fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Pentingnya Menentukan Ukuran Posisi Trading yang Tepat

Pentingnya Menentukan Ukuran Posisi Trading yang Tepat

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dalam trading, ukuran posisi tidak hanya sekadar angka. Lebih dari itu, ini sangat penting bagi keselamatan akunmu. Kamu harus dapat menyesuaikan ukuran posisimu dengan modal yang kamu miliki. Mengapa menentukan ukuran posisi trading yang tepat sangat penting? Yuk simak artikel di bawah ini!

Pentingnya Ukuran Posisi Trading

Percaya atau tidak, penentuan ukuran posisi yang tepat adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki oleh seorang trader. INGAT, INI BENAR-BENAR PENTING!

Sederhananya, ukuran posisi yang tepat berarti menetapkan jumlah  yang ideal untuk membeli atau menjual aset. Dengan kata lain, ini melibatkan penyesuaian ukuran yang dapat membuatmu tetap berada dalam tingkat kenyamanan risikomu.

Mengapa Begitu Penting?

Ukuran posisi yang tepat adalah elemen kunci dalam manajemen risiko. Manajemen risiko dapat menentukan apakah kamu akan “hidup” untuk trading di hari lain atau tidak. Ini dapat mencegahmu mengambil risiko terlalu banyak pada pengaturan yang dapat “meledakkan” akunmu.

Tentu, ketika kamu bertaruh besar, kamu bisa menang besar. Tapi apa yang terjadi ketika kamu kalah? Kamu tidak perlu menjadi ahli bedah otak untuk mengetahuinya – tentu saja jawabannya kamu juga akan kehilangan banyak uang!

Tanpa mengetahui bagaimana mengukur posisimu dengan benar, kamu mungkin akhirnya mengambil trading yang terlalu besar secara polos. Dalam kasus seperti itu, kamu menjadi sangat rentan ketika pasar bergerak, bahkan ketika hanya beberapa pips melawanmu.

Bagaimana kita mencegah diri kita mengambil risiko terlalu banyak? Yuk baca di bawah!

Identifikasi dan Akui

Seorang trader umumnya cenderung merasa kesulitan untuk belajar dari pengalaman. Mengapa mereka terus melakukan kesalahan? Padahal mereka sadar dan mendapati dirinya bertaruh terlalu banyak pada perdagangannya, bahkan ketika pengalaman masa lalu mengatakan kepadanya bahwa itu bukan ide yang baik.

Di sinilah peran untuk introspeksi. Tidak ada yang lebih hebat dari pasar. Sedikit introspeksi dapat membuat seorang trader menyadari bahwa ini lebih dari sekadar menjadi serakah.

Bagi sebagian besar trader, mereka menyadari bahwa perilaku agresif mereka terkait dengan harga diri mereka. Mereka bertaruh besar dengan harapan mereka menang besar. Prospek keuntungan besar membuat mereka merasa baik tentang diri mereka sendiri.

Masalahnya, bagaimanapun, adalah bahwa mereka tidak sepenuhnya memahami berapa banyak mereka bisa kehilangan. Mereka tidak mampu mengendalikan emosi ketika harga bertentangan dengan keinginan mereka, bahkan hanya dengan beberapa pips.

Untuk mengatasinya, kita harus mengakui bahwa memang ada masalah, dan itu akan membuat trader menyadari bahwa pola pikir ini salah. Dengan waktu dan upaya, trader harus menyadari bahwa posisi trading tidak mengukur nilai mereka sebagai seorang trader.

Ketahui Batasan Dirimu

Kamu juga perlu mengetahui toleransimu terhadap risiko. Ada dua sisi yang berlawanan dalam spektrum trading, yaitu trader ekstrem yang mencari risiko dan trader yang menghindari risiko.

Kamu tipe yang mana?

Meskipun sebagian besar trader sukses karena suatu strategi yang mereka terapkan, akan tetapi tidak ada metode yang dapat berhasil pada semua trader. Strategi seorang trader sukses belum tentu bisa sukses jika diterapkan oleh trader lain.

Sebelum kamu lebih jauh mencari strategi yang cocok untukmu, sebaiknya kamu harus terlebih dahulu menentukan batas psikologismu untuk risiko. Jika kamu tidak yakin bagaimana melakukannya, lakukan perlahan.

Sesuaikan ukuran posisimu sesuai dengan potensi kerugian yang dapat kamu terima. Aturan dasarnya adalah  menjaganya agar cukup kecil, sehingga bahkan ketika kamu kalah, tidak menimbulkan respons emosional kuat  yang dapat menggagalkan semua rencana tradingmu.

Banyak trader sering membuat kesalahan dengan hanya berfokus pada menemukan entri dan titik keluar yang sempurna. Tapi sebenarnya yang benar-benar membedakan antara trader sukses dan yang tidak sukses adalah manajemen risiko. Itu adalah sesuatu yang tidak boleh dianggap remeh. Dan langkah pertama menuju manajemen risiko yang cerdas adalah penentuan ukuran posisi yang tepat.

Nah, itulah pembahasan mengenai alasan mengapa menentukan ukuran posisi trading yang tepat sangat penting untuk seorang trader. Bagi kamu yang ingin menentukan manajemen risiko yang ideal tapi belum begitu paham, jangan ragu untuk berdiskusi bersama mentor profesional di forum traderhub dengan klik di sini

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

18 − 13 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.