fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Pentingnya Mengantisipasi Pidato Pejabat Bank Sentral

Pentingnya Mengantisipasi Pidato Pejabat Bank Sentral

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Fundamental sangat penting untuk menentukan arah trading. Dari fundamental yang sedang terjadi, biasanya pejabat-pejabat bank sentral akan memberikan pandangannya kepada publik. Pidato pejabat bank sentral ini sering kali memberikan efek yang cukup signifikan di pasar. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengawasi pidato pejabat bank sentral sebagai pertimbangan keputusan. Baca artikel di bawah untuk lebih jelasnya!

Pidato Pejabat Bank Sentral

Baru-baru ini, USD sangat sensitif terhadap perubahan pandangan oleh pejabat bank sentral. Hal ini sangat berpengaruh bagi seorang trader, khususnya trader harian.  Menjadi seorang trader memerlukan banyak ilmu berbeda yang perlu dipelajari, salah satunya adalah keterampilan untuk mencerna pidato pejabat bank sentral.

Bank sentral bertanggung jawab atas kebijakan moneter untuk suatu negara. Dalam hal ini, Federal Reserve adalah bank sentral untuk Amerika Serikat. Bank sentral bertanggung jawab untuk membuat keputusan tentang apakah suku bunga akan naik, turun, atau tetap sama.

Umumnya, para pejabat bank sentral akan memberikan pandangannya mengenai apa yang dipikirkan masing-masing pejabat tentang keputusan kebijakan moneter yang akan datang. Setiap pejabat memiliki pandangan yang berbeda-beda. Untuk memahami pandangan mereka, diberi 3 label umum, yaitu hawkish (ingin menaikkan suku bunga), dovish (ingin menurunkan suku bunga), atau netral (ingin mempertahankan suku bunga tidak berubah).

Mengantisipasi Pidato Pejabat Bank Sentral

Seperti yang disebutkan di atas, pidato pejabat bank sentral dapat berefek pada pasar. Jadi, peluang datang dari pergeseran pandangan. Untuk membantu kamu memahami ini, pikirkan contoh konyol ini:

Bayangkan teman kamu suka meminum susu. Setiap kali kamu makan bersama, dia selalu memesan susu. Di rumahmu ketika kamu menawarkannya minum, ia meminta susu. Di mana pun dan kapan pun, ia selalu memesan susu. Setiap kali ia memintanya, kamu tidak terkejut. Jadi, kamu ‘menghargai’ temanmu untuk mendapatkan susu.

Namun, bayangkan keterkejutanmu ketika temanmu memesan kopi untuk diminum. Pada dasarnya kopi bukanlah minuman yang “spektakuler”. Namun, untuk temanmu, itu menjadi spektakuler di matamu karena ia tak pernah meminum kopi.

Pergeseran dalam pandangan temanmu ini sangat penting bagi dirimu, dan kamu mungkin akan berkomentar ‘Saya belum pernah mendengar kamu memesan kopi sebelumnya! Apa yang sedang terjadi?’.

Hal Ini persis sama dengan pidato pejabat bank sentral. Trading adalah mengenali perubahan. Saat hawkish berubah menjadi dovish, ada reaksi harga dan sebaliknya. Inilah yang harus kamu manfaatkan.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Pergeseran Pandangan?

Memperhatikan pidato-pidato dari pejabat bank sentral sangat penting dilakukan oleh trader. Mereka sejatinya hanya berbicara mengenai pandangannya, tetapi kalimat yang keluar dari mulutnya bisa menyebabkan gejolak di pasar.

Kamu bisa melihat jadwal-jadwal pidato pejabat bank sentral dengan melihat kalender ekonomi. Di sana, kamu dapat menemukan nama-nama pejabat terjadwal yang akan berbicara kepada publik. Tentunya, setiap pejabat pasti memiliki pandangan-pandangannya tersendiri.

Untuk mengantisipasinya, kamu dapat berdiskusi dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu akan mendapatkan gambaran atau kemungkinan yang dilakukan pejabat bank sentral dari peristiwa yang sedang gencar saat ini, terutama mengenai inflasi di Amerika.

Tentunya, para mentor profesional traderhub siap memberikan pandangannya kepada sesama trader di sana. Selain itu, kami juga memiliki analis dari berbagai negara, sehingga memungkinkanmu untuk  menerima pandangan dari berbagai perspektif. Untuk itu, gabung sekarang dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

nineteen − ten =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.