Pelajaran Terbaik yang Dapat Membuat Trading Sukses

Trading bisa menjadi profesi menipu jika Anda tidak belajar. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang dapat membuat trading sukses.

Trading bisa menjadi profesi yang sangat menipu jika Anda tidak meluangkan waktu untuk belajar. Untuk belajar trading, banyak sekali bahan-bahan edukasi yang dapat kita temukan di internet, buku, atau pun mentor. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang mungkin dapat membuat trading sukses. Yuk simak!

1. Jadilah Trader yang Berpikiran Defensif

Kutipan terkenal dari Warren Buffet tentang kehilangan uang kira-kira seperti ini:

“Aturan 1: Jangan pernah kehilangan uang. Aturan 2: jangan pernah lupakan aturan nomor satu”.

Trader pemula sering kali mendekati pasar dari pola pikir yang salah. Mereka hanya berusaha menghasilkan uang secepat mungkin. Padahal seharusnya, mereka harus berusaha melindungi uang mereka sekuat mungkin.

Anda benar-benar tidak dapat beroperasi di kedua kondisi mental secara bersamaan. Anda harus memilih di antara keduanya, dan jika Anda tidak memilih untuk melindungi uang Anda sekuat mungkin, Anda mungkin akan kehilangannya.

Cara Anda mencapai kesuksesan trading jangka panjang yang konsisten adalah dengan bersikap defensif dalam pendekatan Anda. Artinya, Anda hanya trading ketika kondisi pasar tepat, ketika semua kriteria rencana trading Anda telah terpenuhi. Bekerja untuk mempertahankan modal trading Anda pada dasarnya adalah bagaimana Anda berperilaku defensif di pasar.

2. Menonton Grafik & Memantau Trading Akan Merugikan

Sering kali dalam hidup, semakin kita mencampuri sesuatu, semakin buruk jadinya. Jika Anda sedang berdebat dengan orang penting dan Anda terus mengemukakan argumen dan mengulanginya, apakah itu akan lebih baik daripada hanya mengabaikannya dan melanjutkan?

Tidak, tentu saja tidak. Keterlibatan berlebihan adalah hal yang negatif. Ketika kita terlalu terlibat dengan trading kita, biasanya itu adalah hal yang sangat buruk. Berapa kali Anda terus memeriksa trading, dan akhirnya menambah posisi, menutupnya terlalu cepat atau melakukan sesuatu yang seharunya tidak akan Anda lakukan?

Cara termudah untuk menghindari perangkap over-watching dan over-thinking dalam trading adalah dengan “tetapkan dan lupakan”. Semakin sedikit keterlibatan Anda dengan trading Anda, semakin baik yang akan Anda lakukan. Ikuti rencana trading Anda dan biarkan rencana itu bermain. Biarkan keunggulan trading Anda bermain tanpa gangguan.

3. Hasil Trading Terakhir Seharusnya Tak Mempengaruhi Trading Berikutnya

Hasil dari trading terakhir Anda seharusnya tidak berpengaruh pada trading Anda berikutnya. Dengan kata lain, Anda tidak boleh membiarkan trading terakhir Anda memengaruhi trading Anda berikutnya. Setiap trading yang Anda lakukan berbeda dan unik dari yang sebelumnya.

Secara harfiah tidak ada dua sinyal trading yang persis sama. Bahkan jika mereka terlihat sama, konteks pasar di sekitarnya akan berbeda. Ini penting untuk dipahami karena trader sering membuat asumsi tentang trading berikutnya berdasarkan trading terakhir atau trading sebelumnya.

Hasil dari setiap keunggulan/strategi trading didistribusikan secara acak. Artinya, jika Anda melakukan 100 trading dalam setahun dan Anda mengalami 50 menang dan 50 kalah, pola menang dan kalah itu benar-benar acak.

Anda bisa mendapatkan 10 kekalahan berturut-turut, diikuti oleh 2 kemenangan, diikuti oleh 10 kekalahan lagi, kemudian diikuti oleh 20 kemenangan lagi. Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda akan menangani distribusi kemenangan dan kekalahan yang begitu acak?

Jika Anda seperti kebanyakan trader, Anda akan membiarkannya mempengaruhi Anda dengan sangat negatif. Bisakah Anda menangani 2 kerugian berturut-turut? 5? Bagaimana dengan 10? Kebanyakan orang tidak bisa dan itulah sebabnya kebanyakan orang gagal.

Nah, itulah sekilas pelajaran terbaik yang mungkin dapat membuat trading Anda berjalan sukses. Pada dasarnya, untuk mencapai kesuksesan trading itu tidak instan, melainkan butuh proses. Yuk terus semangat!

Bagi Anda yang masih kesulitan mengatasi masalah trading, jangan ragu untuk menghubungi mentor profesional TraderHUB. Para profesional kami selalu siap memberikan bimbingan dan edukasi dengan sepenuh hati. Selain itu, juga terdapat rekomendasi sinyal trading dari analis profesional di setiap harinya. Untuk itu, segera gabung bersama kami sekarang dengan klik di sini.

Share the Post:

Related Posts

Join Our Newsletter