TraderHUB

Strategi Martingale Berbahaya? Yuk Cek Kelebihan dan Kekurangannya!

Share This Post

Anda memiliki modal yang besar? Mungkin Anda cocok untuk menggunakan strategi martingale! Eitts… tapi tunggu dulu! Strategi martingale ini memiliki banyak sekali polemik dan melahirkan pro-kontra di kalangan trader. Untuk itu, sebaiknya anda membaca artikel di bawah ini sebelum menggunakan strategi ini ketika trading! Yuk simak! 

Pengertian Strategi Martingale

Strategi martingale adalah strategi dalam trading yang menggunakan manajemen probabilitas. Strategi ini dipopulerkan pada abad ke-18 oleh Paul Pierre Levy, Joseph Leo Doob dan beberapa matematikawan lainnya.

Seorang trader yang menggunakan strategi ini akan berusaha untuk selalu open posisi sampai mendapatkan keuntungan. Apabila mengalami kerugian, trader yang menggunakan strategi akan terus open posisi sampai mengalami untung dan sampai bisa menutup kerugian sebelumnya.

Dengan kata lain, apabila trader tersebut mengalami kerugian pada saat transaksi pertama, ia akan melipatgandakan lot pada transaksi berikutnya, sehingga kerugian sebelumnya dapat tertutupi.

Cara Kerja Strategi Martingale

Sebagai contoh, seorang trader memperkirakan harga suatu pair akan turun, lalu ia melakukan sell sebesar 1 lot. Namun, ternyata harga justru naik dan ia mengalami kerugian sebesar $10.

Untuk menutupi kerugiannya, ia melakukan sell lagi dengan menggandakan lot menjadi 2 lot dan ternyata harga kembali naik dan ia kembali mengalami kerugian sebesar $20.

Untuk menutupi kerugian sebelumnya, ia kembali melakukan sell dan melipatgandakan lot dari transaksi sebelumnya menjadi 4 lot dan ternyata harga mengalami pembalikan, sehingga ia mengalami keuntungan sebesar $40.

Jika dihitung, trader tersebut mengalami kerugian pada transaksi pertama sebesar $10 dan transaksi kedua sebesar $20. Jadi total kerugian yang ia dapatkan berjumlah $30.

Sedangkan, pada transaksi ketiga ia mengalami keuntungan sebesar $40. Jadi jika diakumulasikan, trader tersebut mengalami keuntungan sebesar $10.

Kelebihan dan Kekurangan Strategi Martingale

Setiap strategi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pun dengan strategi martingale. Jika dilihat dari cara kerja strategi ini, strategi ini memungkinkan trader untuk mendapatkan keuntungan yang pasti, karena trader akan terus melakukan transaksi sampai mengalami keuntungan.

Namun, strategi ini membutuhkan modal yang sangat besar untuk mendukung ketahanan akun dan memiliki risiko yang sangat tinggi.  Selain itu, waktu menang tidak dapat diprediksi karena hanya mengandalkan probabilitas.

Seorang trader mungkin bisa mengalami keuntungan dan bisa menutup kerugian, akan tetapi juga bisa berdampak akun terkena margin call dan saldo sudah tidak mencukupi untuk menutupi kerugian.

Pro dan Kontra Strategi Martingale

Strategi martingale melahirkan pro dan kontra di kalangan trader. Bagi sebagian trader yang pro terhadap strategi ini umumnya memiliki modal yang sangat besar. Mereka meyakini strategi ini pasti mendapatkan keuntungan dan dapat menutupi kerugian beruntun hanya dengan sekali kemenangan.

Selain itu, trader yang pro juga memiliki pandangan bahwa strategi ini sangat cocok digunakan pada pasar yang sideway. Sehingga, kemungkinan keuntungan lebih besar.

Trader yang kontra terhadap strategi ini berpendapat bahwa strategi ini sangat berbahaya dan memiliki risiko yang tinggi. Selain itu, trader kontra juga berpendapat bahwa strategi ini sama saja dengan judi karena hanya mengandalkan probabilitas untuk mendapatkan keuntungan dalam trading.

Namun, trader pro juga mengatakan bahwa risiko kerugian bisa diminimalisir dengan menggunakan lot yang lebih kecil. Sebagai contoh,  trader dapat menggunakan lot kecil seperti 0.1.

Jadi ketika mengalami kerugian di transaksi pertama, maka trader tersebut menaikkannya menjadi 0.2. jika mengalami kerugian lagi, bisa dinaikkan lagi menjadi 0.4, dan seterusnya.

Nah, itulah informasi mengenai strategi martingale. Tentunya strategi ini memiliki kelemahan dan kelebihannya tersendiri. Selain itu, para trader pastinya memiliki pandangannya tersendiri mengenai strategi ini. Jadi, sesuaikanlah dengan gaya trading dan manajemen risiko yang Anda miliki!

Bagi Anda yang masih bingung mencari strategi yang cocok dengan gaya trading Anda, jangan khawatir! Segera konsultasikan dengan para profesional kami untuk mendapatkan bimbingan dan edukasi.

Selain itu, terdapat juga berita pasar dan sinyal trading harian dari para analis internasional yang diberikan di setiap harinya. Untuk itu, segera bergabung bersama TraderHUB dan tentukan jalan kesuksesan Anda sekarang! Untuk buka akun, silakan klik di sini

More To Explore