TraderHUB

Sukses dengan PUBG Mobile, Saham Tencent Kuat di Tengah Pandemi

Share This Post

Pecinta gim pasti sudah sangat familiar dengan perusahaan bernama Tencent. Tencent merupakan sebuah perusahaan teknologi Cina yang bergerak di sektor digital dan sekarang ini juga merambat ke sektor gim. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terbesar di China.

Tencent didirikan oleh Ma Huateng atau yang lebih dikenal oleh Pony Ma. Pony Ma merupakan salah satu pebisnis terkaya di Cina. Tencent sendiri pada awalnya bukanlah sebuah perusahaan gim, melainkan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media sosial Cina seperti WeChat, Moments, Mobile QQ dan QQ.

Perusahaan yang berkantor pusat di Distrik Nanshan Shenzhen ini merupakan perusahaan modal ventura, perusahaan investasi, dan perusahaan media sosial terbesar. Layanannya meliputi jaringan sosial, musik, portal web, perdagangan elektronik, gim, layanan internet, sistem pembayaran, ponsel cerdas, dan lain-lain.

Selain itu, perusahaan ini juga memiliki kepemilikan mayoritas layanan musik Global (Tencent Music Entertainment) dengan lebih dari 700 juta pengguna aktif dan 120 juta pelanggan. Dengan bisnis Tencent yang “menggurita” tersebut membuat perusahaan ini melampaui nilai pasar sebesar US $ 500 miliar pada tahun 2018 dan menjadi perusahaan teknologi Asia pertama yang melampaui angka tersebut.

Sejak saat itu, Tencent muncul sebagai salah satu perusahaan paling berharga di Asia dan merupakan salah satu perusahaan teknologi teratas di dunia berdasarkan nilai pasar. Bahkan, Tencent telah dinobatkan sebagai salah satu perusahaan paling inovatif di dunia oleh Boston Consulting Group dan Fast Company.

Tencent mengembangkan bisnisnya dengan memilih untuk berinvestasi atau membeli perusahaan-perusahaan pembuat gim besar, seperti contohnya, Riot Games. Di mana Riot Games ini berada di belakang games terkenal dunia yaitu League of Legends dan Teamfight Tactics.

Tidak hanya Riot, Tencent juga memiliki saham sebesar 40% di Epic Games, publisher games asal Carolina Utara yang merilis gim Fortnite. Tidak puas sampai di sana, Tencent juga memiliki saham kepemilikan yang lebih besar lagi sebesar 84%  di Supercell yang membuat gim Clash of Clans, Clash Royale dan juga Brawl Stars.

Bahkan, Tencent juga memiliki saham minoritas di gim terkenal yaitu Call of Duty dan juga Assassin’s Creed dan PUBG, gim-gim tersebut hingga sampai saat ini merupakan gim yang menjadi favorit para gamers.

Saham Tencent

Inovasi yang terus digencarkan Tencent dalam bisnisnya membuat saham Tencent sampai saat ini masih menjadi favorit para investor. Terlebih, harga saham Tencent melejit sebesar 7% di bursa Hong Kong ke level 654 dolar HK.

Penguatan harga saham tersebut membuat CEO Tencent Holdings Ma Huateng menjadi orang terkaya di China. Nilai kekayaan Ma Huateng mencapai USD 63,4 miliar AS atau Rp920 triliun dengan kurs rata-rata Rp14.500.

Kenaikan saham Tencent tak lepas dari meroketnya jumlah pengguna gim online besutan Tencent, salah satu kontributor terbesarnya yakni PUBG mobile. Pembatasan aktivitas secara global akibat pandemi virus corona atau Covid-19, membuat pengguna gim online meningkat tajam.

PUBG Mobile dibuat oleh Lightspeed & Quantum Studio yang dimiliki Tencent. Game first person shooting battle royale ini berhasil meraup pendapatan US$ 2,7 miliar sepanjang 2020. Sejak diluncurkan pada 2018, PUBG Mobile telah menciptakan pendapatan US$ 5,1 miliar.  Pada bulan Maret 2020, PUBG Mobile mencatat pendapatan bulanan tertinggi sebesar US$ 300 juta.

Kenaikan saham Tencent ini berbanding terbalik dengan kondisi ekonomi China yang tengah merosot. Saham Tencent di luar perkiraan para analis. Sahamnya dinilai kuat di tengah krisis yang dibuktikan dengan kenaikan pasarnya hingga 31 persen dari bisnis gim buatannya. Hal ini juga menjadi pemasukan uang terbesar sepanjang kuartal pertama.

“Segmen game online Tencent mungkin akan berkinerja kuat akibat pandemi Covid-19, dan sebagian besar bisnis lainnya relatif tidak terkena dampak,” kata analis Bloomberg Intelligence Vey-Sern Ling dikutip dari StraitsTimes.

Bagaimana Cara Trading Saham Tencent?

“Duh jadi ingin investasi di saham Tencent agar dapat kebagian profit dari kesuksesannya di tahun ini. Tapi bingung mau investasi dimana”

Sekarang tak perlu khawatir lagi! TraderHUB menyediakan untuk Anda yang ingin trading saham-saham internasional loh, termasuk Tencent!

Anda dapat mulai investasi saham Tencent bersama kami dengan Contracts for Difference (CFD) yang memiliki banyak sekali keunggulan. Tentunya, Contracts for DIfference (CFD) ini berpatokan langsung dengan pergerakan harga saham Tencent.

“Tapi saya takut kalau harganya sudah tinggi dan suatu saat nanti mengalami penurunan”

Tenang saja! Dengan adanya Contracts for Difference (CFD) memungkinkan Anda untuk mendapatkan potensi keuntungan dua arah, baik ketika harga sedang mengalami kenaikan, maupun ketika harga sedang mengalami penurunan.

Dengan adanya keuntungan dua arah, Anda dapat menjadikan CFD ini sebagai sarana lindung nilai. Selain itu, dalam CFD juga terdapat sistem leverage yang memungkinkan Anda untuk bertransaksi dengan potensi keuntungan yang lebih besar dari modal yang Anda miliki.

Tak hanya itu saja, kami juga memiliki para konsultan profesional yang siap memberikan bimbingan, serta analis internasional yang siap memberikan pelatihan dan analisis-analisis pasar. Yuk mulai trading saham Tencent bersama kami! Tentukan jalan kesuksesan Anda bersama kami sekarang!

Sumber foto: BBC News

More To Explore