TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Waspadai Bahaya Terlalu Lama dengan Akun Demo

Waspadai Bahaya Terlalu Lama dengan Akun Demo

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Kebanyakan trader pasti mengetahui tentang akun demo, yaitu sebuah akun yang memungkinkan trader untuk latihan trading dengan harga pasar secara real-time, tetapi tidak menggunakan uang sungguhan melainkan hanya uang virtual (fiktif).

Akun demo memiliki banyak manfaat, beberapa diantaranya berguna untuk mengasah skill trading untuk pemula, mengasah atau mencoba strategi trading, sarana untuk mencari kelemahan atau evaluasi strategi trading, dan masih banyak lagi manfaat lain.

Namun, tahukah kamu bahwa akun demo dapat memberikan bahaya jika terlalu lama digunakan untuk pemula? Mengapa bisa dikatakan bahaya? Penasaran? Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan di bawah ini!

Perkembangan Trader

Keuntungan yang terjadi secara terus-menerus pada akun demo mungkin membuat kita sebagai trader merasa berhasil dan sukses menguasai trading. Namun, tahukah kamu bahwa keberhasilan sesungguhnya bukanlah terletak pada hal tersebut?

Keberhasilan sesungguhnya yaitu ketika kamu berhasil menerapkan strategi-strategi yang kamu lakukan pada akun demo terhadap akun real. Jika kamu terus menerus mencoba akun demo, kamu tidak akan mengetahui letak perkembangan trading yang kamu lakukan.

Kamu tidak bisa mengetahui strategi trading yang dikombinasikan dengan emosi. Akun demo tidak melibatkan emosi, sehingga pikiranmu akan selalu nyaman. Sebaliknya, pada akun real kamu harus bertarung melawan emosi ketika trading karena menggunakan uang sungguhan.

Cobalah untuk memberanikan diri membuka akun real dengan menerapkan strategi-strategi yang kamu lakukan pada saat menggunakan akun demo. Dari sanalah kamu akan mengetahui letak perkembangan kemampuan trading kamu sesungguhnya.

Jika strategi kamu berhasil pada akun real, kamu bisa mulai bisa memikirkan langkah-langkah selanjutnya untuk mengembangkan kemampuanmu. Jika gagal, kamu bisa mengevaluasi diri untuk  mencari letak-letak kesalahan sebagai awal dari perkembangan kemampuan tradingmu.

Kemampuan Manajemen Risiko

Manajemen risiko yang baik merupakan indikator yang dapat menentukan kesuksesan dalam trading. Jika kamu berlama-lama pada akun demo, kemampuan manajemen risiko dalam trading akan tidak terasah secara alami.

Kita mungkin akan menyepelekan manajemen risiko pada akun demo karena kita tidak merasa ada risiko “kehilangan” seutuhnya.  Kebanyakan mindset kita akan berpikir bahwa “untuk apa repot-repot, toh jika rugi juga bukan uang sungguhan”.

Jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus akan membuat kita mulai terbiasa sehingga mental kita tidak terasah dan tidak siap untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan risiko yang terjadi. Padahal, manajemen risiko ini sangat penting digunakan dalam trading.

Oleh karena itu, cobalah mulai menerapkan manajemen risiko pada akun real untuk mengasah mental secara alami. Dengan akun real, kamu akan merasa “memiliki”, sehingga akan ada aspek-aspek yang perlu kamu perhitungkan dan pertimbangkan jika tidak ingin “kehilangan”

Kebiasaan Buruk

Mungkin sebagian dari kita tidak menyadari bahwa pernah melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk pada akun demo, seperti membuka banyak posisi tanpa pertimbangan, tidak menerapkan stop loss, dan kebiasaan-kebiasaan buruk lain.

Sadar atau tidak, kebiasaan ini dapat membuat kita menjadi terbiasa. Mungkin kita akan berjanji pada diri sendiri untuk tidak melakukannya pada akun real. Namun, hal ini bisa saja sulit untuk dihindari karena sudah terpatri pada diri kita.

Kita bisa saja menyepelekan dan memiliki mindset “ah di akun demo saja bisa sukses kok kalau lakuin begini”. Pemikiran semacam ini bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali.

Oleh karena itu, sebagai pencegahan kebiasaan buruk ini agar tidak terpatri pada diri trader, trader harus berani untuk keluar dari zona nyaman dan mulai bertarung ke dalam zona sesungguhnya untuk meraih kesuksesan trading dengan memberanikan diri membuka akun real.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai bahaya terlalu berlama-lama pada akun demo yang mungkin dapat memberikan gambaran pencegahan untuk perkembangan trading kita semua. Kamu dapat melihat rekomendasi broker terpercaya untuk membuka akun real dengan klik di sini. Yuk tetap semangat!

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari para analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

2 × 2 =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.