TraderHUB

Yuk Kenali Karakteristik Pair USDCHF!

Share This Post

Dalam trading forex, sangat penting untuk mengetahui karakteristik setiap pair atau pasangan mata uang. Tentunya setiap pair memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Memahami karakteristik tiap pair sangat berguna untuk dapat membantu memberikan gambaran pengambilan keputusan trading. Nah, di bawah ini akan dibahas mengenai karakteristik pair USDCHF. Bagaimana karakteristiknya? Yuk simak pembahasannya!

Mengenal Pair USDCHF

USDCHF merupakan singkatan untuk mata uang USD dan Confoederatio Helvetica Franc atau yang lebih dikenal Swiss Franc. Swiss Franc adalah mata uang negara Swiss yang juga kerap dijuluki “Swissy”. Pair ini menempati posisi kelima paling banyak diperdagangkan di seluruh dunia setelah EURUSD, USDJPY, GBPUSD, dan AUDUSD.

Jika seorang trader melakukan buy USDCHF itu artinya trader tersebut membeli USD dengan Swiss Franc karena melihat potensi mata uang USD akan menguat. Sebaliknya, jika seorang trader melakukan sell USDCHF, artinya trader tersebut sedang membeli Swiss Franc dengan USD karena melihat potensi mata uang Swiss franc akan menguat.

Karakteristik Pair USDCHF

Swiss Franc dikenal sebagai mata uang yang stabil. Hal tersebut dikarenakan negara Swiss dikenal dengan negara yang memiliki kebijakan politik netral, sistem keuangan yang prudent, kebijakan pemerintahan yang konsisten, serta tingkat pengangguran yang rendah.

Selain itu, negara Swiss selalu mengutamakan perlindungan yang maksimal terhadap kerahasiaan para investor, sehingga faktor-faktor tersebut membuat para investor memilih Swiss Franc sebagai aset safe haven selain emas.

Ketidakpastian politik, ekonomi, atau permasalahan global akan menyebabkan para pelaku pasar akan mengalihkan investasinya ke Swiss Franc, sehingga Swiss Franc menjadi menguat. Sebaliknya, jika ketidakpastian politik, ekonomi, atau permasalahan global mulai mereda, maka Swiss Franc akan melemah.

Tingkat suku bunga negara Swiss yang rendah membuat pair USDCHF sering digunakan oleh trader untuk menjalankan strategi carry trade. Selain itu, pair USDCHF memiliki korelasi negatif dengan pair EURUSD, yang artinya apabila EURUSD menguat, maka USDCHF akan melemah. Sebaliknya, apabila EURUSD melemah, maka USDCHF akan menguat.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi USDCHF

Pergerakan USDCHF sangat dipengaruhi oleh kondisi dua negara, yaitu Amerika dan Swiss. Di bawah ini akan dijabarkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pergerakan USDCHF, antara lain:

1. Ketegangan permasalahan global, terutama permasalahan yang berdampak buruk untuk Amerika Serikat. Dalam kondisi ini, para pelaku pasar akan mengalihkan investasinya pada Swiss Franc sebagai salah satu aset safe haven.

2. Pengumuman tingkat suku bunga Amerika Serikat. Jika Amerika menaikkan suku bunga, maka USD akan menguat. Sebaliknya, bila menurunkan suku bunga, maka USD akan melemah.

3. Data Non Farm Payrolls Amerika Serikat, yaitu merupakan data jumlah tenaga kerja baru di luar bidang kerja pertanian. Data ini dirilis setiap bulan di hari Jumat minggu pertama. Semakin tinggi data ketenagakerjaan dibandingkan bulan sebelumnya, maka menunjukkan pertumbuhan ekonomi negara Amerika sedang mengalami peningkatan, sehingga memberikan penguatan terhadap nilai USD.

4. SNB Monetary Policy Assessment atau SNB Statement, yaitu pengumuman tingkat suku bunga oleh The Swiss National Bank (SNB). Jika hasil rilis lebih baik dari prediksi, maka Swiss Franc akan menguat.

5. LIBOR 3-month rate, yaitu tingkat suku bunga London 3 bulanan untuk deposito Swiss Franc. Jika hasil rilis lebih baik dari prediksi, maka Swiss Franc akan menguat.

6. KoF Economic Barometer, atau Swiss KoF Leading Indicators, yaitu index komposit berdasarkan survei dari berbagai sektor, seperti sektor industri, retail dan distributor besar untuk memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 6 bulan ke depan. Jika hasil rilis lebih baik dari prediksi, maka Swiss Franc akan menguat.

7.   CPI m/m atau Consumer Price Index per bulan sebelumnya. CPI bulan lalu (dirilis tiap bulan) merupakan indikator awal laju inflasi dan digunakan bank sentral sebagai salah satu acuan dalam menentukan tingkat suku bunga.

8.   Pidato dari para petinggi bank sentral kedua negara. Umumnya pidato-pidato dari petinggi bank sentral di kedua negara juga dapat berdampak pada nilai tukar USDCHF.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai karakteristik pair USDCHF. Bagi Anda yang ingin mengetahui karakteristik pair ini secara lebih mendalam, jangan khawatir! Silakan hubungi para profesional TraderHUB. Para profesional kami siap memberikan edukasi atau bimbingan dengan sepenuh hati.

Tak hanya seputar karakteristik pair saja, Anda juga berkesempatan mendapatkan edukasi-edukasi lainnya yang dapat memberikan pengetahuan berharga kepada Anda mengenai trading. Menariknya, Anda juga berkesempatan mendapatkan sinyal pasar harian yang diberikan para analis internasional kami. Untuk itu, tunggu apalagi? Segera berinvestasi bersama kami sekarang dan raih kesuksesan Anda! Untuk buka akun, silakan klik di sini.

More To Explore