fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Suntonfx / Sunton Capital Scam? Baca Ini!

Suntonfx / Sunton Capital Scam? Baca Ini!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dunia trading hari ini sedang berduka akibat perbuatan broker tak bertanggung jawab, Suntonfx. Kami selaku komunitas trading traderhub mengecam segala tindakan penipuan yang mencorengkan dunia trading dan investasi. Tindak penipuan Suntonfx ini telah ramai di berbagai media sosial dan melahirkan pemikiran atau pemahaman yang berbeda dari masyarakat. Sebelum Anda terjebak lebih jauh terhadap pemahaman yang salah, baca artikel di bawah ini tentang Suntonfx atau Sunton Capital!

Apa Itu SuntonFX atau Sunton Capital?

Pialang-pialang gelap tampaknya semakin berkembang biak seiring berjalannya waktu. Trading forex yang kian semakin populer membuat banyak pialang tanpa izin mencoba menarik investor, dengan mengklaim pengembalian superior & platform perdagangan canggih sebagai cara curang mereka.

Penipuan SuntonFX ini adalah peristiwa penipuan kesekian kalinya yang terjadi di dunia trading dan investasi. SuntonFX adalah broker yang mengklaim memiliki kantor di inggris. Mereka menyebut dirinya sebagai penyedia layanan trading online terkemuka dan teregulasi pemerintah Inggris. Hmm.. masa sih? Baca sampai bawah!

Penipuan SuntonFX

Halaman tentang perusahaan mengklaim bahwa SuntonFX adalah salah satu merek global dengan pertumbuhan tercepat di Eropa, Asia, Amerika Selatan, Afrika, dan Australia. Wow! Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya mana buktinya?

Untuk diakui sebagai broker yang sah, perusahaan harus memiliki lisensi yang jelas. SunTonFX mengklaim diatur oleh FCA, tapi tidak pernah ada satupun bukti. Tidak ada dokumen hukum yang jelas dan juga nama mereka tak pernah ditemukan di situs-situs resmi badan pengawas perdagangan Inggris.

Sebelumnya, Suntonfx telah diperingatkan oleh 2 regulator, FMA Austria & CNMV Spanyol, dengan alasan bahwa Suntonfx beroperasi dan menarik klien tanpa izin resmi. Pada 10 September 2021, regulator Austria FMA menerbitkan peringatan terhadap Sunton Capital Limited, yang berisi imbauan untuk publik agar berhati-hati dengan perusahaan ini karena tidak memiliki izin.

Pada 20 September 2021, peringatan kedua dikeluarkan oleh regulator Spanyol, CNMV. Menurut catatan terkait, CNMV merilis pemberitahuan bahwa entitas ini belum berwenang untuk melakukan layanan dan kegiatan investasi di Spanyol.

Selain itu, SuntonFX menyediakan akses ke leverage hingga 1:500. Tapi, tahukah Anda bahwa FCA menganggap itu tidak dapat diterima untuk trader retail? Dari sini saja sudah jelas bahwa klaim mereka diregulasi oleh FCA adalah penipuan.

Bagaimana Cara Kerja Penipuan SuntonFX /Sunton Capital?

Hal yang ironis tentang penipuan adalah sangat mudah untuk didekonstruksi menjadi seindah mungkin.  Semuanya dimulai dengan pengguna yang dibujuk oleh iklan yang mengarah ke situs broker scammer atau situs perantara.

Sumber manapun akan mencantumkan kolom nomor telepon atau alamat email, yang berguna untuk penipu menghubungi target. Kemudian, broker penipu meminta setoran awal dengan iming-iming yang menggiurkan. Jika klien menyetor jumlah pertama ini, maka dia telah jatuh ke dalam perangkap.

Penipu berkedok investasi biasanya menerapkan sistem referal. Dengan kata lain, jika klien mengajak teman atau kerabatnya, maka klien tersebut juga mendapatkan bonus. Pada dasarnya ini juga sama dengan sistem MLM. Penipu menciptakan ekosistem berantai menjadi suatu lingkaran penipuan yang tak putus-putus.

Dalam kasus Suntonfx atau Sunton Capital, Manajer Investasi mereka akan mengarahkan kalian untuk melakukan transaksi jual atau beli berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Pada awalnya mereka membuat sistem yang terkesan menguntungkan kliennya untuk menarik minat dan menambah lebih banyak lagi klien. Bahkan total keuntungan klien bisa mencapai 50-80 % perbulan.

Lalu ketika kepercayaan klien bertambah dan menarik banyak dana yang masuk, barulah mereka mengeksekusi tindak penipuan mereka. Beberapa hari lalu, sistem mereka memberikan sinyal untuk open posisi yang disertai dengan waktunya. Mereka bahkan menyuruh klien full margin. Klien yang sudah sangat percaya pun akhirnya terjebak. Pada saat itulah mereka menelan habis dana nasabah dengan memainkan grafik untuk melawan posisi sinyal yang diberikan.

Pilih Broker dengan Bijak!

Pada dasarnya, tidak ada satupun bisnis yang tidak memiliki risiko. Trading adalah bisnis yang memiliki potensi keuntungan besar, tapi jangan lupakan juga potensi risikonya. Segala bentuk fixed profit yang ditawarkan kepada Anda sudah pasti adalah MONEY GAME!

Oleh karena itu, pilihlah broker dengan bijak. Pastikan pialang tujuan Anda telah memiliki regulasi yang jelas. Risetlah terlebih dahulu dengan mencari nama pialang Anda di situs-situs resmi badan regulasi yang berwenang. Jika ada yang legal, kenapa harus pilih yang ilegal?  Yuk gabung ke forum traderhub untuk berdiskusi mengenai pialang-pialang terbaik di Indonesia! SIlakan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

fourteen − one =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.