fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Tingkatkan Hasil Trading dengan Rutinitas Trading Harian & Mingguan

Tingkatkan Hasil Trading dengan Rutinitas Trading Harian & Mingguan

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Sebagai manusia, kita cenderung melakukan yang terbaik ketika kita memiliki rutinitas yang tertata dengan baik. Memiliki rutinitas trading membantumu mengikuti proses dan dapat menghindari pengambilan keputusan trading yang impulsif. Bagaimana cara membangun rutinitas trading harian & mingguan? Yuk simak!

Psikologis

Aspek psikologis dari rutinitas trading bisa bersifat pribadi dan subjektif. Bagi sebagian orang, memulai hari dengan olahraga tampaknya berhasil.  Sementara bagi sebagian yang lain, meditasi adalah jalan terbaik. Temukan rutinitas kecil itu untuk mempersiapkan dan menjernihkan pikiranmu.

Informasi

Aspek informasi sangat penting dalam trading. Ini bisa didapatkan dengan memperhatikan berita-berita pasar. Kamu bisa membaca rangkuman dari peristiwa hari sebelumnya di internet dan membaca tentang apa yang diharapkan untuk hari atau minggu ini. Hal ini dapat membantumu untuk fokus dan selektif memilih instrumen yang memberikan peluang terbaik.

Eksekusi & Manajemen

Bagian eksekusi dari rutinitas adalah di mana semua kerja keras Anda diuji. Mengeksekusi trading bisa sederhana, tapi bisa rumit jika emosi mulai berperan di dalamnya.  Pada saat eksekusi, secara bersamaan kamu juga akan melakukan analisis.

Pada saat analisis inilah emosimu mulai diuji. Namun, emosi yang muncul bisa dikalahkan jika kamu memang sudah percaya dengan sistem tradingmu. Tentunya, di sini manajemen risiko juga berperan besar dalam kesuksesan sistem tradingmu nantinya.

Rencanakan Tradingmu di Akhir Pekan

Untuk trader yang aktif trading di pasar forex, satu-satunya ‘waktu tenang’ adalah saat akhir pekan ketika pasar tutup. Merencanakan tradingmu selama akhir pekan dapat membantumu memilih pasangan mata uang untuk fokus, dan juga akan memberimu keunggulan saat kamu menggabungkan fundamental dan teknikal yang akan mendorong pasar di minggu itu.  

Langkah-langkah Membangun Rutinitas Mingguan

  • Bacalah peristiwa fundamental yang terjadi selama seminggu. Baca juga berita dan opini yang mencerminkan minggu depan
  • Lihat sekilas kalender ekonomi mingguan dan catat setiap fundamental mendatang yang kemungkinan akan menjadi katalis besar pergerakan harga
  • Analisis grafik Anda selama akhir pekan. Mulailah dengan analisis mingguan hingga bulanan.
  • Setelah Anda melihat peluang trading potensial, kamu kemudian dapat melihat ke dalam time frame yang lebih kecil untuk mengatur sistem trading Anda yang sesuai
  • Bagilah analisismu menjadi “Daftar Pantauan” dan “Peluang”. Daftar pantauan akan menjadi pasangan mata uang yang Anda minati, tetapi tidak yakin bagaimana harga akan bergerak atau kamu sedang menunggu momen. Di sisi lain, bagian Peluang berisi trading yang kemungkinan besar akan kamu perdagangkan.
  • Jalankan manajemen risiko untuk melihat potensi keuntungan dan kerugian yang dapat kamu hasilkan.
  • Dari daftar “Peluang” coba saring trading yang masih tidak begitu kamu yakini sepenuhnya, dan fokus hanya pada trading di mana kamu memiliki keyakinan kuat yang didukung oleh analisismu.
  • Sebagai langkah terakhir, periksa kembali fundamental dengan mencari berita terkait atau komentar tentang mata uang yang kamu tradingkan. Evaluasi kembali peluang tradingmu
  • Saat minggu dimulai, simpan pengaturan grafik hanya untuk mata uang yang kamu tradingkan, untuk membantumu menghindari godaan melihat grafik lain, yang berada di luar rencana tradingmu.

Langkah-langkah Membangun Rutinitas Harian

Kamu dapat membuat kebiasaan dengan terlebih dahulu membaca berita apa pun di hari itu. Jika kamu berbasis di Asia, baca setiap berita keuangan dari sesi perdagangan AS hari sebelumnya, dan sesi Asia saat ini.

Jika kamu berbasis di Eropa, bacalah apa yang telah terjadi di sesi Asia dan berita apa pun yang telah terjadi sebelum kamu trading. Atau, jika kamu berbasis di AS, perhatikan bagaimana Asia ditutup untuk hari ini dan bagaimana pasar Eropa berkembang

Luangkan beberapa menit pada grafik yang telah Anda analisis selama akhir pekan, untuk menentukan sentimen umum dan fundamental apa pun yang dapat mengubah pasar. Jangan pernah mengutak-atik sistem yang telah dibuat pada perencanaan mingguan.

Tetaplah berpegang teguh pada rencana trading awal. Pindahkan level stop loss hanya jika posisimu untung, untuk mengunci keuntungan yang telah didapatkan. Nah, itulah sekilas pembahasan tentang bagaimana cara meningkatkan hasil trading dengan rutinitas harian & mingguan.

Bagi kamu yang masih kesulitan memahaminya, jangan ragu untuk berkonsultasi pada mentor profesional Traderhub. Mentor profesional kami selalu siap memberikan bimbingan dan edukasi dengan sepenuh hati. Selain itu, juga terdapat rekomendasi sinyal trading dari para analis profesional di setiap harinya. Untuk itu, yuk gabung sekarang dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

18 − 9 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.