fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Tips Menemukan Gaya Trading Sesuai Kepribadian

Tips Menemukan Gaya Trading Sesuai Kepribadian

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Potensi kesuksesan dalam trading akan semakin besar jika seorang trader telah menemukan gaya trading sesuai kepribadian masing-masing. Dengan menemukan gaya trading kita bisa lebih semangat dan nyaman.

Faktor kenyamanan dalam trading tanpa disadari akan mengubah mindset trading menjadi lebih ke arah positif, sehingga trading akan dilakukan dengan rasa yang menyenangkan. Segala sesuatu yang dilakukan dengan menyenangkan akan berpotensi menuai hasil yang baik.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan mengenai tips-tips agar kamu bisa menemukan gaya trading sesuai dengan kepribadianmu. Yuk simak artikel di bawah ini!

Tentukan Analisis Trading yang Paling Dikuasai

Dalam trading, sebaiknya trader perlu menguasai minimal satu basis analisis pasar. Pilihlah sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki.

Misalnya, jika kamu lebih menyukai membaca atau mengikuti berita-berita seputar ekonomi, politik, finansial yang dapat memengaruhi nilai suatu mata uang, maka kamu cocok untuk menjadi trader berbasis analisis fundamental.

Jika kamu lebih suka untuk memerhatikan pola-pola pergerakan harga pada grafik, maka kamu cocok untuk menjadi seorang trader berbasis analisis teknikal.

Sedangkan, jika kamu lebih memilih untuk fokus pada probabilitas arah pergerakan pasar yang dianalisis berdasarkan kecenderungan mayoritas trader dalam membuka posisi pada pair tertentu, maka kamu cocok untuk menjadi seorang trader berbasis sentimen pasar.

Semakin banyak kamu menguasai atau mengombinasikan basis analisis pasar di atas, maka potensi profit juga akan semakin besar.

Oleh karena itu, sangat penting untuk belajar mengembangkan kemampuan trading dengan mempelajari semua basis analisis pasar di atas, sehingga kamu dapat mengombinasikan dan menutupi kelemahan pada setiap basis analisis.

Sesuaikan Waktu

Sangat penting untuk menyesuaikan waktu trading dengan aktivitas sehari-hari. Hal ini berguna untuk menentukan teknik yang nantinya akan kamu gunakan.

Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan strategi scalping jika kamu memiliki waktu yang banyak untuk memonitor pasar dan ingin mendapatkan profit sedikit-sedikit namun berkelanjutan.

Atau, jika kamu merupakan trader yang cukup sibuk dengan aktivitas sehari-hari dan ingin melakukan trading dengan profit besar namun jangka menengah, kamu dapat menggunakan teknik swing trading.

Ada banyak teknik dalam trading yang dapat digunakan trader. Semua teknik tersebut memiliki set-up masing-masing, mulai dari indikator, time frame, target profit, dan lain-lain

Pilihlah salah satu teknik yang menurutmu paling sesuai dengan aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan dan yang paling sesuai dengan tujuan investasi yang kamu lakukan.

Membuat Catatan

Dalam mencari strategi trading yang cocok, tentunya dibutuhkan praktik. Kamu dapat mempraktikkan berbagai macam strategi pada akun demo. Catatlah segala aktivitas trading yang kamu lakukan pada akun demo tersebut.

Hal ini sangat penting untuk menemukan strategi yang cocok sesuai dengan tipe trading yang kamu lakukan. Kamu bisa membuat catatan yang meliputi nama strategi trading, level entry, level exit, level stop loss, target profit, jumlah Lot, jumlah profit, jumlah loss, dan lain-lainnya.

Setelah itu, kamu dapat mempertimbangkan strategi yang akan kamu gunakan sesuai dengan level kesuksesan atau kegagalan dari hasil setiap strategi.

Temukan Mentor

Menemukan gaya trading memang dapat dilakukan dengan melihat kepribadian diri sendiri. namun, terkadang beberapa trader merasa sulit karena kurangnya saran-saran atau kurangnya ilmu mengenai trading itu sendiri.

Oleh karena itu, carilah mentor yang benar-benar berpengalaman untuk membantu kamu agar bisa mengenali tipe gaya tradingmu secara mendalam. Mentor profesional akan senantiasa membantu dan menjawab pertanyaan atau masalah-masalah yang kamu keluhkan.

Carilah mentor yang memiliki kredibilitas. Hal ini sangat penting untuk menghindari berbagai macam potensi penipuan. Kami menyediakan rekomendasi mentor-mentor berkualitas dari salah satu pialang yang memang sudah memiliki legalitas. Kamu bisa mulai membuka akun dan berkonsultasi dengan klik di sini.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari para analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

twenty + 7 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.