fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Trader Harus Paham Seni Manajemen Uang

Trader Harus Paham Seni Manajemen Uang

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dalam artikel ini, kami akan membahas salah satu aspek terpenting dari trading dan investasi, yaitu seni manajemen uang. Trader pemula umumnya menganggap pengelolaan uang sebagai suatu hal yang membosankan. Padahal, ini adalah salah satu cara agar kamu dapat mempertahankan modal tradingmu dan pada akhirnya dapat mengembangkan modalmu. Untuk itu, yuk simak artikel ini!

Aturan Seni Manajemen Uang

Selama trader menggunakan modalnya sebagai alat kerja, pengelolaan uang memainkan peran penting dalam trading. Pengelolaan uang sama pentingnya dengan penggunaan strategi. Semua aturan dan prinsip pengelolaan uang dapat dibagi menjadi tiga kelompok:

1.   Mengelola deposit

2.   Menghitung volume trading

3.   Aturan Trading

Mengelola Deposit

Aturan pengelolaan deposit adalah menentukan jumlah yang dapat ditarik dari akun dan bagian mana dari keuntungan yang tersisa untuk trading di masa mendatang. Mengelola deposit Anda memungkinkan Anda untuk menetapkan tujuan konkret.

Ukuran deposit berfungsi sebagai indikator yang membantu trader memahami kapan harus menerapkan pendekatan ini atau itu; di sini, trader menentukan tingkat pendapatan tertentu yang mereka rencanakan untuk digunakan sebagai poin utama pengembangan mereka.

Misalnya, trader memulai pekerjaannya dengan deposit 1.000 USD. Di bawah strategi manajemen deposit mereka, setelah mencapai ukuran deposit 2.000 USD, trader menarik seperempat dan meninggalkan seperempat lagi di deposit untuk membuka akun paralel atau trading lebih agresif.

Menghitung Volume Trading

Bagian dari pengelolaan uang ini terhubung dengan manajemen risiko. Trader harus membandingkan ukuran lot dengan ukuran deposit untuk memaksimalkan keuntungan dan menghindari kerugian serius jika terjadi kegagalan.

Kehilangan atau keterpurukan bukanlah proses yang acak tetapi merupakan proses yang alami. Bahkan seprofesional apa pun seorang trader, tetap ada kemungkinan untuk kalah. Perhitungan ukuran trading yang efisien memungkinkanmu untuk tetap mendapat untung bahkan jika setengah dari trading ternyata merugi.

Hal ini dicapai dengan berbagai teknik, seperti mengurangi lot pada saat merosot dan meningkatkannya saat posisi bergerak mengikuti pasar. Jadi, keuntungan dapat diperoleh dari beberapa trading untuk menutupi kerugian dari seluruh rangkaian trading.

Terlebih lagi, ukuran kerugian setelah Stop Loss juga tergantung pada ukuran lot. Biasanya, ukuran kerugian mencapai sepertiga dari Take Profit, tetapi dapat berubah tergantung pada instrumen, volatilitas, dan strategi.

Aturan Trading

Berdasarkan strategi dan gaya trading mereka, trader menciptakan seperangkat aturan mereka untuk memuluskan efek negatif dari kelemahan strategi. Contoh aturan tersebut beberapa di antaranya adalah:

  • Jika terjadi 2-3 kerugian trading berturut-turut, tidak ada lagi trading hari ini
  • Jika deposit menurun lebih dari 20% bulan ini, istirahat harus dilakukan selama 2-3 minggu
  • Jika keuntungan harian berjumlah 2-5%, tidak ada lagi trading hari ini
  • Jika trader telah melanggar aturan pengelolaan uang lebih dari 3 kali dalam sehari, trading harus segera dihentikan dan dilanjutkan paling cepat besok
  • Tidak lebih dari 2 posisi harus dibuka secara bersamaan dan tidak lebih dari 5 posisi harus dibuka satu hari.
  • Semua aturan tersebut dapat disesuaikan tergantung pada pengalaman trader dan keadaan trading.

Aspek Psikologis Pengelolaan Uang

Mengikuti aturan pengelolaan uang membantu trader mengembangkan disiplin dan merasa aman. Pertama-tama, trader harus menentukan ukuran lot yang nyaman bagi mereka untuk trading, sehingga kemerosotan sementara tidak akan membuat mereka kehilangan semangat. Pengelolaan uang yang ketat melindungi trader dari konsekuensi ketamakan karena trader menghindari godaan untuk membuka posisi trading yang besar, berharap keberuntungan memihak mereka.

Terlebih lagi, pengelolaan uang membantu mengatasi ketakutan pada saat trader mulai mengubah strategi mereka (karena bosan atau karena alasan lain), dan membuat trading mereka menjadi kacau. Pengelolaan uang mencegah trader kehilangan deposit mereka.

Trader harus menyadari bahwa kemerosotan tidak dapat dihindari tetapi dapat dioptimalkan. Kesadaran ini akan meningkatkan kepercayaan diri mereka dan membantu menghindari tindakan tergesa-gesa, menahan emosi mereka di bawah kendali.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai seni manajemen uang. Jika kamu memiliki masalah seputar trading, yuk gabung di forum traderhub! Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi langsung dengan mentor profesional traderhub melalui kelas trading atau private consultation yang tentunya GRATIS. Untuk itu, yuk gabung bersama kami sekarang dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

thirteen − 9 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.