TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Yuk Kenali Karakteristik Pair USDCHF!

Yuk Kenali Karakteristik Pair USDCHF!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai karakteristik salah satu pair dalam forex, yaitu GBPUSD. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pair USDCHF yang mungkin dapat menambah pengetahuan kamu dan dapat mendukung strategi trading yang kamu gunakan.

Apa itu pair USDCHF? Bagaimana karakteristik pair USDCHF? Nah, bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai pair USDCHF, tenang saja! Di bawah ini akan dibahas mengenai karakteristik pair USDCHF. Yuk simak!

Mengenai Pair USDCHF

USDCHF merupakan singkatan untuk pair USD dan Confederatio Helvetica Franc atau yang lebih dikenal Swiss Franc. Swiss Franc adalah mata uang negara Swiss yang juga kerap dijuluki “Swissy”. Pair ini menempati posisi kelima paling banyak diperdagangkan di seluruh dunia setelah EURUSD, USDJPY, GBPUSD, dan AUDUSD.

Jika seorang trader melakukan buy USDCHF itu artinya trader tersebut membeli USD karena melihat potensi mata uang USD akan menguat. Sebaliknya, jika seorang trader melakukan sell USDCHF, artinya trader tersebut sedang membeli Swiss Franc karena melihat potensi mata uang Swiss franc akan menguat.

Karakteristik Pair USDCHF

Swiss Franc dikenal sebagai mata uang yang stabil. Hal tersebut dikarenakan negara Swiss dikenal dengan negara dengan kebijakan politik yang netral, sistem keuangan yang prudent, kebijakan pemerintahan yang konsisten, serta tingkat pengangguran yang rendah.

Selain itu, negara Swiss selalu mengutamakan perlindungan yang maksimal terhadap kerahasiaan para investor, sehingga faktor-faktor tersebut membuat para investor memilih Swiss Franc sebagai aset safe haven selain emas.

Ketidakpastian politik, ekonomi, atau permasalahan global akan menyebabkan para pelaku pasar akan mengalihkan investasinya ke Swiss Franc, sehingga Swiss Franc menjadi menguat. Sebaliknya, jika ketidakpastian politik, ekonomi, atau permasalahan global mulai mereda, maka Swiss Franc akan melemah.

Tingkat suku bunga negara Swiss yang rendah membuat pair USDCHF sering digunakan oleh trader untuk menjalankan strategi carry trade. Selain itu, pair USDCHF memiliki korelasi negatif dengan pair EURUSD, yang artinya apabila EURUSD menguat, maka USDCHF akan melemah. Sebaliknya, apabila EURUSD melemah, maka USDCHF akan menguat.

Beberapa Faktor yang Memengaruhi Pergerakan USDCHF

Pergerakan USDCHF sangat dipengaruhi oleh kondisi dua negara. Di bawah ini akan dijabarkan beberapa faktor yang dapat memengaruhi pergerakan USDCHF, antara lain:

  1. Ketegangan permasalahan global, terutama permasalahan yang berdampak buruk untuk Amerika Serikat. Dalam kondisi ini, para pelaku pasar akan mengalihkan investasinya pada Swiss Franc sebagai salah satu aset safe haven.
  2. Pengumuman tingkat suku bunga Amerika Serikat. Jika Amerika menaikkan suku bunga, maka USD akan menguat. Sebaliknya, bila menurunkan suku bunga, maka USD akan melemah.
  3. Data Non Farm Payrolls Amerika Serikat, yaitu merupakan data jumlah tenaga kerja baru di luar bidang kerja pertanian. Data ini dirilis setiap bulan di hari Jumat minggu pertama. Jika data yang dirilis lebih besar dari prediksi (forecast), umumnya USD akan mengalami kenaikan.
  4. SNB Monetary Policy Assessment atau SNB Statement, yaitu pengumuman tingkat suku bunga oleh The Swiss National Bank (SNB). Jika hasil rilis lebih baik dari prediksi, maka Swiss Franc akan menguat.
  5. LIBOR 3-month rate, yaitu tingkat suku bunga London 3 bulanan untuk deposito Swiss Franc. Jika hasil rilis lebih baik dari prediksi, maka Swiss Franc akan menguat.
  6. KoF Economic Barometer, atau Swiss KoF Leading Indicators, yaitu index komposit berdasarkan survei dari berbagai sektor, seperti sektor industri, retail dan distributor besar untuk memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 6 bulan ke depan. Jika hasil rilis lebih baik dari prediksi, maka Swiss Franc akan menguat.
  7. CPI m/m atau Consumer Price Index per bulan sebelumnya. CPI bulan lalu (dirilis tiap bulan) merupakan indikator awal laju inflasi dan digunakan bank sentral sebagai salah satu acuan dalam menentukan tingkat suku bunga. Jika hasil rilis lebih baik dari prediksi akan berdampak pada kemungkinan kenaikan tingkat suku bunga.
  8. Pidato dari para petinggi bank sentral kedua negara. Umumnya pidato-pidato dari petinggi bank sentral di kedua negara juga dapat berdampak pada nilai tukar USDCHF.

Nah, itulah pembahasan mengenai karakteristik dan faktor-faktor yang dapat memengaruhi pergerakan pair USDCHF yang mungkin dapat berguna untuk strategi trading yang kamu gunakan.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub kamu juga dapat berdiskusi dengan para trader lain.

Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis-analisis trading dari para analis profesional. Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung, yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

2 × one =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.