadianmu.

Jika kamu menjawab “SAYA”, maka tepuk tangan untuk kamu sendiri! Bagaimanapun, KAMU adalah aset terbaik dalam trading yang akan kamu lakukan.

Salah satu cara kamu dapat “mendengarkan” diri sendiri adalah dengan  membuat jurnal trading. Dengan melihat jurnal, kamu dapat memperoleh wawasan tentang cara berpikirmu, yang kemudian dapat membantumu memilih dan fokus pada proses pembelajaran.

Bagaimana Cara Mendengarkan Diri Sendiri?

Sebagai contoh, seorang trader telah trading selama dua tahun, tetapi TIDAK PERNAH menguntungkan. Bukan karena dia tidak menginvestasikan waktu atau modal untuk pendidikan tradingnya, tetapi ia memiliki mentor yang membimbingnya melalui proses trading.

Namun, dia masih tidak bisa mendapatkan keuntungan secara konsisten. Kemudian, ia meninjau jurnal tradingnya secara menyeluruh untuk mencari tahu apa yang perlu diubah.

Saat dia menelusuri jurnalnya, dia memperhatikan bahwa sebagian besar tradingnya didasarkan pada apa yang disarankan oleh mentornya untuk dilakukan. Setelah beberapa saat, dia menyadari bahwa dia hanya mencerminkan proses berpikir mentornya dan tidak benar-benar berpikir untuk dirinya sendiri.

Dia memutuskan untuk berhenti memanfaatkan layanan mentornya dan berpikir akan lebih baik baginya untuk berhenti trading terlebih dahulu, serta mulai memperkaya dirinya dengan membaca  buku trading.

Setelah beberapa bulan, ketika dia merasa bahwa dia memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pasar, dia kembali melakukan trading lagi. Kinerja tradingnya meningkat dan menghasilkan keuntungan selama berbulan-bulan.

Dia belajar dari pengalamannya bahwa dia adalah tipe orang yang tampil lebih baik ketika dia menyerap teori dari buku terlebih dahulu. Dia juga belajar untuk berpikir sendiri, beradaptasi dengan pasar, dan menangani trading dengan lebih baik.

Kamu harus paham bahwa beberapa sistem trading bekerja untuk orang-orang tertentu, tetapi tidak untuk orang lain. Dengan mencari tahu apa yang terbaik untuknya terlebih dahulu, trader dapat  menemukan titik masalahnya  dan mendapatkan keunggulan dalam trading.

Jangan buang waktu dan uangmu dengan  layanan trading  yang tidak benar-benar cocok untukmu. Pada akhirnya, kamu sendirilah yang dapat mengetahui mana yang berhasil dan mana yang tidak. Jika kamu memiliki hambatan, kamu bisa berkonsultasi dengan mentor Traderhub. Tak perlu khawatir, GRATIS! Gabung bersama kami sekarang dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

5 − 4 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.