TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Trik Jitu Mempersiapkan Psikologi “Turtle” Trading Richard Dennis

Trik Jitu Mempersiapkan Psikologi “Turtle” Trading Richard Dennis

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Richard Dennis lahir pada Januari 1949 di Chicago. Pada usianya yang ke 17 tahun, Ia memulai karirnya dengan menjadi pialang di Chicago Mercantile Exchange. Pekerjaannya yang merupakan seorang pialang, membuatnya memberanikan diri untuk mencoba membuka akun tradingnya sendiri.

Namun, trading pertama yang ia lakukan tak berjalan mulus. Ia mengalami kerugian hingga ¾ dari modal yang dipinjam dari keluarganya. Akan tetapi, ia tak menyerah dan terus mengevaluasi diri serta belajar dari kesalahan-kesalahan yang ia perbuat, hingga pada akhirnya ia dapat meraih keuntungan berkali-kali lipat dari ¼ modal yang tersisa.

Richard Dennis berhasil menjadi trader yang sukses. Ia diberi julukan sebagai The Prince of The Pit. Kisah sukses Richard Dennis ini banyak menginspirasi trader pemula. Richard pun ingin membuktikan kepada orang-orang bahwa trader yang tidak memiliki pengalaman pun dapat sukses seperti dirinya.

Ia pun melatih 23 orang yang tidak berpengalaman. Murid-muridnya ini dinamakan “turtle”, yang terinspirasi dari kura-kura di Singapura. Ia berpikir bisa mengembangkan trader secara efektif dan efisien seperti kura-kura yang diternakkan tersebut.

Richard Dennis memiliki pesan yang disampaikan kepada murid-muridnya untuk meraih kesuksesan. Pesan ini berisi tentang 7 psikologi trading yang harus dipelajari oleh para muridnya. 7 psikologi trading ini bahkan masih bisa digunakan hingga saat ini

Trading Adalah Kemungkinan

What can you win, what can you lose, what are the possibilities of either happen – Richard Dennis

Menurut Richard Dennis, trading hanya merupakan persoalan kemungkinan. Oleh karena itu, sebelum memulai trading, para trader harus sudah mengetahui dan menerima kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Kita bisa saja meraih keuntungan yang besar. Akan tetapi, ada saatnya kita juga mendapatkan kerugian. Disinilah peran trader untuk mempersiapkan diri jika terjadi kerugian. Mereka harus siap kehilangan uang yang bisa saja habis dalam sekejap.

Sigap Terhadap Pergerakan Pasar

Know what you are going to do when market does what it’s going to do – Richard Dennis

Menurut Richard Dennis, jika seorang trader sudah siap dengan kemungkinan untung dan rugi, selanjutnya yang perlu disiapkan adalah  memikirkan tindakan terhadap pergerakan pasar.

Pasar sangat fluktuatif, para trader pemula harus mempersiapkan diri untuk menghadapi pergerakan pasar yang nantinya akan terjadi. Siapkan strategi untuk menghadapi kemungkinan yang akan terjadi di pasar.

Maksudnya adalah, langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan jika pergerakan pasar sesuai dengan prediksi atau langkah apa yang harus diambil bila sewaktu-waktu pergerakan pasar tidak sesuai dengan prediksi.

Disiplin

You are not special, you are not smarter than the market, so follow the rules! – Richard Dennis

Richard Dennis juga berkata kepada para muridnya, setelah trader sudah menyiapkan strategi sesuai dengan yang dibuat, cobalah untuk mengikuti aturan yang telah dibuat itu. Jangan melanggar peraturan hanya karena telah meraih keuntungan dan merasa pintar.

Dengan disiplin terhadap peraturan yang telah dibuat akan memengaruhi psikologi trading untuk tidak tamak. Sehingga, semuanya berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat pada tahap sebelumnya.

Apapun Bisa Terjadi

Every now and then, the impossible can and will happen – Richard Dennis

Richard Dennis berpesan kepada muridnya, bahwa tidak ada yang tidak mungkin dalam trading. Semuanya bisa saja terjadi. Trader yang sudah meraih keuntungan bisa saja dalam sekejap meraih kerugian.

Sebaliknya, trader yang mengalami kerugian, bisa saja dalam sekejap meraih keuntungan berlipat-lipat. Dalam hal ini, trader tidak boleh menyerah dan harus fokus terhadap segala rencana yang telah mereka buat, baik rencana pada saat untung maupun rencana pada saat rugi.

Manajemen Risiko

How to handle profits properly is a separation point between winner and loser in trading – Richard Dennis

Menurut Richard Dennis, psikologi trading selanjutnya yang harus disiapkan oleh para trader adalah menerapkan manajemen risiko yang baik, yaitu dengan cara menetapkan sistem stop loss sesuai dengan pergerakan pasar untuk melindungi keuntungan yang sudah di dapat atau meminimalisir kerugian.

Dengan cara ini, murid-muridnya terbukti dapat melipatgandakan uangnya dengan cepat saat pergerakan pasar sesuai rencana dan tidak kehilangan banyak uang pada saat pergerakan pasar tidak sesuai dengan rencana.

Bukan Frekuensi, Tetapi Peluang

It’s not about the frequency of how correct you are, it’sits about the magnitude of how correct you are – Richard Dennis

Psikologi trading selanjutnya yang diajarkan Richard Dennis kepada muridnya yaitu bagaimana cara menahan diri sampai munculnya peluang.

Menurut Richard Dennis, trading didasari oleh sistem trend follower dan break out. Oleh sebab itu, trader hanya perlu masuk pada momen yang dianggap menguntungkan. Trader tidak perlu memaksakan trading pada pasar yang sedang tidak diketahui kemungkinannya.

Richard menekankan bahwa bukan seberapa besar yang bisa didapat, melainkan profit konsisten yang dihasilkan dari peluang yang ditunggu. Hal yang perlu trader lakukan hanyalah fokus pada peluang besar yang sekiranya sesuai dengan rencana mereka.

Berusaha keras untuk Belajar

In my whole life, I’ve known no wise people over broad subject matter who didn’t read all the time – Richard Dennis

Richard Dennis berpesan kepada muridnya, bahwa jika ingin menjadi trader sukses maka harus mau belajar dengan bersungguh-sungguh, karena segala sesuatu tidak bisa diperoleh dengan instan.

Ia juga berpesan bahwa tidak ada guru atau mentor dalam pasar trading yang dapat memastikan kesuksesan trader, melainkan trader yang menjemput kesuksesan itu sendiri dengan terus belajar tentang strategi, berlatih mengendalikan emosi serta mengasah kemampuannya. Jika tidak, maka trader tersebut hanya akan menjadi korban pasar.

Nah itulah 7 psikologi trading menurut Richard Dennis kepada murid-muridnya yang terbukti dapat sukses di bawah bimbingannya. 7 psikologi trading ini bahkan bisa kamu terapkan juga loh untuk kegiatan trading kamu!

Bagi kamu yang mau belajar lebih dalam lagi mengenai trading, kamu bisa bergabung dengan forum traderhub. Di sana kamu bisa berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar mengenai analisis-analis pasar dari para guru profesional.

Jika tertarik, yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

four + five =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.