fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Peran Keberuntungan dalam Trading, Buat Semuanya Seimbang!

Peran Keberuntungan dalam Trading, Buat Semuanya Seimbang!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Banyak aspek yang dapat membuat tradingmu berjalan sukses maupun gagal. Tak peduli seberapa profesional kamu, aspek keberuntungan juga berperan besar dalam kesuksesan trading. Meskipun begitu, kamu juga harus membuat seluruh aspek tetap seimbang, tanpa hanya mengandalkan peran keberuntungan. Sebenarnya bagaimana menyikapi peran keberuntungan dalam trading? Yuk simak!

Buat Semuanya Seimbang

Beberapa analis sukses menyebarkan gagasan bahwa banyak hal yang mendukung sukses atau tidaknya trading. Jika semuanya berjalan seperti yang diperkirakan trader tanpa hambatan, trader mungkin menganggap dirinya beruntung.

Sebenarnya, kesuksesan trading itu tergantung dari keterampilan atau keberuntungan? Untuk menjawab ini, para penulis terkenal telah banyak menelitinya, beberapa di antaranya seperti Nassim Taleb, Michael Mauboussin, dan Robert H. Frank.

Mereka menyebutkan bahwa bakat dan upaya tidak cukup untuk berhasil di dunia modern. Menurut mereka, kita harus benar-benar menemukan diri kita di tempat dan waktu yang tepat. Jika beberapa trader bisa berhasil, mungkin kita menganggap bahwa kesuksesan mereka adalah hasil alami dari semua tindakan yang telah mereka lakukan. Namun, kenyataannya jauh lebih kompleks.

Sebagian besar pencapaian besar juga ditandai oleh keberuntungan. Seperti yang ditunjukkan oleh sosiolog Duncan J. Watts dalam judul bukunya “Everything Is Obvious: Once You Know the Answer”, orang-orang cenderung meremehkan peran keberuntungan, keacakan, peluang, atau apa pun sebutannya.

Padahal, itu juga merupakan suatu hal yang berperan besar pada kesuksesan trading. Meskipun begitu, keberuntungan tidak dapat berdiri sendiri. Hanya menunggu keberuntungan datang tanpa usaha adalah sesuatu yang sia-sia. Kesuksesan seorang trader datang dari paduan antara keterampilan dan keberuntungan.

Seorang trader yang terampil belum tentu bisa sukses trading jika ia belum beruntung. Mungkin keberuntungan tidak datang padanya pada waktu yang tepat. Tugas kita sebagai trader adalah mengasah keterampilan dan menunggu keberuntungan tiba pada saat momen yang tepat.

Buat Itu Bekerja

Sangat jelas bahwa trader tidak dapat mengandalkan keberuntungan belaka saat trading. Jika trader hanya mengandalkan keberuntungan saja ketika trading, itu sama saja dengan melakukan perjudian.  Pada saat yang sama, ingatlah bahwa kamu bukan penguasa pasar dan pasar tidak selalu bergerak  sesuai dengan keinginanmu.

Harga tidak akan naik hanya karena kamu membuka posisi beli, begitu pun sebaliknya. Dosa terlalu percaya diri akan dihukum keras oleh pasar. Jadi, apa pilihan terbaik di sini? kamu mungkin pernah mendengar tentang pola yang disebut Prinsip Pareto, yaitu dikatakan bahwa 80% dari hasil dicapai dengan hanya 20% dari total usaha.

Namun, itu bukan berarti kamu dapat mengurangi jumlah upaya yang kamu lakukan untuk mencapai suatu tujuan. Jika hanya 20% yang benar-benar efisien, ada baiknya memeriksa apa yang kamu lakukan selama 80% sisanya dan mencoba mengoptimalkan dan mengintrospeksinya.

Pengalaman Adalah Jawaban

Kita dapat mengatakan bahwa sulit untuk memberikan jawaban yang jelas tentang apa yang benar-benar membawa trader menuju kesuksesan. Berbagai faktor begitu erat terjalin sehingga sulit untuk memisahkannya. Ini adalah fakta bahwa ahli matematika dan ekonom yang pandai di bidangnya belum tentu menjadi trader forex yang sukses .

Jawaban sebenarnya adalah pengalaman. Pengalaman akan membantumu mengembangkan intuisi pasar dan kemampuan untuk mengendalikan emosimu. Kamu pasti membutuhkan sedikit keberuntungan, tetapi kebutuhan akan keberuntungan sama sekali tidak membatasi pekerjaan kamu pada perbaikan diri.

Ingatlah bahwa manajemen risiko yang disiplin, kondisi mental yang sehat, harapan dan tindakan yang masuk akal, dan kemauan untuk belajar dan berlatih adalah hal-hal yang akan membantu kamu menggunakan keberuntungan kamu dengan efisiensi 100%.

Nah, itulah beberapa hal tentang bagaimana kamu menyikapi peran keberuntungan ketika trading. Pada dasarnya, keberuntungan akan datang pada orang-orang yang berusaha, bukan mereka yang hanya menunggu kehadirannya.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, juga terdapat analis profesional yang selalu memberikan sinyal trading di setiap harinya. Yuk gabung dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

6 + 9 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.