TraderHUB > Entertainment > Business Insight > 5 Negara Terkaya di Dunia, Apa Saja Penyebabnya?

5 Negara Terkaya di Dunia, Apa Saja Penyebabnya?

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Besar kecilnya suatu negara, tidak memengaruhi kondisi ekonomi pada negara tersebut. Negara yang kecil belum tentu memiliki ekonomi yang rendah. Begitupun sebaliknya, negara yang besar belum tentu memiliki tingkat ekonomi yang tinggi.

Bahkan, negara-negara yang memiliki wilayah kecil pun dapat bersaing di dunia dan masuk ke dalam jajaran 5 negara terkaya di dunia. Hal tersebut dikarenakan besarnya pendapatan per kapita dan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) pada negara tersebut.

Besarnya pendapatan per kapita dan PDB secara langsung dapat menggerakkan roda perekonomian negara mereka. Hal tersebut akan memengaruhi Paritas Daya Beli atau Purchasing Power Parity (PPP) pada negara tersebut.

Nah, apa saja 5 negara terkaya di dunia tersebut? Berikut akan dibahas mengenai 5 negara terkaya di dunia yang dikutip dari Global Finance.

Qatar

Negara Qatar adalah negara yang masuk pada peringkat pertama di dunia. Meskipun negara ini memiliki populasi yang sedikit, yaitu sekitar 2,8 juta jiwa, akan tetapi Negara di Timur Tengah ini dapat menjadi negara terkaya di dunia dengan PDB atas dasar paritas daya beli (PPP) mencapai 132.886 USD.

Qatar masuk menjadi negara terkaya di dunia karena sumber utama kekayaannya berasal dari cadangan minyak, gas, dan petrokimia yang sangat besar. Komoditas ini sangat penting untuk berbagai negara, sehingga sangat mempengaruhi ekspor pada negara tersebut.

Qatar juga menjadi salah satu negara yang terdampak karena pandemi virus corona. Akan tetapi, ekonomi negara tersebut tetap stabil. Terlebih, perekonomian diproyeksikan akan terus tumbuh dalam jangka menengah dari sektor peningkatan produksi gas dan investasi menjelang Piala Dunia 2022, yang mana Qatar merupakan tuan rumahnya.

Luksemburg

Luksemburg menempati posisi kedua dalam daftar negara terkaya di dunia. Negara ini adalah negara kecil di Eropa yang memiliki populasi hanya 600 ribu jiwa.

Kekayaan negara ini sebagian besar dimanfaatkan untuk sektor perumahan, perawatan kesehatan, dan pendidikan untuk warga negaranya. Selain itu, Luksemburg memiliki standar hidup tertinggi di zona Eropa.

Meskipun begitu, Luksemburg merupakan salah satu negara yang juga terdampak akibat covid-19. Hal ini menyebabkan beberapa sektor bisnis tutup dan para pekerja kehilangan pekerjaannya.

Namun, sebuah layanan statistik pemerintah nasional (STATEC), telah memperkirakan resesi pada negara ini akan berlangsung secepat mungkin. Pada tahun 2021, PDB negara tersebut diperkirakan akan pulih sebesar 7 persen dari -6 persen tahun ini.

Singapura

Siapa sangka, bahwa negara yang merupakan bagian dari Asia Tenggara sekaligus merupakan tetangga negara Indonesia ini menempati peringkat ketiga? Padahal, negara ini terbilang minim akan sumber daya alamnya.

Kebangkitan dan kemakmuran Singapura berkat kerja keras dan kerja cerdas di negaranya, bahkan Singapura menjadi negara yang terkenal ramah bisnis di dunia. Selain itu, Singapura juga dikenal memiliki surga fiskal yang makmur dan juga dividen bebas pajak.

Singapura juga merupakan negara yang berkembang pesat dari sektor pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan. Hal tersebut membuat negara tersebut dikenal sebagai negara pengimpor barang terbesar. Singapura memoles produk impor tersebut untuk kemudian diekspor kembali.

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam menempati posisi keempat sebagai negara terkaya di dunia, sekaligus menemani Singapura sebagai negara Asia Tenggara yang masuk ke dalam top 5 negara terkaya di dunia.

Sumber utama kekayaan negara Brunei Darussalam berasal dari cadangan minyak, gas alam, serta investasi ke luar negeri yang dilakukan negara ini. Kekayaan negara ini diperkirakan mencapai 28 miliar USD atau setara dengan 392 triliun Rupiah.

Negara ini merupakan negara kesultanan yang dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah. Sultan Bolkiah pun memiliki kekayaan yang luar biasa. Ia tinggal di dalam istana besar yang memiliki ribuan kamar disertai lift, masjid yang dapat menampung jamaah hingga mencapai 1.500 orang, hingga ratusan kandang kuda ber-AC.

Irlandia

Irlandia menempati posisi kelima sebagai negara terkaya di dunia. Negara bagian Eropa ini merupakan negara kecil yang hanya memiliki jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa. Irlandia memiliki PDB-PPP sebesar 83.399 USD atau setara dengan Rp 1,1 miliar

Irlandia juga dikenal sebagai negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang tak terbendung. Padahal, seluruh Eropa sedang menghadapi ketidakpastian seperti Brexit, ketegangan perdagangan dengan AS, krisis pengungsi dan migran.

Namun, di antara semua ketegangan tersebut, ekonomi Irlandia tetap saja terus meningkat. Selain itu, Irlandia merupakan negara yang disebut sebagai salah satu surga pajak perusahaan terbesar di dunia.

Dari paparan di atas, pasti kamu bertanya-tanya ada di urutan berapakah Indonesia? Tenang saja, Indonesia masuk 100 besar loh! 

Dengan PDB-PPP sebesar 13.998 USD atau setara dengan Rp 195 juta, membuat Indonesia saat ini berada di peringkat 98 pada daftar negara terkaya di dunia. Apa pendapat kamu tentang hal ini? Yuk tulis di kolom komentar!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

twelve + 15 =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.