fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Tumbuhkan Energi Mental Trading dengan Cara Ini!

Tumbuhkan Energi Mental Trading dengan Cara Ini!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Untuk mencapai trading yang fokus, pelajari kebiasaan baik yang membantu memberimu dorongan energi mental. Energi mental trading berkisar pada kemampuan dan motivasi untuk menyelesaikan aktivitas kognitif. Hal ini didorong oleh upaya pikiran untuk memproses informasi, menyelesaikan tugas, atau menganalisis. Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut!

Menumbuhkan Energi Mental Trading

Sama seperti energi fisik, energi mental diperlukan untuk melakukan trading yang berkualitas. Saat berada di tengah sesi trading yang panjang, memulihkan energi mental adalah kunci untuk mengeksekusi strategi dan melaksanakan rencana aksi secara efisien. Karena itu, sangat penting membentuk kebiasaan untuk meremajakan pikiran dan menumbuhkan tingkat energi mental.

Manfaat Memiliki Energi Mental Trading

Energi mental memprovokasi tindakan yang mengarah pada pemenuhan tujuan tertentu. Ini tentang kapasitas untuk melakukan berbagai proyek dan menyelesaikan tugas sehari-hari. Dengan memaksimalkan energi mental, trader dapat secara efektif mengerjakan aktivitas trading harian sambil tetap bersemangat dan fokus .

Ada banyak manfaat dari meningkatkan energi mental, di antaranya:

  • Meningkatkan fokus dan perhatian secara keseluruhan
  • Mendapatkan hasil yang diinginkan
  • Meningkatkan ketajaman
  • Memperkuat daya memori
  • Menginspirasi ketahanan dan ketekunan

Di pasar yang menantang, aspek energi mental yang paling menguntungkan adalah pengaruhnya terhadap kinerja kognitif. Dengan meningkatkan tingkat energi mental, kamu dapat meminimalkan kelelahan yang dapat membahayakan kualitas kinerjamu.

Kebiasaan yang Memberikan Dorongan Energi Mental

Di pasar forex yang aktif, para trader harus berada dalam kondisi pikiran terbaik mereka. Dengan aktivitas trading yang berbeda untuk dicapai, stamina mental adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang sangat baik.

Dari menyusun strategi hingga analisis, akan ada saat-saat di mana kamu akan merasa lelah dan tidak termotivasi. Oleh karena itu, trader harus belajar bagaimana mengelola tingkat energi mental melalui penggunaan kebiasaan yang baik. Pelajari tentang kebiasaan teratas yang memberikan dorongan energi mental yang luar biasa:

1. Tidur Nyenyak

Tidur berkualitas adalah salah satu cara paling efektif untuk mengoptimalkan kinerja otak dan meningkatkan energi mental. Saat bersiap-siap untuk hari baru trading, trader perlu memiliki energi untuk memulai fungsi kognitif.

Biasanya, kamu akan membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur untuk mendapatkan efek langsung dan meningkatkan tingkat energi mental. Dengan mencapai kualitas tidur, kamu dapat memberi otakmu kesempatan untuk beristirahat dan merevitalisasi sebelum menghadapi tantangan baru.

2. Buat Tubuh Nyaman

Luangkan waktu untuk kegiatan yang menggabungkan aktivitas fisik dan menghilangkan stres, seperti yoga, jogging, atau sekadar jalan-jalan di sekitar taman. Kembangkan rutinitas olahraga yang kamu sukai, tak perlu yang terlalu berat. Buat tubuhmu senyaman mungkin.

Hal ini dapat menghilangkan stres dan meningkatkan mood. Selain itu, salah satu cara yang juga dapat meningkatkan mood tubuh adalah dengan mendengarkan musik. Tanpa disadari, Untuk meningkatkan keaktifan selama sesi tradingmu, mendengarkan musik yang energik atau klasik dapat memberikan dorongan energi mental yang cepat.

3. Jadwalkan waktu istirahat

Kelelahan mental sering terjadi terutama selama jam-jam trading yang panjang. Untuk menjaga dan memulihkan tingkat energi, trader harus menyisihkan waktu untuk istirahat. Ini memberi kamu kesempatan untuk menjauh dari komputer dan menyegarkan pikiran.

Istirahat tidak hanya memberikan energi mental, tetapi juga memberikan kelegaan fisik. Hal ini memungkinkan tubuhmu untuk juga mengisi ulang dan beristirahat. Untuk mengurangi kekhawatiran atau nyeri tubuh akibat menatap monitor seharian, meluangkan waktu untuk istirahat saat trading adalah sesuatu yang sangat dianjurkan.

4. Tentukan Jam Sibuk

Saat memanfaatkan energi mental secara maksimal, penting untuk mempelajari tentang dirimu dan jam sibukmu. Pada jam berapa di siang hari kamu merasa paling bersemangat secara mental? Apakah kamu merasa lebih berenergi di pagi hari? Apakah kamu lebih fokus dan produktif di sore hari?

Reader’s Digest mencatat bahwa setiap orang memiliki ritme sirkadiannya sendiri dalam jangka waktu 24 jam. Kamu mungkin tampil lebih baik dengan “sinar matahari”, sementara yang lain lebih aktif dan  di malam hari.

5. Hindari Kebiasaan yang Menurunkan Energi Mental

Sambil mencari cara untuk meningkatkan dorongan mental, penting juga untuk mengetahui kebiasaan buruk yang harus dihindari. Untuk menciptakan lingkungan trading yang memuaskan dan efisien, ada baiknya untuk tetap waspada terhadap kebiasaan berbahaya yang menurunkan energi mental.

Saat mempromosikan energi mental, penting untuk menghindari kebiasaan seperti :

  • Pesimisme dan self-talk negatif
  • Terlalu banyak bekerja atau terlalu banyak peregangan
  • Diet tidak sehat
  • Kemalasan

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai cara menumbuhkan energi mental trading. Untuk trading yang lebih fokus dan energik, gunakan kebiasaan sederhana dan efektif yang meningkatkan energi mental. Energi mental adalah yang terpenting ketika ingin menjadi seorang trader yang produktif dan sukses. Bagi kamu yang masih memiliki pertanyaan atau masalah lain, yuk diskusi bersama mentor traderhub dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

sixteen − 14 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.