Beberapa Fakta Price Action yang Perlu Anda Ketahui!

Mungkin Anda menganggap bahwa price action adalah ‘omong kosong’. Untuk itu, agar Anda tidak tersesat, yuk ketahui fakta price action ini!

Kondisi pasar berubah dari waktu ke waktu. Tidak ada hari trading yang persis sama dengan hari sebelumnya. Ketika Anda menggunakan price action, mungkin terkadang Anda menemukan analis price action Anda tidak bekerja. Kemudian, Anda menganggap bahwa price action adalah ‘omong kosong’. Untuk itu, agar Anda tidak tersesat, yuk ketahui fakta price action di bawah ini!

Price Action Bukanlah ‘Sistem’

Satu hal yang harus Anda ingat, price action bukanlah ‘sistem’ trading. Sistem berbasis indikator jauh lebih fleksibel dan bebas daripada price action. Jadi, mungkin sulit bagi trader price action pemula untuk terbiasa dengan ‘kebebasan’ baru yang terkandung dalam price action.

Jadi, Anda tidak dapat secara membabi buta mengambil setiap sinyal price action yang Anda lihat di grafik. Anda perlu menerapkan kebijaksanaan dan selektif, dengan hanya memilih beberapa sinyal paling potensial per minggu atau per bulan, tergantung pada kondisi pasar.

Potensi Keakuratan Besar

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan para trader adalah tentang apakah price action akan “berhenti bekerja” atau “ada yang salah dengan price action akhir-akhir ini”. Anda harus tahu, meskipun price action memiliki potensi keakuratan yang besar, bukan berarti bahwa setiap trading akan 100% berhasil.

Bahkan, beberapa trader yang sangat sukses mungkin masih mengalami kerugian dari beberapa posisi trading price action mereka. Namun, karena skenario risk & return yang tepat dan pemahaman yang halus tentang kapan harus trading dan kapan tidak trading, mereka masih bisa menghasilkan banyak uang.

Carilah petunjuk price action yang memiliki probabilitas tinggi. Volatilitas harga memang berfluktuasi dari waktu ke waktu, tetapi kita cenderung melihat pola dan pergerakan yang sama berulang dari waktu ke waktu di pasar. Ini berarti, kita dapat belajar mengidentifikasi dan menafsirkan pola dan pergerakan ini dengan mempelajari price action.

Bukan Sekadar ‘Bar’

Banyak trader price action pemula terjebak dalam membaca pola-pola candle. Trading price action lebih dari sekadar ‘bar’, Anda harus belajar ‘merasakan’ emosi kolektif para pelaku pasar. Dengan kata lain, Anda harus belajar menafsirkan kondisi pasar secara keseluruhan dan belajar memperdagangkan sinyal price action dalam konteks struktur pasar yang mendasarinya.

Mengambil ‘gambaran yang lebih besar’ tentang apa yang dilakukan pasar akan membantu Anda merumuskan rencana. Untuk itu, fokuslah pada kerangka waktu yang lebih tinggi, terutama kerangka waktu harian. Jika Anda duduk di sana dengan fokus pada grafik 5 menit atau 15 menit, Anda akan kehilangan gambaran pasar yang lebih besar.

Trading Akan Menguji Ketabahan Anda

Jika Anda berhasil menjadi trader yang secara konsisten menguntungkan, Anda tidak hanya akan memiliki kebebasan finansial, tetapi juga akan menjadi individu yang sangat disiplin dan tangguh secara mental. Bahkan bisa dikatakan bahwa menjadi trader yang sukses akan mengubah Anda menjadi versi diri Anda yang lebih baik. Ketabahan yang dibutuhkan trading sangat kuat.

Trader terbaik di dunia juga mengalami kerugian, tetapi apakah menurut Anda mereka membiarkannya mempengaruhi emosi dan pola pikir trading mereka? TIDAK, tentu saja tidak, dan itulah ciri khas yang membedakan mereka dari banyak trader lain.

Anda akan memiliki serangkaian posisi yang menang dan yang kalah, jadi jika Anda terlalu fokus pada yang kalah, Anda akan terjebak ke dalam siklus negatif dan kebiasaan trading yang buruk. Keberhasilan trading adalah akibat langsung dari berpegang teguh pada rencana, dan tetap positif/optimis dalam menghadapi kerugian trading.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai price action yang dapat memberikan Anda gambaran lebih besar tentang price action itu sendiri. Pada dasarnya, tidak ada strategi yang benar-benar sempurna 100 persen. Oleh karena itu, terus asah kemampuan Anda agar potensi keakuratan semakin besar!

Bagi Anda yang masih kesulitan mengatasi masalah trading, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan profesional Mentari Mulia. Para profesional kami selalu siap memberikan bimbingan dan edukasi dengan sepenuh hati.

Selain itu, terdapat juga rekomendasi sinyal trading harian dari para analis internasional, yang dapat Anda manfaatkan. Untuk itu, yuk gabung bersama kami dan tentukan jalan kesuksesan Anda sekarang! Untuk gabung, silakan klik di sini.

Share the Post:

Related Posts

Join Our Newsletter