3 Ketakutan Trading dalam Buku Trading in The Zone

Berdasarkan buku “Trading in The Zone” karya Mark Douglas, terdapat 3 ketakutan trading yang perlu diatasi trader. Apa saja?

Berdasarkan buku “Trading in The Zone” karya Mark Douglas, yang merupakan seorang trader senior sekaligus psikolog trading, terdapat 3 ketakutan trading yang perlu diatasi oleh trader ketika trading.  Apa saja ketakutan trading menurut Mark Douglas ini? Yuk simak!

Takut salah

Menurut Mark Douglas, sikap takut salah dalam trading tanpa disadari sudah melekat pada seorang trader. Sangat manusiawi jika seorang trader memiliki sikap takut salah. Namun, hal yang terpenting adalah bagaimana caranya untuk mengenali sikap ini dan mengantisipasinya.

Umumnya, trader yang memiliki rasa takut salah adalah mereka yang kurang percaya diri dengan kemampuannya, sehingga ia menilai bahwa strategi yang orang lain lakukan lebih baik dengan strategi yang ia jalankan.

Sifat ini hanya akan mengakibatkan seorang trader menjadi tidak punya pendirian. Ia selalu berganti-ganti strategi hanya karena mendengar strategi tersebut sukses dijalankan oleh orang lain. Padahal, strategi yang sukses dilakukan oleh orang lain, belum tentu juga sukses jika dirinya yang melakukannya.

Kurangnya rasa percaya diri dan takut salah hanya akan membuat trader tidak mengetahui perkembangan dalam dirinya. Sebaiknya hindari terlalu sibuk untuk menilai pencapaian orang lain. Hal terpenting adalah bagaimana caranya kita mencapai itu dengan cara kita sendiri.

Untuk menghindari rasa takut salah ini, trader sebaiknya mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Pilihlah strategi trading yang benar-benar nyaman dan cocok sesuai gaya trading masing-masing. Jika sudah merasa cocok dengan strategi trading tersebut, cobalah untuk mempelajarinya secara lebih mendalam. Dengan begitu, rasa percaya diri dalam trading akan tumbuh dengan sendirinya karena dibumbui oleh kompetensi yang dimiliki.

Takut Kehilangan Momen

Rasa takut selanjutnya menurut Mark Douglas adalah rasa takut kehilangan momen. Rasa takut kehilangan momen ini juga umum ditemukan di kalangan trader, tak mengenal trader pemula atau trader profesional.

Umumnya sifat pasar yang volatil yang menyebabkan rasa takut ini muncul. Beberapa trader yang takut kehilangan momen biasanya selalu terburu-buru untuk segera masuk ke pasar tanpa pertimbangan yang matang. Padahal, terdapat beribu peluang dalam pasar yang bisa ditemukan. Tak perlu khawatir untuk kehilangan momen karena pasti akan ada momen-momen berikutnya.

Untuk mengantisipasi rasa takut ini, seorang trader sebaiknya trader selalu update berita-berita fundamental, sehingga trader bisa mempersiapkan diri dengan matang dan mengetahui kepastian kapan momen tersebut akan datang.

Takut Loss

Rasa takut loss dalam trading juga merupakan rasa takut yang familiar dan umum dialami oleh para trader, baik trader pemula maupun trader profesional. Namun, menurut Mark Douglas rasa takut ini hanya akan menyebabkan bencana.

Para trader seharusnya sudah mengetahui risiko dalam trading dan seharusnya rasa takut ini tak akan muncul. Namun, tetap saja naluri manusia yang takut kehilangan akan tetap ada, walaupun beberapa trader sudah bisa mengatasinya.

Umumnya rasa takut ini ditandai dengan trader yang sering menutup posisi tradingnya dalam keadaan loss tanpa pertimbangan yang matang hanya karena takut kerugiannya menjadi lebih besar. Padahal, tren bisa saja memiliki peluang untuk berbalik arah.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi ini seorang trader harus mampu membaca tren, sehingga ia bisa mengetahui tanda-tanda pelemahan tren dan bisa segera menutup posisi berdasarkan perhitungan yang matang.

Bagaimana Cara Mengatasi Ketakutan Ini?

Rasa takut dalam trading memang merupakan suatu hal yang manusiawi, akan tetapi seorang trader tidak bisa terus-terusan mengalah kepada rasa takutnya ini. Rasa takut ini jika dibiarkan akan membuat diri trader tidak mengalami perkembangan.

Untuk mengatasinya, trader dapat melakukan evaluasi terhadap apa yang dirinya takutkan. Selain itu, kunci mengatasi ketakutan ini adalah dengan mempelajari ilmu-ilmu trading secara lebih mendalam. Dengan begitu, seorang trader akan lebih percaya diri karena memiliki ilmu trading yang mumpuni.

Jika Anda sangat sulit mengatasi ketakutan ini, tak perlu khawatir! Segera konsultasikan kepada para profesional TraderHUB. Para profesional kami akan selalu siap memberikan bimbingan dan edukasi. Selain itu, jika Anda bergabung dan berinvestasi bersama kami, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan sinyal harian dari para analis internasional.

Dengan kata lain, ketakutan trading Anda sedikit demi sedikit akan hilang karena sinyal-sinyal dari analis kami sudah teruji selama puluhan tahun. Untuk itu, tunggu apalagi? Segera berinvestasi bersama kami dan tentukan jalan kesuksesan Anda sekarang! Untuk buka akun, silakan klik di sini.

Share the Post:

Related Posts

Join Our Newsletter