fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Trading dengan Pola Candle Engulfing

Trading dengan Pola Candle Engulfing

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight
pola candle engulfing

Analisa trading dengan melihat pola-pola candlestick merupakan salah satu analisa yang disukai oleh trader karena kemudahannya. Salah satu pola candlestick yang sering dijumpai dalam grafik dan menjadi pola favorit trader adalah pola candle engulfing. Probabilitas trading dengan pola candle engulfing dinilai cukup tinggi terutama pada keadaan pasar yang sedang trending. Apa itu pola candle engulfing? Yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu Pola Candle Engulfing?

Pola candle engulfing merupakan pola yang terdiri dari 2 bar candlestick. Pola ini ditandai dengan bar candlestick terakhir ‘menelan’ (engulf) bar candlestick sebelumnya. Dengan kata lain, candle terakhir memiliki body yang lebih panjang dari candle sebelumnya.

Pola engulfing semakin valid jika memiliki ekor pendek atau tanpa ekor, karena ekor yang panjang mencerminkan ketidakpastian arah pergerakan harga atau kecenderungan untuk konsolidasi. Pada pasar yang sedang trending, kemunculan pola ini dapat memberikan isyarat terjadinya pembalikan arah trend atau reversal.

Banyak trader yang menganggap bahwa semakin kuat trend, maka semakin tinggi probabilitasnya. Selain itu, tingkat keakuratan juga semakin besar pada time frame yang lebih tinggi. Semakin tinggi time framenya, maka semakin tinggi probabilitas kebenarannya.

Jenis Pola Candle Engulfing

Pola engulfing pada dasarnya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu pola bullish engulfing dan pola bearish engulfing.

Pola Bullish Engulfing

Pola bullish engulfing merupakan pola yang terdiri dari 2 candle, candle pertama adalah candle bearish dan candle berikutnya adalah candle bullish dengan body yang lebih panjang dari candle sebelumnya. Pola bullish engulfung merupakan sinyal untuk membuka posisi buy.

Namun, untuk memperoleh potensi keakuratan yang besar, pastikan pergerakan pasar sedang mengalami trending, bukan bergerak sideways. Hal tersebut agar kamu terhindar dari potensi false signal yang mungkin saja bisa terjadi.

Pola Bearish Engulfing

Pola bearish engulfing merupakan pola yang terdiri dari 2 candle, candle pertama merupakan candle bullish dan candle kedua merupakan candle bearish dengan body yang lebih panjang dari candle sebelumnya. Pola bearish engulfing merupakan sinyal untuk membuka posisi sell.

Sama dengan bullish engulfing, untuk memperoleh potensi keakuratan yang besar, hendaknya kamu pastikan bahwa kondisi pasar benar-benar sedang trending. Selain itu, sebaiknya kamu juga melakukan entri ketika pola engulfing bar telah selesai terbentuk.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai pola engulfing yang mungkin dapat kamu manfaatkan untuk mencari peluang keuntungan di pasar. Pada dasarnya, tidak ada satu pun strategi trading yang dapat menjamin keakuratan seratus persen. Oleh karena itu, tetaplah menggunakan manajemen risiko dengan baik.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya untuk saling bertukar pikiran.

Selain itu, kamu juga dapat melihat analisis pasar dari para analis internasional di setiap harinya. Untuk itu, tunggu apalagi? Segera bergabung bersama kami sekarang dan dapatkan banyak manfaatnya! Untuk bergabung, silakan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

3 × 3 =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.