fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Yuk Belajar Analisis Sentimen Pasar!

Yuk Belajar Analisis Sentimen Pasar!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai analisis intermarket yang dapat mendukung analisis fundamental dan teknikal. Nah, tahukah kamu bahwa ada satu lagi analisis yang dapat membantu strategi kamu dalam trading? Analisis itu bernama analisis sentimen pasar.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai analisis sentimen pasar yang juga dapat kamu gunakan dalam trading untuk melengkapi teknik fundamental dan teknikal. Apa itu analisis sentimen pasar? Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan berikut ini!

Pengertian Analisis Sentimen Pasar

Analisis sentimen adalah salah satu analisis yang juga dapat memengaruhi nilai tukar suatu mata uang. Analisis sentimen adalah cara pandang seorang trader terhadap pasar.

Tentunya jumlah trader sangat banyak di seluruh dunia. Apabila secara akumulasi cara pandang para trader memiliki kekuatan yang sama, maka potensi perubahan harga pada market semakin besar.

Sentimen pasar secara tak langsung dapat dikatakan suatu kesepakatan bersama dari para trader, untuk mengantisipasi pergerakan harga dalam suatu kondisi tertentu.

Kesepakatan ini merupakan akumulasi dari berbagai faktor fundamental seperti rilis data ekonomi, berita global dan faktor-faktor teknikal.

Macam-macam Sentimen Pasar

Secara umum, sentimen pasar dibagi menjadi 4 jenis, antara lain:

Sentimen Bullish

Sentimen bullish adalah akumulasi cara pandang para trader lebih banyak positif /optimis terhadap pasar,  sehingga pasar juga akan memiliki potensi positif karena ramai melakukan pembelian dan mendorong harga menjadi naik.

Sentimen Bearish

Sentimen bearish adalah akumulasi cara pandang para trader lebih besar negatif/pesimis terhadap pasar, sehingga pasar pun akan memiliki potensi negatif karena ramai melakukan penjualan dan mendorong harga menjadi turun.

Minat Risiko Tinggi (High Risk Appetite)

High Risk Appetite atau minat risiko tinggi adalah akumulasi atau cara pandang para trader lebih banyak yang berani mengambil risiko dalam kondisi pasar yang kurang jelas. Mereka berani mengambil risiko dengan investasi di aset-aset yang memiliki risiko tinggi.

Minat Risiko Rendah (Low RIsk Appetite)

Low Risk Appetite atau minat risiko rendah adalah akumulasi atau cara pandang para trader lebih banyak yang menghindari risiko karena kondisi pasar yang kurang jelas. Cara pandang ini menyebabkan mereka mulai beralih ke aset-aset safe haven.

Cara Mengetahui Sentimen Pasar

Meskipun sentimen pasar merupakan cara pandang seseorang, bukan berarti sentimen pasar tidak bisa ditebak atau dianalisis. Kamu dapat melihatnya dari pergerakan grafik candlestick. Carilah informasi yang menyebabkan harga turun atau harga naik.

Sangat penting untuk selalu update berita-berita kebijakan dunia karena berita-berita ini sangat memengaruhi psikologis trader untuk mengambil keputusan trading.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan indikator teknikal seperti speculative sentiment index (SSI) yang paling populer di kalangan trader untuk membaca sentimen pasar.

Nah itulah pembahasan mengenai sentimen pasar. Dari keempat jenis sentimen di atas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya selain digerakkan oleh berita-berita yang memengaruhi harga, pasar juga dapat digerakkan karena sikap-sikap manusia.

Hal inilah yang menyebabkan pasar tidak selalu benar diprediksi dan tidak ada strategi yang selalu mengalami keuntungan 100 persen.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung di forum traderhub. Di forum traderhub kamu juga dapat belajar dan berdiskusi dengan para trader lain.

Selain itu, kamu juga dapat melihat analisis-analisis seputar trading dari para analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

twelve + 12 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.