fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Seni Trading: Price Action Adalah Seni

Seni Trading: Price Action Adalah Seni

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dalam dunia trading, banyak sekali metode atau strategi trading yang dapat kamu gunakan. Salah satu strategi yang terbilang ‘mudah’ dipahami adalah strategi price action. Selain kemudahannya, beberapa trader sukses menganggap bahwa strategi price action adalah seni trading. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Price Action Adalah Seni Trading

Sama seperti melukis gambar yang indah atau menulis lagu yang menggugah, jika kamu ingin sukses dalam trading Forex, kamu harus menerapkan rasa kebijaksanaan manusia yang halus. Seni memungkinkan ekspresi dan kebebasan tanpa batas. Begitu pun dengan trading, pembacaan grafik memiliki interpretasi tak terbatas karena pasar selalu bergerak.

Ada banyak cara berbeda untuk trading dan berinvestasi di banyak pasar yang berbeda, tetapi price action memberi kita sarana untuk membaca grafik harga dengan seni, apa pun pasar yang kita pilih untuk ditradingkan.

Price Action melampaui segalanya. Sama seperti bentuk seni lain seperti musik dan lukisan yang melampaui batasan bahasa, ras, dan gender, strategi price action melampaui semua kerangka waktu dan pasar, yang memberi para trader kemampuan untuk membaca pasang surut pasar mana pun yang mereka pilih.

Keindahan seni adalah bahwa tidak ada gaya ’pasti’. Demikian pula dengan price action, kamu dapat mengembangkan gaya dan fleksibilitasmu sendiri, setelah kamu memahami konsep dasar di balik strategi trading price action.

Setelah kamu belajar membaca price action, kamu dapat menerapkannya di mana saja. Kamu tidak terikat pada satu pasar, kerangka waktu, atau satu kondisi pasar. Strategi price action benar-benar satu-satunya metode trading yang melampaui semua pasar dan skenario pasar.

Sistem Trading ‘Kaku’ Tidak Dapat Bersaing dengan Price Action

Seperti yang telah kita bahas di bagian pertama dari artikel ini, pasar terus berubah. Oleh karena itu, kita tidak dapat menggunakan sistem trading mekanis untuk menghasilkan uang secara konsisten. Pergerakan harga setiap hari berbeda, dan dibutuhkan strategi trading yang memungkinkanmu memanfaatkan ini untuk benar-benar berhasil dalam jangka panjang.

Tidak seperti sistem trading yang terpaku dengan indikator, strategi price action memberimu “kerangka” yang fleksibel untuk mendasari keputusan tradingmu, alih-alih mendikte bahwa kamu hanya harus trading dalam keadaan “tepat”. Jika kamu membaca buku New Market Wizards karya Jack Schwager, kamu akan melihat bahwa para trader terbesar tidak murni mekanis.

Bagaimana Menjadi ‘Artis’ Price Action

Tidak peduli apa strategi atau sistem trading yang kamu gunakan saat ini, kamu mungkin memiliki bias yang mendasari atau “firasat” tentang apa yang akan dilakukan pasar selanjutnya. Tidak mengherankan juga, pergerakan pasar adalah indikator terbaik dari apa yang mungkin terjadi selanjutnya.

Seringkali tidak terlalu sulit untuk secara akurat memprediksi arah pasar jangka menengah hingga jangka panjang. Namun, sebagian besar trader sering tersandung dalam mengatur waktu entri mereka dan kesulitan untuk secara efektif menavigasi pergerakan jangka pendek di pasar.

Trading price action memungkinkanmu untuk menggunakan naluri trading alamimu dengan memberimu “konfirmasi” melalui pengaturan strategi price action. Misalnya, jika kita memperdagangkan pasar yang sedang tren, bias kita secara alami akan menjadi bullish, tetapi bagaimana kamu memanfaatkan bias ini?

Cara terbaik untuk menggunakan bias pasar ini adalah menunggu sinyal price action yang mengkonfirmasi biasmu, seperti pola pin bar misalnya. Dengan cara ini, kamu tidak bergantung pada indikator trading.

Kamu hanya membaca price action untuk menentukan bias pasar yang mendasari dan untuk memasuki pasar. Ketika semua upaya analisis teknismu berbasis harga, kamu menghilangkan kebingungan dan kekakuan dari sistem trading berbasis indikator.

Nah, itulah sekilas pembahasan seni price action yang mungkin berguna dan dapat menambah ilmu tradingmu. Pada dasarnya, untuk mencapai kesuksesan trading tidaklah rumit. Diri kita sendirilah yang memperumit hal tersebut. Oleh karena itu, buatlah tradingmu senyaman mungkin!

Bagi kamu yang masih memiliki masalah trading, kamu dapat berkonsultasi di forum traderhub. Di forum traderhub, para profesional kami selalu terbuka untuk mengadakan konsultasi trading gratis. Selain itu, juga terdapat sinyal trading harian dari analis internasional. Untuk itu, yuk gabung bersama kami dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

2 × 3 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.