TraderHUB > Entertainment > Food & Beverage > Yuk Nostalgia dengan Toko Roti Jadul di Jakarta!

Yuk Nostalgia dengan Toko Roti Jadul di Jakarta!

Posted by: Novi R
Category: Food & Beverage

Perkembangan roti di Jakarta memang tidak pernah mati dan selalu up to date dengan trend yang ada di dunia. Mulai dari Japanese milkbun, sourdough, hingga Korean Garlic bread. Namun dari semua trend yang ada, banyak orang tetap setia dengan toko-toko roti jadul.

Kesetiaan pelanggan inilah yang terus membuat toko-toko ini bertahan dan melegenda di Jakarta. Selain rasa yang khas, banyak memori yang membuat pelanggan setia bahkan menurunkan ke generasi selanjutnya.

Melalui artikel ini, Traderhub akan memberikan daftar toko roti legendaris di Jakarta. Yuk menjelajah bersama!

Lauw Bakery

Toko roti ini telah berdiri sekitar tahun 1940-an. Toko Lauw Bakery berada di Jalan RS. Fatmawati No. 42, Cipete Utara, Jakarta Selatan. Namun kamu juga bisa menemukan gerobak-gerobak Lauw Bakery di sekitar Jakarta Selatan. 

Jenis roti yang bisa kamu coba yaitu donat dengan meses coklat. Tekstur roti donat mereka terasa berbeda karena lebih padat jika dibandingkan dengan donat-donat yang ada di mall. 

Salah satu menu yang harus dicoba di Lauw Bakery adalah roti gambangnya yang khas. Dengan aroma rempah, roti ini sangat cocok dinikmati bersama teh maupun kopi saat sore.. 

Mason Weiner

Untuk penggemar roti ala eropa, kamu bisa mencoba Maison Weiner di Jalan Kramat II, Senen, Jakarta Pusat. Bakery ini didirikan oleh Ny Gem atau Lee Liang Mey pada tahun 1932. Sekarang toko ini diteruskan ke cucu sang pendiri toko dengan mempertahankan resep keluarga.

Yang harus dicoba di Maison Weiner adalah ontbijtkoek yang legendaris dan yang sedang naik daun akhir-akhir ini adalah sourdough coklat. Untuk sourdough, adonan yang mereka gunakan telah disesuaikan dengan selera orang Indonesia, jadi tidak terlalu masam bahkan sedikit manis karena mereka menggunakan banyak potongan coklat di dalam roti.

Tan Ek Tjoan

Salah satu bakery tuan di Jakarta yang masih eksis adalah Tan Ek Tjoan. Toko ini beralamat di Jalan Cikini Raya No. 61, Menteng, Jakarta Pusat. Asal usul nama toko ini adalah nama yang sama dari pemilik toko. Ia merupakan keturunan tionghoa yang merintis usaha bakery. 

Tapi Tan Ek Tjoan ada juga di kawasan Jakarta, tepatnya di Roti yang paling populer di sini adalah roti gambang. Toko roti ini juga mirip dengan Maison Bakery yang memiliki penjual gerobak keliling.

Suisse Bakery

Untuk daerah Jakarta Barat, ada toko roti jadul yang melegenda, Suisse Bakery. Toko ini didirikan pada tahun 1978. Jika ingin berkunjung, kamu bisa ke Jalan Hayam Wuruk 114 Blok A No, 5-6, Taman Sari, Jakarta Barat.

Banyak sekali roti yang bisa kamu pilih di Suisse Bakery. Mulai dari roti manis, aneka tart, sampai roti asin seperti topping abon. Mereka juga menyediakan jajan pasar seperti risoles. Jika ingin mencoba risoles, kamu harus datang pagi-pagi ya, karena cepat habis.

Toko Roti Tegal

Salah satu toko roti jadul lainnya adalah Toko Roti Tegal di daerah Matraman, Jakarta Timur. Sejak tahun 1968, toko ini konsisten menyajikan berbagai roti jadul yang lebih soft dibandingkan toko roti lain.

Roti yang harus dibeli seperti cream horn dan roti cokelat. Yang menarik adalah toko ini memiliki banyak permen, biskuit, dan cokelat-cokelat jadul yang sering beredar di tahun 90-an. Dijamin, kamu akan betah bernostalgia di sini.

Jadi, apakah ada yang sudah pernah kamu coba? Tuliskan di kolom komentar ya!

Author: Novi R

Leave a Reply

6 + sixteen =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.