TraderHUB > Entertainment > Food & Beverage > 5 Makanan Khas Bali yang Harus Dicoba

5 Makanan Khas Bali yang Harus Dicoba

Posted by: Novi R
Category: Food & Beverage

Siapa yang tidak suka ke Bali? Salah satu destinasi wisata dengan suguhan pantai dan nuansa hindu yang sangat kental membuat Bali memiliki daya tarik tersendiri. Jika kamu suka dengan keramaian dan ingin mengeksplor Bali, pastikan kamu tidak datang ke sana bertepatan dengan Nyepi ya! Pada saat Nyepi, semua area di Bali akan ditutup dan dijaga oleh pecalang/polisi adat.

Tidak lengkap rasanya kalau pergi ke Bali tanpa mencicipi kuliner khasnya. Apa saja makanannya? 

Lawar

Lawar oleh Masakan Dapur

Jika kamu merasa adventurous, kamu bisa mencoba Lawar karena makanan ini mengandung darah hewan setengah matang. Fungsi darah ini untuk menambah kelezatan makanan. Biasanya lawar terbuat dari nangka muda, parutan kelapa, terasi, dan aneka daging seperti penyu atau babi. Rasa dari masakan ini cukup unik karena terasa gurih, manis dan agak amis. Biasanya makanan ini disajikan di hari spesial seperti pengangkatan gubernur. Jika kamu tidak tahan dengan aroma amis darah, kamu bisa pesan lawar putih karena tidak menggunakan darah sama sekali.  

Sate Lilit dan Sambal Matah

Sate Lilit by Pencar Seafood

Bali memiliki kuliner Sate yang berbeda dari daerah lain yaitu sate lilit. Sate ini terbuat dari daging ikan seperti ikan tuna, ikan kakap atau ikan tenggiri. Daging ikan ini kemudian dihaluskan, dibumbui dengan aneka rempah-rempah dan kelapa parut. Kemudian, adonan daging ini di lilitkan ke batang serai, dipanggang sampai matang. Saat sudah matang, disajikan dengan sambal matah yang terbuat dari irisan halus bawang merah, cabai, serai, dan minyak goreng panas. Rasanya enak banget dan dijamin akan membuat kamu ketagihan. Jika ingin mencoba, kamu bisa datang berkunjung ke Warung Be Pasih di renon, Denpasar. 

Bebek Betutu

Bebek betutu by GWK Cultural Park

Bagi penggemar makanan bebek, kamu bisa coba bebek betutu. Cara memasak bebek ini tergolong unik karena bebek harus ditimbun dalam bara sekam padi selama 12 hingga 24 jam dengan pelepah pinang. Hasilnya, bebek yang empuk, bumbu meresap, dan beraroma yang khas. Karena pembuatannya yang cukup lama, bebek betutu biasanya digunakan untuk upacara-upacara keagamaan dan acara spesial lainnya. Namun, kita bisa juga mencicipi bebek betutu jika berkunjung ke Bebek Bengil di Jl. Hanoman, Ubud

Babi Guling

Babi Guling by Kim Gustafson

Salah satu makanan khas Bali yang terkenal adalah Babi guling (suckling pig). Makanan ini harus kamu coba. Biasanya babi guling dimasak secara utuh kemudian dibakar dengan api yang kecil dan cukup lama. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi putih, urap-urap, sosis babi, jeroan, lawar, dan krupuk babi. Salah satu yang paling terkenal adalah Warung Babi guling Bu Oka yang berada di Ubud. Warung ini juga pernah diulas langsung oleh Anthony Bourdain lho. Jadi kamu harus coba.

Nasi Campur

Nasi campur by Miel Photopgraphy

Nas Campur Bali tentu berbeda dari nasi campur warung Tegal. Nasi Campur Bali biasanya  terdiri dari nasi putih, lawar, sambal matah, kacang tanah goreng, sate lilit, dan ayam betutu. Biasanya nasi campur dinikmati mulai dari pagi sampai malam, jadi kamu bisa coba kapan saja. Kalau kamu berada di pantai Jimbaran, kamu bisa coba nasi campur Bali Sukreni. Kamu bahkan bisa coba level kepedasan lho.

Author: Novi R

Leave a Reply

one × four =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.