fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Strategi Trading Sederhana, Trader Harus Baca!

Strategi Trading Sederhana, Trader Harus Baca!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight
trading secara realistis

Dalam dunia trading, banyak sekali strategi yang dapat digunakan untuk bertransaksi. Dari sekian banyak strategi yang dapat digunakan, tentunya setiap trader memiliki strategi yang disesuaikan dengan gaya trading masing-masing. Namun, terkadang trader juga mencari strategi yang sederhana agar nyaman dan mudah digunakan.

Untuk mencari strategi sederhana yang nyaman tentunya membutuhkan penyesuaian yang tidak instan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu pasti trader tersebut akan terbiasa. Nah, untuk kamu yang sedang mencari strategi trading sederhana, di bawah ini akan diberikan rekomendasinya yang mungkin dapat kamu praktikkan. Yuk simak!

Indikator Sederhana untuk Trading Forex

Indikator teknikal merupakan suatu alat bantu yang dapat menentukan kesuksesan. Indikator teknikal sangat penting digunakan untuk memetakan kondisi pasar serta memprediksi pergerakan harga pasar. Ada begitu banyak Indikator teknikal yang bisa digunakan, setiap indikator yang ada memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Setiap trader memiliki perspektif yang berbeda-beda mengenai indikator yang digunakan. Ada yang merasa nyaman dengan satu indikator tertentu, tapi ada juga yang merasa nyaman dengan indikator lainnya. Apapun pendapat kamu mengenai indikator yang kamu gunakan, juga perlu diperhatikan bahwa tidak ada satu pun indikator yang 100 persen akurat.

Fungsi indikator adalah sebagai alat bantu yang dapat memberikan potensi keuntungan yang lebih besar jika digunakan, namun bukan berarti 100 persen akan menghasilkan profit. Semuanya tergantung bagaimana kamu dapat memanajemen sistem tradingmu dengan baik agar dapat menaklukkan pasar.

Salah satu contoh penerapan strategi trading sederhana, yakni dengan menggunakan Simple Moving Average (SMA), Stochastic, dan RSI. Pertama, kamu dapat menggunakan SMA untuk mengidentifikasi tren yang sedang berlangsung saat ini. Kedua, kamu dapat menggunakan indikator Stochastic untuk mengetahui apakah harga dalam kondisi overbought atau oversold. Ketiga, kamu dapat menggunakan RSI untuk mengetahui kekuatan dari Trend yang sedang berlangsung saat ini.

Bagaimana dengan setup Entry dan Exit-nya? Dikutip dari BabyPips, kamu dapat mengikuti sistem trading sederhana di bawah ini:

Aturan Entry dan Exit untuk Strategi Trading Sederhana

Sebelum melakukan Entry, siapkan beberapa indikator seperti Indikator Simple Moving Averages (Periode 5 dan 10), Indikator Stochastic Oscillator (Periode 5, 3, dan 3), dan Indikator Relative Strength Index (Level 30, 50 dan 70).

Untuk Melakukan Posisi Sell

Posisi Sell dilakukan ketika sejumlah syarat terpenuhi, yakni ketika terjadi perpotongan antara SMA 5 dan SMA 10, dengan SMA 5 memotong SMA 10 dari atas ke bawah.  Kemudian, Indikator Stochastic mengarah ke bawah dan belum mencapai area oversold, dan yang terakhir ketika RSI berada di bawah level 50. Ketiga syarat ini harus terpenuhi untuk melakukan entry sell.

Mengenai level Stop Loss dan Take Profit bisa ditentukan berdasarkan level-level Support dan Resistance terdekat. Alternatif lainnya adalah menggunakan Risk/Reward Ratio yang sudah direncanakan sebelumnya.

Untuk Melakukan Posisi Buy

Untuk melakukan posisi Buy yaitu ketika terjadi perpotongan antara SMA 10 dan SMA 5, dengan SMA 5 memotong SMA 10 dari bawah ke atas. Kemudian, indikator Stochastic mengarah ke atas dan belum overbought dan yang terakhir ketika RSI berada di atas level 50.

Nah, itulah beberapa rekomendasi mengenai strategi trading sederhana yang mungkin dapat kamu praktikkan untuk menaklukkan pasar. Perlu diingat, bahwa strategi ini tidak dapat menjamin keuntungan 100 persen. Pasar sangat sulit diprediksi, hal yang terpenting adalah mengusahakan untuk mempelajari strategi terbaik untuk menaklukkan pasar. Yuk terus semangat!

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari para analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

four × five =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.