fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Yuk Mengenal Profil Joe Biden, Presiden AS!

Yuk Mengenal Profil Joe Biden, Presiden AS!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Pada pemilu Amerika Serikat yang digelar pada tahun 2020, masyarakat Amerika Serikat memilih Joe Biden sebagai presiden baru mereka.  Sebagai seorang trader, tentunya pemilihan presiden AS ini sangat penting diperhatikan karena AS merupakan negara adidaya dengan mata uang terkuat di dunia!. Seperti apa profil Joe Biden? Yuk simak artikel di bawah ini!

Profil Joe Biden

Joe Biden Yakin China Akan Bikin Kesepakatan dengan Taliban

Joe Biden memiliki nama lengkap Joseph Robinette Biden Jr. Ia lahir pada 20 November 1942. Sosoknya menyandang gelar sebagai presiden tertua AS. Pada saat terpilih Biden berusia 78 tahun. Kiprahnya di dunia politik AS telah cukup lama. 

Tentunya kita juga telah mendengar namanya sejak menjadi wakil presiden Barack Obama pada masa jabatan 2009-2017. Bahkan, pengalaman Joe Biden dalam dunia politik lebih jauh dari sebelum itu. Dulunya, ia merupakan salah satu senat termuda ketika menapaki dunia politik.

Biden telah menjadi anggota Senat Delaware sejak umur 29 tahun. Ia tergabung sebagai anggota Senate Foreign Relations Committee dan akhirnya menjadi ketua komite tersebut. Yang lebih hebat lagi, kepiawaiannya dalam dunia politik membuatnya terpilih sebagai senat Delaware sebanyak 6 kali dan menjadi senator paling senior keempat sebelum akhirnya mengundurkan diri di tahun 2008, karena menjalankan tugas baru sebagai wakil presiden Barack Obama.

Pandangan Politik Joe Biden

Sebagai anggota partai Demokrat, Biden mengaku bahwa pribadinya merupakan seorang  yang liberal, namun agak konservatif pada beberapa hal. Dirinya mendukung hak-hak dan kebebasan sipil, kesejahteraan lansia, serta perawatan kesehatan. Ia juga mengaku kurang menyetujui soal aborsi dan wajib militer.

Selama tahun-tahun awalnya di Senat, Biden berfokus pada perlindungan konsumen dan polemik seputar lingkungan. Selain itu, ia juga berhasil bernegosiasi dengan anggota Kongres dari Partai Republik untuk meloloskan berbagai undang-undang yang berhubungan dengan perekonomian. Bahkan, pada Januari 2017, Obama menganugerahi Biden Presidential Medal of Freedom dengan catatan istimewa.

Dari rekam jejaknya, Biden terkesan lebih lunak dalam hal penyaluran stimulus untuk kesejahteraan masyarakat luas. Namun, seperti yang kita tahu bahwa segala kebijakan yang dikeluarkan pasti ada yang memandang pro dan kontra apa pun alasan kebijakan tersebut.

Pada kampanyenya saat itu, Biden juga menyatakan bahwa penanganan COVID-19 akan menjadi fokus utamanya. Ia juga bertekad untuk menyatukan kembali AS dari berbagai macam gejolak internal maupun eksternal.  

Perbedaan Biden dan Trump

Para pelaku pasar tentunya menilai bahwa Biden lebih bersifat tenang dibandingkan dengan Trump yang sering “meledak-ledak”, sehingga diharapkan pemerintahan Biden akan lebih akomodatif dibandingkan dengan pemerintahan Trump sebelumnya.

Pelaku pasar tentunya dapat menilai bahwa Trump sangat “hobi” menyulut pertikaian dengan negara-negara lain (terutama China), sehingga perbuatannya ini selalu membuat pasar bergejolak. Tentunya ada beberapa trader yang menyukai perbuatannya yang berefek pada market tersebut dan juga ada yang tidak karena berbagai alasan.

Perbedaan Biden dan Trump yang sangat mencolok juga terdapat pada pandangan mereka soal industri minyak. Dalam sesi debat Oktober 2020 lalu, Biden menyatakan bahwa Industri minyak menghasilkan polusi signifikan dan harus digantikan dengan energi terbarukan.

Oleh karena itu, Biden telah berencana untuk mengeliminasi jejak karbon AS per 2050. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan kebijakan Trump yang secara agresif ingin menjadikan Amerika Serikat sebagai negara produsen minyak terbesar di dunia dan bersaing dengan China.

Baik Biden maupun Trump keduanya pasti memiliki nilai kelebihan dan kelemahannya tersendiri bagi para pelaku pasar. Keduanya sama-sama merupakan orang yang selalu diperhatikan ketika menjabat sebagai presiden, karena segala perbuatan dan ucapannya dapat berefek langsung pada pelemahan dan penguatan dolar AS.

Nah, itulah sekilas profit Joe Biden yang tentunya dapat membuat kamu lebih mengenal Presiden Baru AS ini. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar trading, jangan ragu untuk bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan para trader lainnya.

Selain itu, terdapat juga analis profesional dari berbagai negara yang selalu memberikan update berita pasar dan sinyal trading harian di setiap harinya. Untuk itu, yuk gabung bersama kami sekarang! Untuk gabung, silakan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

4 − 2 =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.