TraderHUB

Bagaimana Trader Profesional Berpikir tentang Trading?

Share This Post

Kesuksesan trading bisa tampak seperti sedikit ‘misteri’, bahkan jika Anda telah trading selama bertahun-tahun. Seorang trader profesional sudah sangat paham mengendalikan diri melalui cara berpikir yang telah terlatih. Bagaimana trader profesional berpikir tentang trading? Yuk simak!

Trader Profesional Mengendalikan Diri, Bukan Pasar

Seorang trader profesional membiarkan pasar datang kepadanya, dia tidak mengejar trading atau mencoba memaksakan sesuatu. Jika terdapat peluang yang memenuhi kriterianya, dia akan mengambilnya. Tetapi jika tidak ada, maka dia sama sekali tidak trading.

Seorang trader profesional tahu persis apa yang mereka cari di pasar karena mereka telah belajar dan menguasai strategi trading yang efektif. Mereka antisipatif bukan reaktif. Artinya, mereka tahu bahwa trading adalah permainan antisipasi, bukan reaksi.

Trader profesional memahami bahwa pasar hanya akan memberi mereka sejumlah peluang dengan probabilitas tinggi tertentu per bulan, jadi tugas mereka adalah memindai grafik setiap hari, seobjektif mungkin. Dengan menjadi ahli strategi trading Anda, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengantisipasi dan merencanakan trading seperti seorang profesional.

Emosi Adalah Musuh Kesuksesan

Trader profesional memahami bahwa menjadi terlalu emosional tentang trading adalah resep cepat untuk bencana. Sudah menjadi sifat manusia untuk mengalami perubahan dramatis dalam rasa sakit dan kesenangan emosional ketika uang hasil jerih payah kita dipertaruhkan.

Jadi, trader profesional tahu bahwa mereka harus berusaha untuk mengekang efek emosi. Jika tidak, mereka akan kehilangan banyak uang. Senjata paling efektif untuk menjaga emosi Anda adalah dengan mengetahui toleransi risiko Anda, dan tidak pernah melebihinya.

Hanya ANDA yang dapat menentukan berapa banyak uang yang Anda rasa nyaman dengan potensi kerugian per posisi, jadi Anda perlu mencari tahu berapa jumlah ini, dan menaatinya. Anda seharusnya tidak merasakan banyak emosi apakah Anda menang atau kalah dalam trading. Satu-satunya cara untuk benar-benar memastikan Anda seperti itu adalah dengan mengelola risiko per-posisi dengan benar.

Atur dan Lupakan

Tidak ada yang tahu ‘pasti’ apa yang akan dilakukan pasar selanjutnya. Kita dapat membuat tebakan berdasarkan pengalaman, tetapi kita tidak pernah tahu ‘pasti’ apa yang akan terjadi selanjutnya. Seorang trader profesional mengetahui hal ini, dan mereka secara teratur memikirkannya.

Trader profesional membiarkan trading mereka berjalan tanpa gangguan. Mereka tahu bahwa pasar akan melakukan banyak hal; berayun-ayun, berputar-putar, melonjak lebih tinggi / lebih rendah, dll. Sebagian besar trader profesional mengadopsi mentalitas trading ‘atur dan lupakan’ dan hanya membiarkan pasar melakukannya atau membiarkan trading berjalan dengan sendirinya.

Ini adalah pola pikir, ini bukan ‘mekanis’, Anda hanya perlu memahami bahwa jika Anda membiarkan trading terbuka bermain dengan pikiran dan emosi Anda, dan keluar sebelum stop loss atau target tercapai, itu akan berdampak buruk pada keuntungan jangka panjang / kepercayaan trading Anda secara keseluruhan.

Pola Pikir Trading Menentukan Kebiasaan Trading

Cara Anda berpikir tentang trading akhirnya berkembang menjadi kebiasaan trading Anda. Jika Anda berpikir Anda dapat ‘menghindari’ kerugian, Anda akan mengembangkan kebiasaan untuk tidak trading dengan stop loss, memindahkan stop loss lebih jauh, menambah kerugian trading, dll.

Jika Anda berpikir pasar adalah mesin ATM, Anda akan memanfaatkan akun Anda secara berlebihan dan dengan cepat menghancurkannya. Seorang trader profesional memiliki rasa hormat terhadap pasar. Mereka paham bahwa mereka tidak tahu segalanya dan mereka berpikir jauh lebih banyak tentang risiko daripada tentang hasil.

Mereka berpikir tentang trading dalam hal mengantisipasi pengaturan yang jelas, dan merencanakan apa yang akan mereka lakukan sebelum melakukannya. Berpikir seperti ini mempengaruhi kebiasaan trading yang tepat, yang pada akhirnya mengarah pada keputusan trading yang menguntungkan.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai bagaimana trader profesional berpikir tentang trading. Artikel di atas mungkin dapat bermanfaat untuk Anda meningkatkan cara berpikir agar tidak terjebak dalam hal-hal yang tidak perlu.

Bagi Anda yang masih kesulitan mengatasi masalah trading, jangan ragu untuk menghubungi mentor profesional TraderHUB. Para mentor profesional kami selalu siap memberikan bimbingan dan edukasi dengan sepenuh hati. Yuk gabung bersama kami dengan klik di sini.

More To Explore