fbpx

COVID-19

TraderHUB > Entertainment > Corona > Yuk, Simak Tips Dalam Mengenakan Sarung Tangan Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

Yuk, Simak Tips Dalam Mengenakan Sarung Tangan Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

Posted by: Belinda Halim
Category: Corona, Lifestyle
Medical Gloves

Bagi banyak orang, sarung tangan menjadi sangat penting dalam membantu menghindari penularan virus korona. Sarung tangan menutupi tangan dan melindungi kita ketika menyentuh permukaan yang telah terkena virus. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menyatakan bahwa transmisi COVID-19 melalui tetesan pernapasan lebih umum daripada melalui kontak langsung. Pekerja non-kesehatan juga disarankan untuk memakai sarung tangan ketika pergi ke luar. Bagi Anda yang berencana mengenakan sarung tangan, berikut adalah beberapa tips mengenai penggunaannya selama pandemik ini:

Kenakan sarung tangan saat membersihkan

Sarung tangan dan sirkulasi udara yang tepat adalah dua elemen penting saat membersihkan rumah Anda. Terutama, permukaan rumah Anda yang biasanya disentuh seperti gagang pintu, sakelar lampu, gagang, meja, toilet, keran, wastafel, dan perangkat elektronik. Jika seseorang di rumah Anda terkena COVID-19, disarankan untuk menyiapkan sarung tangan dan disinfektan khusus untuk pembersihan.

Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah memakai sarung tangan

Jika Anda merasa tangan Anda bersih, penting untuk mengambil tindakan pencegahan dengan mencuci tangan Anda dengan sabun selama minimal 20 detik atau pembersih tangan berbahan dasar alkohol sebelum dan sesudah memakai sarung tangan untuk mencegah kontaminasi.

Credit Source: https://cdn02.indozone.id/re/content/2020/03/21/vWsY0R/t_5e75b4ebeab81.jpg?w=700&q=85

Kenakan sarung tangan saat merawat orang yang sakit

Sarung tangan diperlukan saat menangani cucian kotor seseorang yang terinfeksi COVID-19. Buang sarung tangan Anda sesudahnya dan cuci tangan Anda sampai bersih.

Cepat lepaskan sarung tangan Anda

Menurut CDC, salah satu cara yang tepat untuk melepas sarung tangan Anda untuk mencegah kontaminasi lebih lanjut adalah dengan menyelipkan jari-jari Anda ke dalam sarung tangan kedua dan membalikkannya ke dalam sambil perlahan-lahan melepaskannya dari tangan Anda. Penting untuk melakukan ini dengan hati-hati. Jika bagian luar sarung tangan tersentuh, segera cuci tangan Anda sampai bersih.

Credit Source: https://media.suara.com/pictures/480×260/2020/03/20/60922-ilustrasi-sarung-tangan-dan-masker-pixabay.jpg

Jangan pilih sarung tangan yang salah

Thomas Russo, kepala divisi penyakit menular di University of Buffalo, mengatakan di The Huffington Post bahwa sarung tangan karet seperti yang digunakan oleh staf medis lebih mudah dilepas dengan benar dibandingkan dengan yang lain. Russo berkata “Kalaupun Anda ingat untuk mendekontaminasi sarung tangan Anda, Anda mungkin tidak dapat melakukannya secara optimal”.

Jangan sentuh wajah Anda saat mengenakan sarung tangan

Debra Goff, spesialis penyakit menular di Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan bahwa sarung tangan bisa memberikan satu “rasa aman palsu”, terutama karena jejak virus pada permukaan akan menempel pada sarung tangan Anda, bukan pada tangan Anda. Karena itu, Anda berisiko terkontaminasi jika Anda menyentuh wajah Anda dengan sarung tangan.

Jangan lupakan tentang kebersihan pribadi Anda

Mempraktikkan kebersihan pribadi dan menjaga jarak fisik masih penting bahkan jika Anda mengenakan sarung tangan, karena sarung tangan saja tidak akan membuat Anda aman dari virus.

Author: Belinda Halim

Leave a Reply

16 − sixteen =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.