fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Pecinta NZD Wajib Baca! Beberapa Informasi tentang Selandia Baru

Pecinta NZD Wajib Baca! Beberapa Informasi tentang Selandia Baru

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dolar Selandia Baru merupakan salah satu mata uang komoditas dalam forex. Mata uang ini juga merupakan favorit di kalangan trader karena memiliki karakteristik tersendiri. Bagi kamu trader pecinta NZD, yuk baca informasi penting di bawah ini!

Tinjauan Ekonomi

Dengan populasi yang sangat kecil, ekonomi Selandia Baru juga relatif kecil. PDB-nya yang bernilai 203 miliar USD pada 2018, menempati urutan ke-51 di antara ekonomi dunia.

Tapi jangan meremehkan Selandia Baru, negara ini menjadi pemain yang kuat dalam perdagangan!

Kegiatan ekonomi mereka sebagian besar bergantung pada perdagangan, sebagian besar dengan Australia, Jepang, dan AS. Sepertiga dari PDB negara ini digerakkan oleh ekspor, dengan ekspor utamanya seperti bijih, logam, dan wol, serta ternak dan produk susunya.

Industri utamanya adalah pertanian dan pariwisata. Negara ini hanya memiliki sektor manufaktur dan teknologi yang kecil. Karena itu, impornya dari negara lain sebagian besar berupa alat berat, peralatan, kendaraan, dan produk elektronik.

Karena negara ini telah menghilangkan banyak hambatan terhadap investasi asing, Bank Dunia memuji Selandia Baru sebagai salah satu negara paling ramah bisnis di dunia, kedua setelah Singapura.

Kebijakan Moneter & Fiskal

The Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) bertanggung jawab atas kebijakan moneter dan fiskal negara tersebut. RBNZ mengadakan pertemuan kebijakan moneter delapan kali setahun, dan bertugas menjaga stabilitas harga, menetapkan suku bunga, serta memantau output dan nilai tukar.

Untuk mencapai stabilitas harga, RBNZ harus memastikan bahwa inflasi tahunan memenuhi target bank sentral 1,5% jika tidak, pemerintah berhak mengeluarkan Gubernur RBNZ dari jabatannya.

Mengenal NZD

Dolar Selandia Baru dijuluki “Kiwi”. Kiwi juga merupakan simbol nasional untuk Selandia Baru. Karena ekonomi Selandia Baru sebagian besar bergantung pada ekspor komoditas dan produk pertaniannya, kinerja ekonomi keseluruhan kawasan ini terkait dengan harga komoditas.

Jika harga komoditas naik, maka jumlah uang yang dibayarkan untuk ekspor Selandia Baru juga meningkat, yang kemudian memberikan kontribusi lebih besar terhadap PDB negara tersebut. Karena PDB yang lebih tinggi mencerminkan kinerja ekonomi yang kuat, hal itu dapat menyebabkan apresiasi terhadap Kiwi.

Sebaliknya, penurunan harga komoditas mengakibatkan nilai ekspor moneter yang lebih rendah, memberikan kontribusi yang lebih kecil terhadap PDB. PDB yang lebih rendah kemudian dapat menyebabkan Kiwi terdepresiasi.

Selain itu, karena Australia adalah mitra dagang nomor satu Selandia Baru, kinerja ekonomi Australia memiliki dampak besar bagi Selandia Baru.

Misalnya, ketika ekonomi Australia berjalan dengan baik, perusahaan-perusahaan Australia meningkatkan kegiatan impor mereka, dan coba tebak siapa yang diuntungkan dari itu? Tentu saja Selandia Baru!

Populasi Selandia Baru kurang dari setengah jumlah orang yang tinggal di Kota New York, sehingga peningkatan migrasi ke negara tersebut memiliki dampak besar pada perekonomian. Hal ini karena dengan bertambahnya populasi, permintaan barang dan konsumsi secara keseluruhan meningkat.

Indikator Ekonomi Penting untuk NZD

Produk Domestik Bruto – Sama seperti negara lain, produk domestik bruto (PDB) berfungsi sebagai laporan ekonomi untuk Selandia Baru. Dengan berfungsi sebagai ukuran kinerja ekonomi secara keseluruhan untuk Selandia Baru, hal itu mempengaruhi permintaan untuk NZD.

Indeks Harga Konsumen (CPI) – Indeks harga konsumen mengukur perubahan tingkat harga. Sebagai ukuran inflasi, RBNZ diawasi ketat dalam menentukan perubahan kebijakan moneter. Mereka yang menjaga stabilitas harga.

Neraca Perdagangan – Karena Selandia Baru adalah ekonomi yang digerakkan oleh ekspor, para trader sering kali melihat neraca perdagangan mereka untuk mengukur permintaan internasional untuk produk-produk Selandia Baru.

Apa yang Menggerakkan NZD?

Pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan PDB yang positif mencerminkan posisi ekonomi Selandia Baru yang kuat, mendorong permintaan mata uangnya. Pertumbuhan PDB negatif menyoroti kinerja ekonomi negara yang buruk, mengurangi permintaan untuk NZD.

Lonjakan Ekspor

Permintaan yang lebih tinggi untuk produk Selandia Baru sering menghasilkan PDB yang lebih tinggi, yang kemudian meningkatkan NZD. Sebaliknya, ekspor yang lebih rendah memberikan kontribusi yang lebih kecil terhadap PDB, menyebabkan nilai NZD turun.

Naiknya Harga Komoditas

Peningkatan harga komoditas menyebabkan nilai moneter ekspor Selandia Baru meningkat, mendorong PDB-nya lebih tinggi. Turunnya harga komoditas, menyebabkan nilai moneter ekspor turun, dan menyeret PDB-nya turun.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai dolar Selandia Baru. Bagi kamu yang ingin mengetahui peluang-peluang trading NZDUSD, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Yuk diskusi bersama mentor kami dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

19 − sixteen =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.