TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Strategi Ampuh Agar Tujuan Trading Dapat Tercapai

Strategi Ampuh Agar Tujuan Trading Dapat Tercapai

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Setiap trader pasti memiliki tujuan-tujuan tersendiri ketika memutuskan untuk trading. Beberapa trader ada yang menjadikan trading agar bisa mempersiapkan dana untuk masa depan, untuk mempersiapkan dana sekolah anak, untuk membeli sesuatu, untuk liburan, dan lain-lain.

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, dibutuhkan strategi atau tips yang tepat agar semuanya dapat berjalan sesuai rencana. Tentunya, semua tersebut harus dijalankan dengan disiplin. Apa saja tips-tips agar tujuan trading dapat berjalan sesuai rencana? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Fokus Pada Proses

Ada pepatah yang mengatakan bahwa hidup adalah sebuah perjalanan untuk mencapai tujuan. Untuk mencapai suatu tujuan tersebut tidak serta-merta langsung dapat dicapai, melainkan dibutuhkan suatu proses. Begitu pun juga dengan trading.

Dalam trading, agar tujuan dapat tercapai juga dibutuhkan suatu proses. Proses ini bisa berupa pembelajaran, evaluasi, persiapan, dan lain-lain. Seorang trader sebaiknya lebih memerhatikan proses daripada selalu berpaut kepada hasil.

Jika seorang trader berfokus pada prosesnya, maka hasil baik pun akan mengikuti. Perhatikan prosesnya, seperti apa strategi trading yang dipakai, bagaimana manajemen risikonya, kekurangan apa yang dapat diperbaiki, kelebihan apa yang dapat dikembangkan, dan lain-lain.

Sikap terlalu fokus pada hasil akhir trading cenderung akan membawa dampak yang tidak baik. Trader yang terlalu memikirkan hasil cenderung selalu memiliki hasrat untuk memeroleh profit yang besar. Alhasil, hasrat tersebut justru akan memengaruhi psikologi dan berpotensi akan menyebabkan over trading yang mengakibatkan kerugian.

Sebaliknya, menikmati setiap proses selama trading dapat membantu kamu fokus terhadap perkembangan kemampuan yang kamu miliki. Semakin kamu fokus terhadap prosesnya, maka kemampuan trading kamu akan semakin baik. Jika kemampuan trading semakin baik, maka hasil pun akan juga baik.

Berusaha Pertahankan Modal

Memeroleh profit memang merupakan suatu tujuan trading, akan tetapi tanpa disadari hal yang terpenting dalam trading adalah bagaimana cara untuk mempertahankan modal. Ketika seorang trader berfokus untuk mempertahankan modal, maka psikologinya akan terlatih untuk menjalankan trading dengan bijak dan penuh pertimbangan matang.

Sebaliknya, jika seorang trader hanya berfokus pada profit, maka psikologinya akan terlatih untuk mencari profit tersebut bagaimana pun caranya. Hal ini justru berpotensi akan menyebabkan trading secara gegabah dan mengalami kerugian karena terkena margin call.

Untuk mendukung agar trader dapat mempertahankan modal, dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Hal yang paling utama tentunya belajar dan mengasah kemampuan trading. Kualitas lebih penting daripada kuantitas. Hal terpenting bukan seberapa banyak trading yang kamu lakukan, tetapi seberapa baik analisis dan strategi trading yang diaplikasikan

Lakukan Trading Secara Bertahap

Dalam trading, diperlukan latihan agar tujuan trading dapat berjalan sesuai rencana. Sebaiknya, berlatihlah terlebih dahulu dalam akun demo. Akun demo sangat bermanfaat untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kamu dan dapat mengevaluasi kesalahan-kesalahan trading yang kamu lakukan.

Selain itu, akun demo juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi pergerakan harga pasar secara real time. Cukup dengan mendaftar akun demo di broker forex, maka kamu akan menerima modal fiktif berupa dana virtual yang bisa digunakan selama berlatih trading.

Ketika sudah mahir dalam akun demo dan sudah yakin dengan strategi-strategi yang kamu gunakan, barulah kamu dapat memutuskan untuk terjun langsung ke dalam akun riil.  Namun, jika kamu sudah beralih ke akun riil dan hasilnya tak sesuai dengan di akun demo, cobalah untuk mengevaluasi diri.

Hal tersebut bisa saja terjadi, karena pada dasarnya psikologi trading kita pada akun demo akan berbeda dengan psikologi pada akun riil. Cobalah untuk menyesuaikan diri dan kembali ke akun demo. Lalu, lakukanlah akun demo tersebut selayaknya kamu menggunakan akun riil.

Teruslah lakukan evaluasi kemampuan trading pada akun demo. Jika kamu rutin mencari kelemahan-kelemahanmu pada akun demo, maka kemampuan trading yang kamu miliki pun akan terasah. Kemudian, pastikan bahwa tujuan trading yang kamu miliki tidak berlandaskan pada suatu “keharusan”. Sebab, trading yang tujuannya sudah dituntut keharusan cenderung sulit tercapai dan menimbulkan beban mental bagi si trader.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai tips-tips agar tujuan trading dapat berjalan sesuai rencana. Pada dasarnya memang sesuatu lebih mudah untuk diniatkan, dibandingkan untuk diaplikasikan. Maka dari itu, konsistensi akan sangat dibutuhkan untuk mencapai itu semua. Yuk terus semangat!

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari para analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

fourteen − three =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.