fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Mindset Trading: Berbicara Tentang Uang

Mindset Trading: Berbicara Tentang Uang

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas salah satu hal yang sangat sensitif bagi semua orang, yaitu uang. Uang adalah sesuatu yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan banyak hal. Berbicara tentang uang sangat kompleks. Oleh karena itu, pada artikel kali kami akan lebih khusus membahas tentang uang untuk membangun mindset trading yang benar. Yuk simak!

Kebijaksanaan Tentang Uang

Berbicara tentang seks, agama, dan politik jauh lebih mudah daripada uang. Masalah uang merupakan akar dari banyak masalah kesehatan mental. Hal ini merupakan masalah umum, bahkan seseorang bernama Lloyds meluncurkan kampanye iklan berjudul ‘Mengapa kita merasa begitu sulit untuk berbicara tentang uang?’.

Secara khusus, dalam dunia trading, ada dua nasihat tentang kebijaksanaan uang yang sering dikemukakan, yaitu:

  1. Jangan mengambil risiko lebih dari sekitar 2% per trading
  2. Trading dengan uang yang kamu mampu untuk kehilangan.

Secara umum, nasihat-nasihat tersebut memiliki beberapa kebenaran di dalamnya. Untuk poin No. 1, itu adalah pengaturan manajemen risiko yang ideal, yang mungkin saja terlihat mudah tapi sulit untuk dipraktikkan oleh trader. Namun, tentunya setiap trader memiliki preferensi masing-masing di sini.

Untuk poin No. 2, secara umum tujuan penyampaiannya benar, akan tetapi kalimat tersebut menciptakan suatu hal yang terkesan sepele tapi berpotensi membentuk suatu mindset trading yang salah. Berpikir untuk melakukan trading dengan  ‘uang yang  mampu untuk hilang’ membuat kamu sepenuhnya memiliki pola pikir yang melenceng. Baca penjelasannya di bawah ini!

Dimanfaatkan Oleh Broker Tak Bertanggung Jawab

Ada beberapa broker yang baik dan ada beberapa broker yang buruk. Beberapa broker yang buruk tidak diatur, tidak bermoral dan tidak melihat klien mereka sebagai pelanggan untuk dilayani, tetapi sebagai bahan untuk diperas.

Ini adalah kumpulan orang-orang yang tidak memiliki hati nurani. Jenis kelompok yang hanya mencoba menipu orang. Kamu harus tahu bahwa orang-orang seperti ini ingin kamu mengembangkan pola pikir bahwa akun tradingmu adalah “uang yang akan hilang”.

Selalu ada celah bagi mereka untuk “menghilangkan” uangmu, dan pola pikirmu sudah tercipta untuk menyetujui itu. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah broker yang sudah teregulasi oleh BAPPEBTI dan memiliki rekam jejak yang jelas. Kamu bisa riset broker rekomendasi kami yang telah teregulasi BAPPEBTI dengan klik di sini.

Lalu bagaimana kita harus menyikapi “uang”? Baca di bawah ini!

Tidak Ada Uang yang Harus Dilihat Sebagai ‘Uang yang Hilang’

Setiap individu memiliki hubungan yang berbeda dengan uang. Bagi sebagian orang, uang adalah Tuhan mereka. Orang akan melakukan kejahatan demi uang. Terkadang keputusasaan membawa mereka ke tempat itu. Bagaimanapun juga, cinta uang adalah akar penyebab segala jenis kejahatan, kita tahu itu.

Di sisi positifnya, uang adalah alat yang hebat. Itu adalah perekat untuk membuat kita tetap bersama, gaji yang baik, keluarga yang tercukupi, perawatan kesehatan, hiburan, dan masih sangat banyak lainnya.

Jangan mendekati trading seolah-olah kamu punya uang untuk ‘kehilangan’. Tentu saja, dalam trading kita menggunakan uang untuk dipertaruhkan. Namun, kamu harus selalu berusaha memanfaatkan apa yang kamu miliki, yaitu uang dalam akun tradingmu. Jangan biarkan uang itu hilang hanya karena kamu tidak peduli jika hilang.

Mengambil risiko adalah bagian dari kehidupan. Tak peduli apakah kamu sedang masuk pasar atau tidak masuk pasar, setiap detik dalam hidup adalah risiko. Kamu tidak dapat menghilangkan risiko, tapi kamu harus mengelolanya.

Memiliki pola pikir untuk menggunakan “uang dingin” dalam trading jauh lebih bisa menciptakan pola pikir yang baik. Tentunya kamu paham, bahwa kehilangan uang merupakan risiko setiap bisnis. Tapi jangan jadikan itu seakan-akan sebagai “benalu” yang memunculkan sikap “sepele” terhadap trading yang kamu lakukan.

Selain itu, jangan percayakan akun tradingmu kepada orang lain. Hal tersebut dikarenakan dirimu sendirilah yang paling peduli dengan uangmu. Kamu mungkin bisa bertanya kepada konsultan-konsultan profesional untuk meminta saran terbaik. Jadikan saran-saran tersebut sebagai bahan pertimbangan. Keputusan terbaik tetap berada pada dirimu sendiri.

Nah, itulah pembahasan mengenai mindset trading yang benar tentang uang. Pada umumnya, ini mungkin terlihat sepele. Namun, tanpa disadari hal ini sering kali menciptakan efek yang besar. Setiap orang umumnya melakukan apa yang mereka telah niati di awal. Yuk terus semangat mencapai kesuksesan trading!

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain tentang trading  atau belajar segala hal tentang trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya dan para analis profesional. Selain itu, juga terdapat rekomendasi sinyal trading di setiap harinya. Yuk gabung dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

15 − nine =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.