fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Penting! Yuk Ketahui Cara Mencegah Kerugian Trading Ini!

Penting! Yuk Ketahui Cara Mencegah Kerugian Trading Ini!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Trading adalah profesi yang menarik dan memiliki potensi keuntungan tak terbatas jika dijalankan dengan baik dan benar. Namun, sayangnya beberapa trader terkadang menyepelekan beberapa hal yang sebetulnya dapat mempengaruhi hasil trading mereka. Oleh karena itu, yuk ketahui cara mencegah kerugian trading di bawah ini!

Jangan Pernah Trading Tanpa Rencana

Memiliki rencana trading adalah hal yang paling penting dalam bisnis ini jika kamu ingin sukses. Rencana trading ini untuk menentukan entri, posisi keluar, stop loss, ukuran posisi, psikologi, dan aspek-aspek lainnya.

Mungkin ada lebih banyak yang bisa kamu masukkan di rencana tradingmu, tetapi yang paling penting adalah kamu harus mengikuti rencana yang telah dibuat itu. Ketika kamu mengikuti rencana tradingmu, kamu memiliki peluang untuk berhasil dalam trading.

Kamu mungkin berpikir untuk mengatakan mengapa saya harus mengikuti “rencana sialan” ini setiap hari? Sebelum pikiran itu mengacaukan lebih lanjut, coba pergi ke Bandara terdekat dan amati apa yang dilakukan pilot setiap hari. Pilot mengikuti rencana penerbangan mereka dan memeriksa masing-masing sebelum lepas landas.

Perhatikan Emosimu

Apa yang dilakukan trader saat mereka lelah? Kebanyakan dari mereka tetap memaksakan diri untuk menunggu kesempatan, alih-alih mematikan komputer mereka dan berhenti trading untuk sejenak. Pada dasarnya, jika ini dilanjutkan dan akhirnya mengalami kerugian, mereka menjadi marah dan bertambah lelah secara fisik dan emosi.

Tahukah kamu, kamu bisa tidak menang dalam trading jika kamu tidak dalam kerangka berpikir yang benar. Jika kamu sedang memiliki masalah dengan keluarga, pasangan, rekan, atau siapapun, mohon jangan trading. Jika kamu memiliki serangkaian kerugian, jangan trading.

Luangkan waktu sejenak untuk beristirahat, dan evaluasi kerugianmu sampai kamu tahu apa yang salah, sebelum kamu dapat melakukan trading berikutnya. Jika ada hal yang memenuhi pikiranmu selain pasar, lakukan semua yang kamu bisa untuk menyelesaikannya, sebelum kamu memulai trading untuk hari itu. Jika kamu tidak bisa, carilah aktivitas lain yang menyenangkan untuk membangun moodmu Kembali.

Tutup Kerugianmu dan Biarkan Profitmu

Yang satu ini terdengar familiar bukan? Para profesional melakukan persis seperti yang dinyatakan di sub judul ini. Tapi, apa yang dilakukan trader pemula? Mereka melakukan yang sebaliknya dengan membiarkan kerugian mereka berjalan dan memotong profit mereka.

Dengan kata lain, mereka sabar dengan kerugian mereka dan tidak sabar dengan profit mereka, dengan berpikir bahwa posisi profit mereka akan hilang jika tidak segera ditutup. Kebenaran yang sulit diterima adalah pasar tidak peduli apakah kamu menang atau kalah. Pasar akan pergi ke mana pun ia ingin pergi, dan melakukan apa yang ingin dilakukannya, yaitu bergerak ke atas, ke bawah, dan ke samping.

Pada dasarnya, emosi yang mengacaukan ini bisa dicegah dengan penerapan manajemen risiko yang baik. Terapkan level stop loss dan take profit dan biarkan mereka bekerja dengan sendirinya. Jangan pernah mengganti level stop loss dalam posisi merugi. Kamu bisa menaikkan level stop loss jika posisimu dalam keadaan untung, seminimal mungkin pindahkan ke level impas.

Menjadi Trader Profesional Butuh Waktu

Ini mungkin terdengar lucu. Jangan meminta trader mana pun untuk memberi tahumu berapa tahun yang dibutuhkan untuk menjadi trader profesional/berpengalaman. Yang benar adalah bahwa trader profesional sejati tahu bahwa pendidikan seorang trader tidak pernah berakhir.

Mereka selalu berproses karena pasar tidak statis. Jika kamu merasa telah memperoleh pengetahuan trading yang cukup, kemudian kondisi pasar berubah dan kamu tidak dapat mengatasi perubahan, kamu secara otomatis menjadi seorang pembelajar.

Cara tercepat untuk menjadi trader yang baik adalah belajar dari trader profesional mengenai strategi mereka dan bagaimana mereka menerapkannya. Tentunya dengan mempertimbangkan kondisi psikologismu dan gaya tradingmu sendiri.

Jika kamu ingin belajar trading lebih lanjut, kamu dapat bergabung di forum traderhub. Di forum traderhub, para mentor profesional kami selalu siap memberikan bimbingan dan edukasi melalui kelas-kelas trading yang diselenggarakan secara berkelanjutan.

Selain itu, juga terdapat rekomendasi sinyal trading di setiap harinya dari para analis profesional. Untuk itu, tunggu apalagi? Segera bergabung bersama kami sekarang dan tentukan jalan kesuksesan tradingmu. Untuk gabung, yuk klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

nine + eleven =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.