fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Belajar Trading dari Singa. Apa Maksudnya?

Belajar Trading dari Singa. Apa Maksudnya?

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Tanpa disadari, setiap trader profesional memiliki banyak sifat dan perilaku yang sama dengan ‘Raja hutan’. Seekor singa di alam liar memberi metafora yang sangat baik untuk membantu kita memahami bagaimana berperilaku di pasar. Yuk belajar trading dari singa! Bagaimana caranya? Baca artikel berikut!

Tak Kenal Lelah

Singa tidak kenal lelah. Mereka bertekad untuk menangkap mangsanya dan mereka tidak menyerah pada ekosistem yang sulit. Sebagai seorang trader, kamu jangan berkecil hati setelah satu atau dua posisi trading yang kalah, itu bukan pola pikir seorang trader pemenang.

Selain itu, kamu sebaiknya jangan berkecil hati karena trading ‘tampaknya sulit’ atau ada ‘banyak yang harus dipelajari’. Jika kamu benar-benar ingin sukses dalam trading, maka kamu harus memiliki komitmen yang teguh dan tak tergoyahkan untuk belajar trading dengan benar.

Beradaptasi

Singa mudah beradaptasi. Mereka akan mengejar mangsa apa pun yang tersedia bagi mereka; kijang, zebra, bahkan gajah dan kudanil. Mereka tidak akan mati kelaparan hanya karena mangsa yang paling sering mereka makan telah pindah. Singa akan mencari mangsa baru atau mereka akan pindah ke tempat yang lebih banyak mangsanya.

Sebagai seorang trader, kamu harus mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar. Pasar tidak selalu mengalami tren yang konstan dan terus berubah. Jika kamu tidak dapat menyesuaikan strategi trading dalam kondisi pasar yang berubah-ubah, maka kamu tidak akan bertahan lama.

Fokus Pada yang ‘Mudah’

Bagian dari strategi berburu singa adalah memilih mangsa yang paling mudah untuk diterkam. Singa mengejar mangsa yang paling jelas; yang sakit, tua atau sangat muda (paling lemah). Mangsa yang paling jelas adalah probabilitas tertinggi untuk seekor singa. Sama halnya seperti strategi trading termudah, price action, yang dapat menemukan trading dengan probabilitas tinggi.

Sebagai trader price action, kamu dapat belajar menemukan trading ‘mudah’ dengan hanya menguasai satu pola perdagangan pada satu waktu, dan kemudian mengenali kapan pola itu ada di pasar. Kamu tidak dapat mengejar trading ‘mudah’ jika kamu tidak tahu seperti apa cara kerjanya di pasar. Itulah sebabnya kamu harus terlebih dahulu BELAJAR bagaimana menemukan trading ‘mudah’ itu.

Hemat Modal

Mengapa singa berbaring dan tidur begitu lama? Bukan karena mereka malas. Itu karena mereka menghemat energi mereka, sehingga pada saat mereka melihat mangsa ‘mudah’ datang, mereka memiliki peluang bagus untuk menangkapnya. Singa tidak mengejar setiap rusa atau zebra yang mereka lihat; mereka menghemat energi mereka untuk tangkapan dengan probabilitas tertinggi.

Sebagai seorang trader, kita dapat melihat ‘mangsa kuat’ sebagai peluang trading dengan probabilitas rendah, sedangkan ‘mangsa lemah’ adalah peluang trading probabilitas tinggi. Terdapat ratusan peluang di pasar setiap harinya. Jangan terlalu mengejar pasar, tapi tunggu peluang dengan probabilitas tinggi datang.

“Mengamankan” Mangsa dengan Pasti

Singa tidak membiarkan mangsanya lolos begitu mereka menangkapnya. Mereka memastikan untuk menaklukkan mangsanya dengan melompat di atasnya/menggigit lehernya. Mereka memakan segalanya dan dengan penuh semangat mempertahankannya.

Di pasar, kamu dapat melakukan ini dengan mengambil peluang dengan probabilitas tinggi. Misalnya, jika kamu melihat level kunci yang sangat kuat, kamu sebaiknya menempatkan target keuntunganmu tepat sebelum level itu. Jika tidak, pasar mungkin akan terpental pada level tersebut dan mulai bergerak melawanmu.

Kembangkan Naluri Trading

Singa memiliki naluri dan firasat yang sangat baik tentang apakah akan mengejar mangsa tertentu atau tidak. Sebagai manusia, kita semua dilahirkan dengan kemampuan dan bakat yang sedikit berbeda. Untungnya, kita dapat belajar dari orang lain dan mengembangkan kemampuan untuk sukses, bahkan jika kita tidak dilahirkan dengan bakat alami untuk itu.

Untuk seorang trader, singa adalah metafora yang sangat baik untuk bagaimana kita harus berperilaku di pasar. Seperti singa, kamu harus strategis dalam pendekatan tradingmu, sabar, disiplin, percaya diri, dan protektif terhadap modal tradingmu. Jika kamu ingin menjadi trader yang menguntungkan secara konsisten, kamu harus memiliki strategi dan pendekatan untuk ‘berburu’ di pasar.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai naluri singa yang dapat kita jadikan pelajaran sebagai seorang trader. Jika kamu ingin belajar trading lebih lanjut, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, para mentor profesional kami selalu siap memberikan bimbingan dan edukasi gratis. Yuk gabung bersama kami dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

2 × one =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.