fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Tips Trading di Tengah Kondisi Kepanikan Pasar

Tips Trading di Tengah Kondisi Kepanikan Pasar

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Kondisi pasar baru-baru ini sedang bergejolak karena berbagai macam faktor fundamental, seperti ekonomi, kenaikan imbal hasil obligasi, penurunan harga emas, dan permasalahan-permasalahan lainnya. Beberapa trader mungkin ada yang memilih untuk tidak membuka posisi dalam situasi ini.

Namun, tahukah kamu bahwa dalam kondisi seperti ini pun kamu tetap bisa berpotensi mendapatkan keuntungan jika dapat memanajemen strategi dengan baik? Nah, di bawah ini akan dijelaskan tips-tips trading di tengah kondisi kepanikan pasar yang mungkin dapat membuatmu lebih percaya diri. Yuk simak!

Jangan Melawan Tren

Tips pertama untuk trading di tengah kondisi kepanikan pasar ialah dengan menerapkan strategi trend following. Temukanlah arah tren yang sedang terjadi, setelah itu ikutilah tren tersebut. Kamu dapat melakukan buy jika tren sedang bullish dan dapat melakukan sell jika tren sedang bearish.

Namun, beberapa trader pemula terkadang salah dan kesulitan dalam menentukan arah tren. Seperti contohnya, ketika mengambil posisi buy, harga justru mengalami penurunan. Sebaliknya, ketika mengambil posisi sell, harga justru mengalami kenaikan.

Oleh karena itu, trader dapat menggunakan indikator seperti Moving Average, Bolinger Band, serta Parabolic SAR untuk mengidentifikasi arah tren yang sedang terjadi. Dengan indikator-indikator tersebut, konfirmasi arah tren memiliki potensi kebenaran yang lebih tinggi.

Siapkan Mental

Sebaiknya kamu perlu meyakinkan diri dan menyiapkan mental yang kuat sebelum masuk ke dalam kondisi pasar yang sedang “panik”. Pergerakan harga pasar yang sedang panik cenderung akan sangat volatil, sehingga kamu harus bisa mengatur psikologi tradingmu.

Siapkanlah mental untuk menerima kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Tak ada satu strategi pun yang memberikan keakuratan seratus persen. Oleh karena itu, kamu sebaiknya meyakinkan diri untuk bisa menerima risiko-risiko yang mungkin saja bisa terjadi.

Ikuti Berita Fundamental

Dalam kondisi pasar yang sedang panik, kamu sebaiknya juga menggunakan strategi news trading, yaitu strategi trading yang menggunakan pertimbangan berita-berita fundamental. Rilis berita fundamental berpotensi memiliki dampak yang besar ketika pasar sedang mengalami gejolak.

Untuk mengetahui berita-berita fundamental, kamu dapat dengan mudah mencari berita di situs-situs finansial atau melihatnya di kalender ekonomi. Kalender ekonomi juga sangat berguna untuk mengetahui jadwal event-event, perilisan berita, konferensi pers, atau agenda-agenda lainnya.

Dengan mengikuti Informasi-informasi terkait fundamental, kamu memiliki fondasi yang kokoh untuk menganalisis atau memprediksi pasar pada saat pasar sedang bergejolak atau sedang dalam kondisi yang panik.  Hal tersebut dikarenakan sering kali fundamental dapat menggerakkan sentimen pasar.

Manajemen Risiko

Penerapan manajemen risiko sangat penting dilakukan dalam trading. Terlebih, dalam kondisi pasar yang sedang bergejolak ini merupakan suatu hal yang wajib kamu lakukan. Hal tersebut untuk meminimalisir potensi kerugian yang bisa saja terjadi.

Kamu sebaiknya menerapkan stop loss atau trailing stop ketika membuka posisi. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan lot kecil terlebih dahulu jika masih ragu menggunakan lot besar. Akan tetapi, jika kamu masih tetap ragu, berarti kamu belum bisa mempersiapkan aspek mental seperti yang disebutkan di atas.

Strategi yang Paling Dipahami

Dalam kondisi kepanikan pasar, hindarilah untuk mencoba strategi-strategi yang belum begitu kamu kuasai. Sebaiknya gunakanlah strategi yang memang benar-benar kamu kuasai. Kamu setidaknya harus menguasai minimal satu strategi dalam trading.

Trading tidaklah rumit, banyak trader sukses yang hanya menganut satu strategi saja dalam trading. Hal terpenting adalah bukan seberapa banyak strategi yang kamu gunakan, tetapi seberapa konsisten keuntungan yang kamu dapatkan dari strategi yang kamu kuasai.

Nah, itulah beberapa tips trading di tengah kepanikan pasar yang mungkin bisa kamu terapkan dalam sekarang ini. Perlu diketahui, kesuksesan trading berawal dari kedisiplinan. Oleh karena itu, cobalah untuk mematuhi rencana-rencana trading yang sudah kamu buat. Yuk semangat!

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat saling berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari para analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

11 + 19 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.