fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Trading dengan Indikator Bollinger Band

Trading dengan Indikator Bollinger Band

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dibuat oleh John A. Bollinger, Bollinger Bands tidak diragukan lagi telah teruji dan terbukti menjadi salah satu indikator yang kuat dalam analisis teknikal. Jika kamu ingin menggunakan indikator bollinger band ketika trading, yuk simak!

Konstruksi Bollinger Band

Struktur bollinger band cukup sederhana, digambarkan secara visual menggunakan tiga garis yang membungkus data pasar:

Bollinger Bands adalah rentang yang diplot pada tingkat standar deviasi di atas dan di bawah simple moving average (SMA) periode 20 hari (kira-kira jumlah hari perdagangan dalam sebulan). Karena jarak band didasarkan pada standar deviasi, mereka menyesuaikan dengan perubahan volatilitas pada harga yang mendasarinya.

Mengidentifikasi Overbought/Oversold

Ketika harga mendekati Bollinger Band atas, indikator menganggap ini sebagai pasar ‘mahal’ secara statistik, atau lebih sering disebut dalam dunia teknis sebagai ‘overbought’. Sebaliknya, ketika harga mendekati bollinger band bawah, indikator menganggap ini sebagai pasar ‘murah’, atau ‘oversold’.

Meskipun relatif mudah, memperdagangkan poin overbought/oversold secara terpisah cukup menantang. Lihat pasangan mata uang EUR/AUD (jangka waktu M15) yang diposting di bawah ini, Anda dengan jelas melihat contoh pita atas dan bawah menyoroti area potensial untuk diperdagangkan (panah oranye dan biru), meskipun ada juga waktu (zona hitam) kandil memeluk bagian atas dan pita bawah.

Mendeteksi Potensi Breakout

Karena fakta bahwa volatilitas umumnya meluas setelah periode kontraksi, mengidentifikasi kemungkinan breakout menggunakan Bollinger Bands adalah strategi yang populer. Trader dapat mengenali secara visual saat instrumen berkonsolidasi pada volatilitas rendah saat band atas dan bawah mengecil.

Tidak hanya berguna untuk trader breakout, trader tren juga menemukan teknik ini sangat berharga untuk memastikan kekuatan tren. Semakin lama harga menetap dalam konsolidasinya, semakin kuat penembusannya.

Metode konfirmasi breakout menggunakan Bollinger Bands datang dalam berbagai bentuk. Yang paling jelas adalah penutupan candle di luar garis band. Beberapa lebih suka mengamati dua penutupan candle, meskipun ini akan membuat Anda masuk pada harga yang lebih buruk dan mengurangi risk/return.

Bukan Indikator yang Berdiri Sendiri

Meskipun Bollinger Bands adalah favorit di antara analis teknis, menggunakannya bersama dengan alat tambahan sebagai dasar untuk strategi perdagangan yang lengkap kemungkinan besar akan meningkatkan keuntungan Anda.

Seperti halnya dengan sebagian besar indikator teknis, membuat keputusan perdagangan berdasarkan satu indikator adalah sebuah tantangan. Beberapa orang akan mengatakan tidak mungkin. Bollinger menganggap konvergensi antara Bollinger Bands dan alat teknis (analisis teknis) sebagai pendekatan yang berhasil.

Menerapkan analisis tren, di samping Bollinger Bands, telah terbukti sebagai metode yang bermanfaat bagi trader. Jika pasar mengarah ke utara untuk jangka waktu yang lama, memulai posisi short adalah permainan untung-untungan; bahkan jika harga menyentuh Bollinger Band atas (overbought) atau telah menembus Bollinger Band bawah (menunjukkan penembusan ke bawah dapat terjadi).

Di bawah ini adalah contoh yang baik dari pasangan mata uang tren yang menyatu dengan support garis di Bollinger Band.

Support dan resistance juga memainkan peran penting dalam menentukan validitas sinyal Bollinger Band. Melihat grafik yang sama di bawah, ada level yang jelas dari resistance yang berubah menjadi support, yang dapat dimanfaatkan.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai indikator bollinger band. Bagi Kamu yang ingin belajar trading, yuk gabung di forum traderhub! Di forum traderhub, kamu dapat belajar trading dari mentor profesional kami melalui kelas trading atau private consultation, yang tentunya GRATIS! Yuk gabung sekarang dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

twenty + twenty =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.