TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Sadar Pengelolaan Keuangan dari Novel “The Old Man and The Sea”

Sadar Pengelolaan Keuangan dari Novel “The Old Man and The Sea”

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight
Pentingnya mengelola keuangan

Novel The Old Man and The Sea adalah salah satu karya fenomenal yang ditulis oleh Ernest Hemingway dan diterbitkan pada tahun 1952.

Novel ini menuai banyak penghargaan karena kaya akan pesan moral yang mampu menggugah banyak orang, termasuk di antaranya penghargaan nobel sastra pada tahun 1954, penghargaan Pulitzer dan juga Award of Merit Medal for Novel.

Lalu apa kaitannya novel ini dengan mengelola keuangan? Sebelum masuk ke pembahasan, yuk simak sinopsis novel The Old Man and The Sea berikut ini!

Sinopsis Novel “The Old Man and The Sea

Pentingnya mengelola keuangan
Pict by: bookporn.club

Novel ini menceritakan tentang seorang lelaki tua bernama Santiago. Santiago adalah seorang nelayan, ia hidup sebatang kara di rumah gubuk kecilnya. Akan tetapi, ada seorang anak yang begitu perhatian dengannya. Anak tersebut bernama Manolin.

Manolin adalah seorang anak yang selalu menemani Santiago berlayar. Akan tetapi, selama 40 hari telah berlayar, mereka tak pernah mendapatkan satupun ikan. Hal tersebut membuat ibu Manolin tidak mengizinkan Manolin untuk berlayar bersama Santiago lagi.

Pada hari ke-85, Santiago pun berangkat dengan tekad yang kuat untuk mendapatkan satu ekor ikan yang besar. Benar saja, Santiago pun berhasil mendapatkan ikan yang sangat besar, lebih besar dari perkiraannya.

Santiago harus bersusah payah menaklukkan ikan besar tersebut. Akhirnya setelah sekian lama, ikan besar itu pun menyerah. Ukuran ikan yang sangat besar tersebut tidak dapat ditampung oleh perahu Santiago yang sangat kecil. Akhirnya, Santiago memutuskan untuk mengikat ikan besar tersebut pada badan perahunya.

Belum selesai sampai di situ, ikan yang diikatkan pada badan perahunya membuat hiu-hiu mendekati ikan tersebut karena mencium bau darah. Santiago pun harus berusaha mengusir hiu-hiu yang mencabik-cabik ikan besar tangkapannya itu.

Ia lagi-lagi harus bersusah payah untuk mengusir dan menghadapi hiu-hiu yang datang. Ketika ia berhasil mengusir hiu dan menaklukkannya, selalu saja datang lagi hiu-hiu lain. Hingga pada akhirnya, Santiago berhasil berlabuh dan ikan besar yang ada di perahunya itu hanya tersisa kerangkanya saja.

Tak sedikit nelayan lain yang takjub dengan tangkapan besar Santiago, walaupun hanya tersisa kerangkanya saja. Santiago telah membuktikan kepada para nelayan besar, bahwa nelayan kecil seperti dirinya juga dapat mendapatkan ikan yang besar.

Pentingnya Mengelola Keuangan

Mungkin banyak dari pembaca-pembaca yang berpikir novel ini memberi pesan bahwa “hasil tidak akan mengkhianati usaha”. Memang betul, jika dilihat dari sikap Santiago yang pantang menyerah dan selalu ingin mencoba, maka dapat dikatakan seperti itu.

Namun jika kita lihat dari sisi lain, dapat dikatakan Santiago bukanlah seseorang yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Misalnya, anggaplah ikan besar tersebut merupakan suatu kesuksesan ataupun suatu pendapatan besar yang didapatkan oleh Santiago. Namun karena pengelolaan keuangan yang kurang baik, membuat kesuksesan atau pendapatan tersebut hilang begitu saja. Akhirnya usaha Santiago selama ini pun sia-sia.

Ikan hiu yang menyerang Santiago dapat direpresentasikan sebagai kebutuhan-kebutuhan tak terduga yang mencabik-cabik pendapatan Santiago. Santiago yang tidak dapat mengelola pendapatannya dengan baik, akhirnya harus menerima pendapatannya itu habis dicabik-cabik oleh pengeluarannya.

Mengapa Santiago tidak memotong tubuh ikan tersebut menjadi beberapa bagian?, jika Santiago memotong tubuh ikan besar tersebut menjadi beberapa bagian, pastilah tubuh ikan tersebut akan masuk ke dalam perahu kecilnya dengan bertumpuk-tumpuk.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memikirkan pengelolaan pendapatan dengan baik. Kelolalah pendapatan yang kamu miliki dengan memilah-milah pengeluaran penting. Seperti  mendahulukan pengeluaran mendesak dan kesampingkan pengeluaran-pengeluaran yang bersifat tersier.

Kelola Pendapatan dengan Berinvestasi 

Pict by: kompas.com

Investasi sangat penting untuk menjamin keuangan di masa yang akan datang. Dengan investasi, kamu dapat memperpanjang umur aset yang kamu miliki. Sisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi. Pilihlah instrumen-instrumen investasi sesuai kebutuhan dan rencana yang kamu miliki.

Bagi kamu yang ingin memulai investasi dan ingin belajar serta berdiskusi perihal investasi,  kamu bisa bergabung di forum traderhub.

Di sana kamu bisa berdiskusi dengan para trader lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan sinyal-sinyal dari guru internasional yang tentu saja dapat menganalisis secara fundamental maupun teknikal.

Daftar di sini sekarang!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

three × 5 =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.