fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Mengenal Pola Price Action Double Bottom

Mengenal Pola Price Action Double Bottom

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Strategi price action merupakan salah satu strategi trading yang sering digunakan oleh trader. Strategi ini digunakan dengan melihat pola-pola yang terbentuk dalam grafik. Setiap pola memiliki arti yang berbeda-beda. Nah, di bawah ini akan dijelaskan salah satu pola price action yang sering ditemui di dalam grafik, yaitu pola double bottom. Apa itu pola price action double bottom? Yuk simak!

Apa Itu Pola Double Bottom?

Pola double bottom merupakan salah satu pola teknis favorit untuk melihat potensi pembalikan di pasar. Sesuai dengan namanya, pola double bottom terdiri dari dua bottom yang terbentuk pada level support kunci. Pola price action ini mengartikan bahwa permintaan melebihi penawaran di pasar tidak hanya terjadi sekali, tetapi dua kali dalam periode waktu tertentu.

Karakteristik Pola Double Bottom

Setiap pola memiliki karakteristiknya tersendiri. Suatu pola dianggap valid jika memenuhi syarat-syarat tertentu. Untuk mengetahui syaratnya, pertama-tama kita harus terbiasa dengan karakteristiknya. Ini akan memungkinkan kamu untuk dengan cepat dan mudah mengidentifikasi pola pada grafik.

Seperti yang dapat Anda lihat dari ilustrasi di atas, pola double bottom telah terbentuk setelah pergerakan turun yang diperpanjang. Pasar menemukan pembeli pada tingkat support utama (first bottom). Tak lama setelah membentuk first bottom, pasar menguji ulang resistance baru di neckline dan kemudian menemukan support lagi di level support kunci yang sama (second bottom).

Satu kesalahan umum di antara trader adalah mengasumsikan bahwa suatu pola telah terbentuk padahal belum menunjukkan tanda-tanda konfirmasi. Bagaimana pasar mengonfirmasi pola double bottom? Mari kita lihat!

Ilustrasi di atas menunjukkan bahwa pasar diperdagangkan kembali di atas neckline. Hal inilah yang mengkonfirmasi penembusan pola double bottom. Perlu diingat bahwa hanya penutupan di atas garis neckline yang mengonfirmasi penembusan. Misalnya, jika kamu memperdagangkan grafik harian, kamu akan menunggu penutupan harian di atas level resistance neckline.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai pola price action double bottom yang mungkin dapat kamu manfaatkan untuk mengambil peluang keuntungan di pasar. Pola ini disukai trader karena potensi keakuratannya yang besar.

Jika kamu ingin mengetahui jenis-jenis pola lain yang dapat dimanfaatkan ketika trading, kamu dapat bergabung di forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lain dan mentor-mentor profesional.

Tak hanya itu saja, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan berita pasar harian terupdate di setiap harinya. Terdapat juga sinyal trading dari para analis internasional yang selalu update di setiap harinya secara berkelanjutan. Untuk itu, tunggu apalagi? Segera bergabung bersama kami sekarang dengan klik di sini

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

nineteen + thirteen =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.