fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > 4 Rekomendasi Buku Investasi Derivatives

4 Rekomendasi Buku Investasi Derivatives

Posted by: Novi R
Category: Business Insight, Lifestyle

Investasi derivatif merupakan salah satu instrumen yang masih asing dalam dunia investasi Indonesia. Kurangnya pemahaman pada masyarakat membuat perkembangan investasi ini tidak sepesat investasi lainnya. 

Padahal, jika seseorang memutuskan untuk hedging (lindung nilai) di saat pandemi, maka kemungkinan besar akan membantu para investor untuk mengelola volatilitas kekayaan mereka.

Jika kamu ingin mempelajari tentang derivatif, kamu dapat belajar dari sumber terpercaya seperti buku-buku berkualitas. Sayangnya belum banyak buku investasi yang membahas derivatif dalam bahasa Indonesia. 

Oleh karena itu, pada artikel ini Traderhub akan memberikan buku rekomendasi berbahasa Inggris. Listing rekomendasi buku ini dipilih dengan sangat hati-hati agar kamu tidak salah mendapatkan sumber pengetahuan derivatif. Yuk simak!

Derivatives The Wild Beast of Finance oleh Alfred Steinherr

Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1998. Buku ini menggambarkan tentang pasar derivatif dan dampaknya pada pasar global dan beberapa proyeksi yang disampaikan benar-benar terjadi dalam beberapa tahun. 

Derivatives The Wild Beast of Finance memberikan dasar-dasar konsep dan pemahaman investasi derivatif. Poin utama dalam buku ini adalah risiko manajemen investasi derivatif jika dibandingkan dengan investasi lainnya. Selain itu, buku ini juga menjelaskan risiko manajemen dalam skala global yang mampu mengubah perspektif investasi dunia.

Alfred Steiherr adalah ekonom dari Jerman yang menerima gelar doktor dari Universitas Cornell. Dari 1973 hingga 1998 ia memegang berbagai posisi di Université catholique de Louvain. Alfred juga mengepalai departemen ekonomi di Institut Jerman untuk Riset Ekonomi di Berlin.

Options, Futures, and other Derivatives oleh John C. Hull

Buku ini merupakan salah satu buku penting yang paling banyak dibaca oleh para trader maupun mahasiswa finansial di Amerika sebagai panduan awal investasi derivatif. Pada sesi introduction, kita akan diajak untuk memahami dasar-dasar trading derivatif dan analisisnya.

Jika kamu ingin memahami investasi derivatif beserta turunannya dengan kemampuan matematika yang terbatas, kamu bisa menjadikan buku ini sebagai pilihan. Penggunaan rumus-rumus sederhana dapat membantu kamu untuk menghitung dan menganalisa kondisi market yang sedang berjalan.

John C. Hull merupakan professor derivatives and manajemen risiko di Rotman School of Management at the University of Toronto. Beliau juga masih aktif mengajar dan memberikan workshop sampai sekarang.

All about Derivatives oleh Michael Durbin

Seperti judulnya, buku ini memberikan banyak pengetahuan tentang investasi derivatif mulai dari produk-produk derivatif, teknik trading derivatif, hingga strategi yang biasa digunakan oleh hedge fund manager. Walaupun teknik hedging yang diberikan hanya sepintas saja sebagai contoh.

Salah satu keunggulan buku ini adalah menjelaskan sesuatu yang kompleks dengan bahasa yang ringan dan sederhana sehingga mudah dipahami oleh pemula.Penjelasan yang terstruktur dan runut juga akan memudahkan kita untuk memahami investasi derivatif. Selain itu, buku ini tidak terlalu banyak memakai rumus atau hitungan sehingga kamu akan lebih mudah mengingat penjelasannya tanpa memiliki background matematika yang kuat.

Michael Durbin bekerja sebagai konsultan teknologi keuangan membantu perusahaan mengembangkan sistem perdagangan derivatif dan ia juga mengajar kelas tentang derivatif di Duke University dan University of Chapel Hill. 

Derivatives Essentials oleh Aron Gottesman

Jika kamu ingin belajar derivatif secara  mandiri, kamu bisa membaca buku ini. Buku ini lebih cocok jika kamu memiliki background matematika yang kuat karena dalam buku ini akan memberikan banyak perhitungan dan turunan-turunan derivatif.

Selain itu, buku Derivatives Essentials ini akan membantu kamu untuk mengenali “behaviour” aset-aset derivatif dan memberikan beberapa studi kasus sehingga kita dapat memberikan kesimpulan apa yang terjadi di market dan keputusan-keputusan apa yang dapat kita ambil dengan kemungkinan-kemungkinan risikonya.

Aron Gottesman adalah seorang profesor di Lubin School of Business at Pace University, Manhattan. Dia mengajar sekuritas derivatif, manajemen aset, dan pasar keuangan. Dia mengadakan workshop tentang sekuritas derivatif untuk lembaga keuangan dan perusahaan.

Selain membaca buku, kamu juga dapat menambah ilmu dari webinar trading seperti True Market Trading Experience dari PT. Mentari Mulia Berjangka. Webinar ini gratis dan kamu bisa mendapatkan akun real standard yang siap untuk ditradingkan. Kamu bisa mendaftar di sini

Author: Novi R

Leave a Reply

sixteen + 12 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.